Intip Daftar Lengkap Bidang Dokter Spesialis Radiologi di Tangerang

  • 2 min read
  • Dec 04, 2019
Dokter Spesialis Radiologi di Tangerang

Dokter Spesialis Radiologi merupakan salah satu profesi khusus dalam dunia medis, dokter ini nantinya akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan metode radiologi untuk mendeteksi dan memberikan diagnosa pada pasien yang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Umumnya agar dapat sampai pada profesi ini, Anda harus menempuh pendidikan menjadi dokter umum terlebih dahulu, kemudian melanjutkan studi spesialis radiologi yang dapat ditempuh dalam waktu paling cepat sekitar 7 semester. Diberbagai kota besar, seperti dokter spesialis radiologi di Tangerang selalu memiliki jadwal kerja yang sibuk, sehingga jika Anda ingin melakukan konsultasi kesehatan, maka sebaiknya buatlah janji jauh hari sebelumnya.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa peran dokter spesialis radiologi sangat penting terutama dalam prosedur penyembuhan kelainan penyakit tertentu seperti penyakit dalam, penyakit saraf, tindakan bedah maupun kebidanan dan kandungan. Oleh sebab itu, tidak heran jika dokter yang satu ini sering menjalin kerjasama dengan dokter spesialis lain dalam melakukan prosedur pengobatan penyakit tertentu. Ilmu dokter radiologi sebenarnya terbagi dalam berbagai bidang seperti yang akan kita bahas berikut ini, antara lain:

  • Radiologi Umum.

Bidang dokter radiologi yang satu ini memiliki fokus untuk memeriksa dan memberikan diagnosis terhadap jenis gangguan kesehatan atau penyakit yang diderita pasien. Umumnya beberapa langkah yang digunakan seperti rontgen, CT Scan, Angiografi sampai pencitraan nuklir, sesuai dengan kondisi pasien yang akan ditangani.

  • Radiologi Intervensi.

Sedangkan spesialis radiologi yang satu ini biasanya akan dibutuhkan saat seorang dokter bedah akan melakukan tindakan pembedahan pada jenis penyakit kronis mulai dari kanker, tumor, penyakit yang menyerang organ ginjal dan hati serta penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Dokter ini nantinya akan membantu memasang kateter maupun saat melakukan prosedur bedah melalui sebuah sayatan didalam tubuh pasien.

  • Radiologi Onkologi.

Berikutnya peran dokter spesialis radiologi ini biasanya akan memberikan resep serta mengawasi setiap prosedur penanganan pada pasien penyakit kanker. Jenis terapi atau tindakan yang akan dipilih umumnya adalah terapi radiasi atau dalam dunia medis disebut radioterapi.

Karena kesehatan merupakan aspek yang sangat penting dan harus selalu dijaga, maka sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi ke dokter saat menemui berbagai gejala kelainan tertentu pada tubuh. Terlebih lagi jika gejala tersebut mengganggu kenyamanan dan aktifitas Anda, maka lakukan pengecekan segera untuk mendapat diagnosa yang tepat. Pada beberapa kasus penyakit kronis yang tidak menunjukan gejala tertentu, sangat perlu di waspadai sejak dini agar tidak terlambat dan dapat berakibat fatal.

Selain itu, ada beberapa hal pentung yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum melakukan pemeriksaan terutama jika akan menjalani tes radiologi di dokter spesialis yang satu ini. Meliputi siapkan laporan riwayat kesehatan Anda maupun surat pengantar yang telah Anda dapatkan untuk melakukan pemeriksaan radiologi. Anda sebaiknya juga tiba di lokasi minimal 20 menit sebelumnya agar dokter dapat melakukan semua prosedur tindakan dengan lancar. Beberapa pasien yang akan melakukan pemeriksaan radiologi terkadang juga diharuskan untuk berpuasa terlebih dahulu atau mengkonsumsi jenis obat tertentu sebelumnya.

Demikian ulasan mengenai beberapa bidang dokter spesialis radiologi di Tangerang yang penting untuk Anda ketahui. Nantinya, Anda dapat melakukan pemeriksaan maupun melakukan konsultasi sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu khawatir mengenai prosedur penanganan yang nantinya akan Anda dapatkan, karena dokter spesialis yang satu ini memiliki kewenangan penuh untuk mendampingi pasien baik sebelum maupun setelah proses pengobatan di lakukan.