Sumber : site.tupperware.co.id

Salah satu komponen yang harus ada dan menjadi terpenting saat berkendara sepeda motor adalah helm. Baik itu dekat maupun jauh, kamu harus pakai helm saat mengendarai sepeda motor supaya kepala terlindungi dari benturan yang tidak diinginkan. Berbagai macam bentuk helm pasti sudah pernah kamu jumpai, baik itu di penjual helm maupun para pengendara motor. Selain sebagai gaya semata ternyata berbagai jenis helm ini punya fungsi dan kegunaan masing-masing. Itu semua sesuai kebutuhan pengguna.

Nah, buat kamu yang belum tahu fungsi helm dari bentuknya, yuk cari tahu kegunaannya di artikel ini!

  1. Helm Jenis Full Face

Helm Jenis Full Face

Sumber : gridoto.com

Mampu memberikan perlindungan penuh pada area kepala, hal ini menjadi fungsi dari helm full face. Karena memiliki proteksi yang lebih aman, helm jenis full face ini cocok banget dipakai saat berkendara jauh maupun dekat. Selain punya keunggulan, helm jenis full face ini juga memiliki kekurangan seperti pada bagian sudut pandangnya yang membuat pengendara tidak bebas untuk mengamati sekitar. Tetapi helm ini tetap nyaman dipakai kok. Banyak juga helm full face yang murah seperti, KYT, ZEUS, INK, GM dan masih banyak lagi lainnya. Harga helm full face KYT dan merk lainnya pun berkisar antara 400 hingga jutaan rupiah.

  1. Helm Jenis Open Face

Helm Jenis Open Face

Sumber : today.line.me

Helm jenis satu ini paling digemari dan biasa dipakai oleh para pengguna motor klasik, karena bentuknya yang memang terlihat klasik serta sederhana sehingga serasi dengan motornya. Karena tidak menutupi bagian wajah, helm satu ini sebenarnya tidak cocok dipakai untuk berkendara jarak jauh. Tapi memang sih motor klasik sekarang ini jarang banget dipakai untuk dikendarai jarak jauh, apalagi kalau medannya sulit. Karena lebih ringan dan membuat pengguna lebih bebas, penglihatan lebih lega dan tak terhalang, tak heran kalau banyak yang lebih memakai helm ini.

  1. Helm Jenis Off Road

Helm Jenis Off Road

Sumber : adventuriderz.com

Jenis helm ini pasti jarang banget kamu jumpai di jalanan. Karena helm Off Road ini memang dikhususkan untuk para pembalap motor cross atau trail. Helm ini memiliki proteksi lebih jika dibandingkan jenis full face karena memang risiko jatuh lebih tinggi dalam kegiatan balap motor cross. Selain itu pengguna juga harus menambah aksesoris kacamata khusus saat memakainya, karena memang helm ini tidak dilengkapi dengan kaca penutup.

  1. Helm Jenis Dual Sport

Helm Jenis Dual Sport

Sumber : today.line.me

Memiliki desain gabungan antara helm off road dan full face, helm jenis dual sport punya proteksi penuh pada penggunanya. Helm ini memiliki fungsi yang cocok banget dipakai saat berkendara jarak jauh hingga medan sulit. Selain itu helm Dual Sport ini mampu mengurangi resiko cedera dalam kecelakaan serta terjangan angin, hujan dan juga debu pada wajah.

  1. Helm Jenis Half Face

Helm Jenis Half Face

Sumber : liputan6.com

Helm half face ini sebenarnya modifikasi dari jenis helm full face. Punya kelebihan yang lebih aman serta mampu memberikan perlindungan lebih baik dari jenis helm lainnya. Selain itu helm ini juga punya kelebihan lain seperti cara penggunaanya yang lebih mudah, jarang pandang yang terbuka, serta tidak terasa pengap saat digunakan. Karena bagian bawahnya yang terbuka, ketika ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan helm ini perlu tambahan aksesoris pelindung.

Nah, itulah beberapa jenis helm tergantung dari kegunaannya. Hal yang perlu kamu ingat adalah helm yang dipakai haruslah berstandar SNI dan meskipun sudah menggunakan helm, kewaspadaan serta konsentrasi saat mengendara tetap harus diperhatikan. Tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas supaya lebih safety riding!. Baca juga informasi Cara Aman Convert Pulsa Menjadi Uang Di Internet Terbaru.