Tips Memilih Manager Investasi Saat berinvestasi Di Reksadana

  • 2 min read
  • Sep 06, 2021
Reksadana

Ketika kamu terjun di dunia reksadana maka hal yang perlu diperhatikan adalah dari sisi manager investasi. Orang tersebut berperan mengelola uang yang kamu investasi di reksadana tersebut. Sehingga, untuk orang yang kamu percayai ini harus dan perlu adanya analisa yang mendalam serta perlu tips yang benar-benar jitu.

Memilih manager ini sama pentingnya ketika kamu memilih saham saat investasi saham. Ketika kamu kurang tepat dalam memilih manager tentu efeknya pada dana yang kamu investasikan. Kesalahan memilih ini tentu akan membuat uang yang kamu investasikan bukan malah untung tetapi rugi besar di masa yang akan datang. Sehingga, kamu perlu mengetahui tips ini agar uang tetap aman secara nilai di sekuritas tersebut.

Cek Legalitas

Dalam memilih manager investasi hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah cek legalitas. Hal seperti ini tentu penting untuk memantau dan mengetahui apakah manager tersebut terdaftar di OJK atau belum. Jika belum terdaftar maka sudah dipastikan manager tersebut tidak direkomendasikan untuk dipilih dan bisa pilih manager lain.

Untuk mengecek hal ini tentu kamu cukup kunjungi situs OJK dan masukkan nama dari manager tersebut. Cek legalitas ini perlu kamu lakukan di awal agar nantinya bisa lebih mudah mengikuti berbagai tips yang ada dalam memilih manager ini.

Pengalaman

Seorang manager investasi tentu perlu yang namanya pengalaman dalam bertransaksi. Jika hanya mengandalkan ucapan tentu semua orang bisa tetapi ketika terjun di bidangnya malah tidak mampu. Sehingga, dalam hal memilih manager tentu harus melihat dari sisi pengalaman dia di bidang reksadana ini.

Kamu bisa mengecek pengalaman ini di sekuritas yang akan kamu pilih nanti untuk berinvestasi. Setiap sekuritas tentu berbeda-beda tetapi intinya kamu harus tetap mencari bagian pengalaman ini ketika akan memilih manager. Semakin berpengalaman semakin jago juga dia memutar uang nasabah yang dipasrahkan kepadanya.

Jumlah Dana

Hal penting lainnya dalam memilih manager adalah dari sisi jumlah dan yang dikelolanya. Sangat logis rasanya dengan semakin banyak dana yang dikelola semakin terpercaya juga manager tersebut. Tidak mungkin orang rela menyetorkan uang dalam jumlah banyak jika manager tersebut tidak mempunyai reputasi dan pengalaman yang tinggi di bidang ini.

Dana yang dikelola manager tersebut tentu bukan dari satu dua orang tetapi dari beberapa atau belasan orang. Sehingga, ketika dia diberi tanggungjawab seperti itu tentu dia sudah menjadi langganan investor lain di bidang reksadana. Itulah kenapa jumlah dana yang dikelola ini bisa menjadi acuan kamu memilih manager investasi tersebut.

Biaya

Tidak mungkin rasanya para manager tersebut bekerja mengelola uang tanpa adanya biaya yang harus kamu keluarkan. Untuk biaya ini tentu juga perlu jadi pertimbangan dimana kamu perlu mencari manager dengan biaya rendah dan juga pengalamannya yang tinggi di bidang reksadana.

Untuk biaya ini sebenarnya besarnya tersebut tidak diperuntuhkan pada satu orang tetapi pada semua investor di manager tersebut. Sehingga, meski secara nominal ada kesan besar nyatanya itu di bagi pada semua investor yang ada.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pahami ketika memilih manager investasi ketika akan berinvestasi di reksadana. Penting rasanya memilih manager ini agar tidak salah dan juga uang yang kamu investasikan mendapatkan keuntungan. Selain itu, perlu juga melakukan pengecekan untuk menghindari manager gadungan yang akan mengambil uang kamu secara diam-diam. Jika kamu ingin membaca artikel lain tentang reksadana sebagai pengetahun bisa kunjungi situs semuatahu.web.id.