Jangan Bingung, Begini Cara Mengirim Tugas Lewat Google Classroom

  • 2 min read
  • Sep 11, 2021
Google Classroom

Saat pandemi sedang berlangsung maka sekolah-sekolah pun menerapkan sistem belajarnya secara online. Maka dari itu tak heran jika para siswa pun harus mengirimkan tugasnya melalui sebuah aplikasi belajar yang tak lain yaitu google classroom yang mana sudah digunakan oleh berbagai sekolah.

Tidak hanya sekolah saja yang bisa menggunakan aplikasi google classroom ini. Orang-orang yang bekerja dari rumah alias mereka yang menerapkan sistem kerja WFH pun juga bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.

Menariknya lagi ternyata google classrom ini juga bisa dibuka dengan menggunakan berbagai macam gadget lho! Beberapa di antaranya tak lain yaitu pc, laptop, iphone, tablet, maupun android. Menarik bukan?

Bahkan platform digital ini tidak hanya gratis digunakan oleh semua kalangan tetapi juga menawarkan berbagai macam layanan yang sangat baik. Salah satunya yaitu kita bisa mengirimkan tugas di dalamnya. Nah untuk lebih jelasnya lagi maka simak artikel seputarkelas.com mengenai cara mengirim tugas lewat google classroom di bawah ini ya!

  1. Membuat akun google classroom

Sebelum mempelajari tips mengirim tugas melalui aplikasi yang satu ini maka langkah yang harus anda lakukan terlebih dahulu yaitu membuat akun google classroom.

Cara mendaftarnya sendiri sangat mudah karena jika anda sudah mempunyai akun google maka anda langsung masuk saja menggunakan akun tersebut. Dengan begitu anda tidak perlu mendaftarkan diri lagi. Namun bagi anda yang belum mempunyai akun google maka terlebih dahulu anda harus mendaftarnya.

  1. Mengunduh dan menggunakan google classroom

Pada dasarnya untuk bisa menggunakan platform google classroom ini terdapat 2 cara yang bisa anda lakukan. Beberapa di antaranya yaitu menggunakan website dan juga mengunduh aplikasinya di playstore.

Nah jika anda tidak ingin mengunduh aplikasi google classroom tersebut untuk menghemat ruang penyimpanan maka anda dapat memilih opsi pertama yaitu menggunakan via website saja karena lebih simpel dan praktis untuk digunakan pastinya.

Caranya sendiri sangat mudah yaitu anda hanya perlu mengunjungi situs https://classroom.google.com/. jika sudah anda bisa langsung login menggunakan akun google classrom anda tadi. Dengan begitu anda pun bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di dalamnya. Baik itu join kelas maupun membuat kelas yang baru.

Namun apabila anda menggunakan ponsel android maka anda harus mengunduh aplikasi google classroom tersebut terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Caranya sendiri anda hanya perlu mengunduhnya pada google playstore.

Jika sudah berhasil maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu login menggunakan akun goole classroom yang telah anda buat menggunakan akun google tadi.  Setelah itu anda bisa langsung mengikuti kelas seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya.

  1. Mengirim tugas di google classroom

Setelah selesai mendaftar dan juga login di aplikasi atau website menggunakan akun google classroom anda perlu menggaris bawahi terlebih dahulu bahwa untuk mengirimkan tugas di dalamnya sebenarnya ada 2 cara yang bisa anda lakukan.

Pertama yaitu anda bisa mengirimkan tugas tersebut ke google classroom dengan menggunakan media pc maupun laptop. Nah setelah itu silakan pilih kelas yang anda tuju. Jika sudah pilih tugas yang akan anda kirimkan tersebut lalu lampirkan tugas yang akan dikirim. Terakhir konfirmasi tugas anda tersebut.

Ke dua, anda bisa mengirimkan tugas melalui hp android. Caranya sendiri anda harus membuka aplikasi google classroom tersebut kemudian pilih kelas yang dituju dan tugas yang akan dikirim. Setelah itu lampirkan tugas yang akan dikirim lalu klik serahkan dan konfirmasi. Bagaimana sangat gampang bukan?