Jangan Membeli Kamera CCTV Sebelum Anda Mengetahui Tipsnya

  • 3 min read
  • Sep 07, 2021
Kamera CCTV

Kebutuhan kamera CCTV saat ini sudah bukan hal yang mewah yang hanya dimiliki oleh beberapa kalangan. Kamera CCTV sudah menjadi kebutuhan banyak masyarakat baik itu untuk kebutuhan pribadi, bisnis maupun umum karena dapat melakukan pengawasan selama 24 jam 7 hari agar melindungi tempat Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Keberadaan kamera CCTV pun dapat dijadikan sebagai alat bukti apabila terjadi tindakan pencurian, kriminal atau kecelakaan.

Pemilihan paket CCTV terbaik untuk perlindungan keamanan Anda memang cukup kompleks karena banyak sekali penawaran mulai dari harga, paket, fitur dan lainnya yang membuat Anda bingung mana yang harus dipilih. Tentu Anda tidak ingin menggunakan sejumlah biaya untuk membeli CCTV yang berkualitas murah dan cepat rusak, karena memilih CCTV yang berkualitas bagus merupakan aset investasi keamanan Anda dalam waktu jangka panjang. Jangan tergiur dengan paket CCTV yang menawarkan harga murah tanpa memperhatikan segi kualitas yang akan mempengaruhi performa kamera CCTV tersebut.

Sebelum Anda menjatuhkan pilihan paket CCTV mana yang hendak dibeli, kenali terlebih dahulu beberapa jenis CCTV seperti ini:

  • Box Camera CCTV

Jenis ini cocok untuk kebutuhan pengawasan jarak jauh dan dapat dipasang di area vertikal. Apabila Box Camera CCTV ditempatkan di area yang minim cahaya, perlu adanya tambahan alat eksternal seperti cahaya infra red. Pastikan juga alat ini diberikan alat pelindung tambahan untuk menghindari kerusakan.

  • Dome CCTV

Jenis ini cukup populer karena memiliki keunggulan lensa yang tidak mudah rusak, dapat merekam gambar di area yang sangat luas, lapisan dome yang didukung night vision dan infrared serta desain yang simple.

  • Bullet CCTV

Bentuknya menyerupai teropong dan baik digunakan untuk pengawasan jarak menengah dan tidak terjangkau oleh tangan dan mampu merekam pada kondisi pencahayaan yang minim.

  • Wireless CCTV

Lebih dikenal dengan sebutan IP Camera dan cukup populer diminati saat ini karena koneksinya memanfaatkan jaringan internet dan dapat terhubung langsung ke gadget Anda seperti laptop atau smartphone sehingga mudah untuk diakses.

Dalam memilih paket CCTV terbaik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan secara detail untuk menghindari kerusakan dan tidak awet. Adapun beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk pemilihan paket CCTV sebagai berikut:

  • Tetapkan Jumlah Kamera dan Saluran

Anda dapat memilih paket dengan jumlah kamera dan saluran sesuai kebutuhan. Banyaknya jumlah kamera dan saluran tergantung dengan DVR yang akan digunakan. Semakin banyak jumlah saluran akan semakin tinggi pula harga paket CCTV yang ditawarkan.

  • Kapasitas DVR

Kapasitas DVR memiliki peran untuk menyimpan rekaman CCTV. Anda dapat memilih storage DVR yang cukup besar untuk melakukan penyimpanan dalam jumlah yang besar. Manfaat kapasitas  DVR yang besar dapat Anda rasakan ketika memiliki banyak kamera. Apabila hard drive penuh, data yang lebih awal dapat ditimpa . Hard disk dengan storage yang besar dapat merekam lebih lama dan menyimpan rekaman lebih banyak.

  • Kualitas Gambar

Kualitas gambar kamera CCTV diukur dalam satuan TVL (TV-lines). Semakin besar angka TVL akan membuat gambar yang dihasilkan semakin jelas dan terperinci. TVL yang besar dapat Anda gunakan untuk merekam ruangan yang besar atau mengawasi tempat dari jarak jauh.

  • Konektivitas Mobile

Dengan adanya fitur konektivitas mobile akan membuat CCTV dapat terhubung dengan jaringan WiFi, sehingga Anda dapat menggunakan laptop atau smartphone untuk melihat kamera CCTV yang Anda miliki secara langsung. Fitur ini akan membantu Anda mengawasi dan memantau kondisi tempat ketika Anda sedang berpergian.

Ketika Anda sudah mengetahui tips dalam pemilihan CCTV, pilihlah vendor dan penyedia jasa CCTV yang terpercaya dan berpengalaman dengan layanan pelanggan seperti garansi, instalasi, perbaikan dan memberikan paket CCTV terbaik, seperti salah satunya adalah Hikvision. Hikvision telah memimpin industri keamanan dalam teknologi pencitraan selama bertahun-tahun. Dengan mengembangkan teknologi pencitraan terbarunya, ColorVu Hikvsion, membuat kamera CCTV dapat menangkap warna berdasarkan iris besar, sensor performa tinggi dan pencahayaan tambahan yang lembut. ColorVu Hikvision adalah teknologi pencitraan warna-warni yang dapat membantu kamera membuat video yang jelas selama 24 jam 7 hari, bahkan di lingkungan tanpa cahaya. Tidak seperti lensa CCTV konvensional, lensa ColorVu dilengkapi dengan super aperture hingga F1.0. Aperture yang dimiliki ColorVu lebih besar yaitu mengumpulkan empat kali jumlah cahaya banyak dengan kecerahan yang optimal yang masuk ke lensa dibandingkan dengan kamera F2.0 konvensional. Manfaat utama video berwarna adalah

  • Informasi warna sesungguhnya
  • Render warna yang akurat
  • Kinerja luar biasa di lingkungan dengan cahaya yang rendah bahkan di tempat gelap sekalipun
  • Detail lebih banyak
  • Dengan jelas merekam informasi warna dan detail yang lebih kaya dibandingkan pencitraan hitam putih.
  • Pengalaman visual yang lebih baik.
  • Kecerahan seimbang.
  • Aperture super F1.0 dan sensor lanjutan menjamin perenderan yang realistis.

Pada intinya, sebelum Anda memutuskan untuk membeli kamera CCTV, pelajari lebih detail spesifikasi paket yang dimiliki. Anda dapat memilih paket CCTV bisa dimulai dari pemilihan jenisnya terlebih dahulu. Pertimbangkan juga kualitas dan performa kerjanya dan setelah itu Anda baru bisa menentukan biaya yang perlu Anda keluarkan sesuai kebutuhan keamanan Anda.