Tips Menulis Makalah yang Menarik dan Tidak Monoton

  • 2 min read
  • Jul 17, 2021
Tips Menulis Makalah

Makalah merupakan salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang paling sering digunakan baik di sekolah atau perguruan tinggi. Dalam membuat makalah, seorang siswa harus bisa menjelaskan topik permasalahan secara lengkap, akurat, dan mudah dipahami oleh pembaca. Melihat hal tersebut, tentu proses pembuatan makalah tidaklah mudah.

Perlu riset, observasi, dan studi literasi khusus tentang topik permasalahan yang akan diangkat. Tidak jarang, para siswa hanya asal menjelaskan pengertian dari sebuah topik saja tanpa melakukan riset dari sumber yang jelas. Nah, agar kamu bisa menulis makalah dengan baik, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Pahami Tema dan Topik yang Ingin Dibahas

Pertama, pahami dulu apa tema atau topik yang ingin kamu bahas dalam makalah. Biasanya, guru atau dosen sudah memberikan gambaran seperti apa kira-kira permasalahan atau isu yang akan diangkat. Dari situ, kamu bisa telaah lebih dalam apa kira-kira yang bisa dibahas secara menarik dan dijadikan sebuah makalah yang lengkap.

Jika ternyata diberi kebebasan dalam memilih topik atau temanya, kamu bisa eksplore sendiri apa kira-kira yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat. Dari situ, kamu bisa mendapat ide tentang topik yang bisa dibahas di dalam makalah kamu.

  1. Tentukan Metode Pengumpulan Informasi

Setelah menemukan topiknya, kamu bisa langsung menentukan kira-kira ingin mengambil data-datanya dari mana. Kamu bisa mendapatkan sumber melalui beberapa kegiatan, misalnya dengan melakukan observasi langsung, wawancara nrasumber, atau melakukan studi literasi.

Jika kamu ingin yang paling mudah, kamu bisa menggunakan metode studi literasi saja. Studi literasi sendiri adalah proses mencari tahu sebuah data atau informasi dengan membaca buku, jurnal, koran, atau majalah yang berkaitan dengan topik yang dibahas.

  1. Kumpulkan Sumber yang Terpercaya

Tips selanjutnya adalah mengumpulkan sumber yang terpercaya dari metode yang sudah kamu pilih di tips nomor 2. Jika kamu ingin menggunakan observasi, maka bisa dibilang sumber yang kamu gunakan hampir 100% terperaya (karena langsung melihat objeknya).

Jika kamu ingin menggunakan wawancara, maka pilihlah narasumber yang benar-benar paham tentang topik permasalahan yang ingin kamu bahas. Dan jika ingin menggunakan studi literasi, pastikan kamu menggunakan sumber yang terpercaya, khususnya jika kamu menggunakan informasi yang ada di Internet.

  1. Seleksi Sumber yang Relevan dengan Topik

Tips berikutnya adalah menyeleksi sumber yang benar-benar berkaitan dengan topik yang dibahas. Kamu harus bisa menentukan mana informasi yang perlu dan tidak perlu dicantumkan dalam makalah kamu. Karena pada akhirnya, memang tidak semua informasi yang kamu gunakan akan relevan dengan topik permasalahan yang ingin kamu bahas.

  1. Pahami Struktur Penulisan Makalah

Tips yang tidak kalah penting adalah memahami struktur penulisan makalah. Dengan memahami strukturnya, kamu akan mengerti bagaimana mengemas informasi-informasi yang kamu dapatkan menjadi sebuah makalah yang layak untuk dipublikasikan.

Untuk memahaminya, kamu bisa mempelajari contoh makalah yang diulas oleh situs BocahKampus. Di situ, kamu tidak hanya mendapatkan contohnya, namun juga bisa mempelajari struktur serta tata cara penulisan makalah yang baik dan benar.

  1. Selalu Baca Ulang dan Cek Penulisan

Jika makalah sudah selesai dibuat, jangan langsung mengumpulkannya ke guru atau dosen. Baca dan teliti lagi mulai dari awal hingga akhir. Biasanya, akan ada typo atau kesalahan penulisan yang tidak kamu sengaja. Dengan mengoreksinya, maka makalah yang kamu buat akan lebih bagus dan menarik untuk dibaca.

Bayangkan jika makalahmu penuh typo, pasti tidak menarik kan? Nah, itu dia beberapa tips dalam membuat makalah, semoga bisa bermanfaat ya.