Wisata Belitung – Bosan Lihat Laut? Ini 5 Tempat Wisata Belitung Selain Pantai

  • 2 min read
  • Feb 25, 2020
Museum Kata Andrea Hirata

Wisata Belitung dulunya pernah menjadi surga tersembunyi, sebelum akhirnya terekspos besar-besaran. Merupakan film Laskar Pelangi pada tahun 2008, yang berhasil melejitkan industri pariwisata di Belitung. Dampak positifnya masih terasa hingga sekarang, dimana Belitung masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit.

Ciri khas dari tempat-tempat wisata di Belitung adalah pemandangan lautnya yang menawan. Namun jika kamu sedang tidak ingin pergi liburan ke pantai, Belitung punya beberapa alternatif lain yang tak kalah menarik. Berikut ini adalah lima rekomendasi tempat wisata Belitung selain pantai untuk mengisi waktu liburanmu.

1. Museum Kata Andrea Hirata

Andrea Hirata adalah pengarang novel ‘Laskar Pelangi’, yang kemudian diangkat menjadi film. Buku itulah salah satu pintu gerbang kesuksesan berbagai destinasi wisata Belitung. Di museum ini, kamu bisa belajar tentang galeri film Laskar Pelangi serta berbagai karya Andrea Hirata lainnya.

Bahkan tempat ini disebut-sebut sebagai pelopor museum literatur di Indonesia. Tempatnya sangat catchy dan banyak tempat yang cocok untuk berfoto. Para penggemar Andrea Hirata maupun sastra secara umum patut mengunjungi museum ini saat sedang di Belitung.

2. Replika Sekolah Laskar Pelangi

Masih dari film Laskar Pelangi, salah satu lokasi yang paling banyak disorot adalah SD Muhammadiyah Gantong. Ini bukanlah sekolah sebenarnya, melainkan hanya replika untuk kebutuhan pengambilan gambar. Akan tetapi, lokasi sekolah tersebut jadi sangat melegenda di Belitung hingga sekarang.

Di wilayah Belitung Timur, SD Muhammadiyah Gantong sangat dikenal dan menjadi tujuan wisata terfavorit. Akan tetapi lokasinya cukup jauh sehingga pengunjung biasanya memilih untuk sewa mobil dan driver agar tidak tersesat. Jaraknya sekitar 100 km dari Tanjung Pandan, tetapi biasanya hanya memakan waktu perjalanan 1 jam.

3. Kota Manggar

Kamu juga harus mencoba wisata kuliner Belitung, terutama kopi dari Kota Manggar. Letaknya masih di wilayah Belitung Timur dan berjarak sekitar 90 km dari Tanjung Pandan. Saking akrabnya dengan kopi, kota ini sampai mendapat julukan sebagai ‘Negeri 100 Kopi’.

Ya, kopi telah menjadi budaya di sana sehingga kamu akan menemukan penjual kopi di sepanjang jalan. Warung-warung kopi di Manggar biasanya buka setiap hari hingga tengah malam. Jadi, tempat ini sepertinya sangat cocok untuk tujuan wisata Belitung backpacker.

4. Kampung Ahok

Ahok atau yang bernama asli Basuki Tjahaja Purnama adalah politikus kondang Tanah Air yang berasal dari Belitung. Sejak kepopulerannya meroket, banyak orang yang ingin tahu dan mengenal Ahok. Jadi, dibuatlah destinasi wisata Kampung Ahok ini, yang berlokasi di Jalan KA. Bujang Gantong, Belitung Timur.

Wahana utama di tempat ini adalah replika rumah keluarga besar Ahok. Di dalamnya, kamu bisa mengetahui silsilah keluarga dan berbagai hal tentang mantan Bupati Belitung Timur itu. Tetapi, kabarnya Kampung Ahok berganti nama menjadi Kampung Fifi karena yang bersangkutan tidak ingin identik dengan panggilan Ahok lagi.

5. Air Terjun Gurok Beraye

Ingin menikmati wisata alam di Belitung, tetapi bukan pantai? Tenang, masih ada banyak pilihan, salah satunya adalah Air Terjun Gurok Beraye. Destinasi wisata ini baru populer di media sosial pada sekitar 2016 lalu dan segera dikenal wisatawan. Untuk mencapai air terjun utamanya, kamu harus melewati jalan setapak.

Perjalanan tidak akan sia-sia, karena begitu sampai di lokasi, suasananya begitu asri. Kamu dapat melihat ikan-ikan berenang di bawah air yang jernih seperti sedang snorkeling. Di sekitarnya masih ada hutan lebat dan alami, jadi tidak heran jika kamu akan melihat hewan liar seperti monyet yang berkeliaran.

Menjelajahi wisata Belitung sendirian lebih seru jika bersama kolega atau keluarga. Jika memungkinkan, cobalah menyewa mobil dan driver yang bisa mengantar jemputmu dari hotel. Tunggu apa lagi, ajak teman-temanmu di media sosial untuk ikut menikmati indahnya Belitung.