Fungsi Uang dalam Perekonomian

  • 2 min read
  • Sep 11, 2021
Fungsi Uang

Kehidupan pada zaman dahulu tidaklah sekompleks saat ini. Dulu manusia mencukupi kebutuhan mereka masing-masing dengan sederhana. Salah satu contohnya adalah dengan sistem barter atau tukar menukar yang telah dipakai selama berabad-abad. Sampai akhirnya, alat tukar resmi berubah menjadi uang yang berlaku sampai saat ini.

Uang memiliki fungsi untuk alat transaksi di dalam kehidupan. Dalam dunia perekonomian, ada 2 fungsi uang yakni fungsi asli serta fungsi turunan. Dalam pembahasan mengenai kedua fungsi dari uang tersebut yang dapat anda pahami dengan baik dari islamiques dibawah ini:

Fungsi Asli Uang

  • Medium of exchange (alat tukar)

Fungsi asli uang yang pertama yakni untuk alat tukar. Fungsi utama dari uang ini pada dasarnya untuk mempermudah pertukaran. Dengan adanya uang maka masyarakat menjadi lebih fleksibel ketika menentukan pilihan antara penjual dan pembeli sehingga tidak membutuhkan keinginan timbali balik barang seperti dalam sistem barter.

Pada zaman dahulu, masyarakat melakukan proses pertukaran barang dengan berbagai barang lain yang memiliki nilai hampir sama. Pada zaman modern, pertukaran tersebut tidak lagi dengan menukarkan barang namun hanya dengan menggunakan uang sebagai alat tukar yang sah. Uang inilah yang akhirnya berhasil mengatasi kesulitan pertukaran yang dialami saat menggunakan sistem barter.

  • Unit of account (satuan hitung)

Fungsi uang berikutnya yaitu sebagai satuan hitung. Fungsi ini adalah sebuah keharusan. Tanpa adanya sistem satuan hitung maka masyarakat akan kesulitan dalam menentukan harga atau nilai suatu barang maupun jasa.

Fungsi Turunan Uang

  • Penunjuk harga

Fungsi uang selanjutnya yaitu untuk menunjukkan harga. Di bidang perekonomian baik itu barang maupun jasa yang diperdagangkan, pasti anda harus mengetahui berapa harga yang dipatok untuk barang atau jasa tersebut.

Nah, uang inilah yang dipakai untuk menentukan patokan harga tersebut. Bisa dibilang, uang bermanfaat sebagai alat penunjuk harga. Dengan mengetahui harga dari suatu barang maka anda dapat memperkirakan apakah jadi membeli barang tersebut atau tidak.

  • Alat pembayaran

Setelah anda mengetahui berapa harga dari barang yang anda inginkan, peran uang berikutnya yaitu sebagai alat pembayaran. Jika tidak ada uang, maka masyarakat tidak akan bisa membeli barang atau jasa yang dibutuhkan.

  • Penimbun kekayaan

Fungsi dari uang selanjutnya pada bidang perekonomian yaitu sebagai penimbun kekayaan. Dalam artikan, uang merupakan bagian dari kekayaan perusahaan atau individu dalam menunjukkan besaran finansial yang dimiliki. Dengan menyimpan uang berarti masyarakat tersebut menyimpan kekayaan.

  • Pemindahan kekayaan

Uang juga berfungsi sebagai alat untuk memindahkan kekayaan. Misalnya seperti saat seseorang yang bertempat tinggal di perkotaan dan ia memiliki aset atau tanah di pedesaan, maka tanah tersebut dapat dijual. Jika sudah mendapatkan uang maka uang tersebut bisa dipakai untuk membeli tanah kembali yang lokasinya di kota.

  • Penunjang kegiatan sosial dan ekonomi

Fungsi turunan uang berikutnya yakni sebagai penunjang kegiatan sosial dan ekonomi. Kehadiran uang sangatlah berpengaruh di dalam kehidupan bermasyarakat serta dianggap mendukung aktivitas sosial dan ekonomi. Ini dikarenakan orang akan bersemangat untuk mencari uang agar mereka bisa memenuhi kebutuhan.

  • Alat pembayar hutang

Uang juga bisa dipakai untuk alat pembayar hutang. Dalam hal ini uang dipakai untuk mengukur maupun dijadikan sebagai standar pembayaran hutang dimasa mendatang.

Demikian beberapa fungsi uang baik itu fungsi asli dan fungsi turunan. Keberadaan uang memang sangat membantu sistem perekonomian di masyarakat. Untuk mendapatkan uang itu sendiri tidaklah mudah, kita harus bekerja keras, berusaha dan selalu berdoa.