Sebelum Melakukan Direct Marketing, Ketahui Dulu Kelebihannya

  • 2 min read
  • Jul 26, 2021
Direct Marketing

Banyak pembahasan dari direct marketing yang bisa anda dapatkan, baik itu melalui majalah atau blog dan website. Anggap saja kita sudah tahu pengertiannya, manfaat yang bisa didapatkan dan jenis-jenisnya. Kali ini kita akan membahas kelebihan dari salah satu teknik promosi tersebut sebelum anda memutuskan untuk melakukannya menggunakan layanan SMS gateway Indonesia, email marketing, atau media lain.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu teknik pemasaran sangat penting. Dari situ anda bisa mempertimbangkan apakah memang layak untuk digunakan sebagai teknik penjualan usaha anda atau tidak. Apakah nantinya produk anda akan mendapatkan peningkatan dengan menggunakan sistem tersebut atau tidak. Tidak usah berlama-lama, mari kita bahas langsung dengan sedikit penjelasannya.

Kelebihan Direct Marketing

Berikut adalah beberapa kelebihan direct marketing yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukannya.

1. Informatif

Yang dimaksud dengan informatif adalah anda bisa lebih detail untuk menjelaskan apa saja kelebihan dari produk tersebut. Selain itu, anda juga dapat memberikan informasi apa saja yang terkait dengan produk, misalkan harga yang ditawarkan, bagaimana agar mendapatkan diskon dan apa saja yang menguntungkan konsumen jika membeli usaha anda.

Selain itu, bagi konsumen juga akan berguna karena mereka bisa langsung bertanya seputar produk yang anda tawarkan. Misalkan dari spesifikasi produk, manfaat dari produk tersebut dan sejenisnya.

2. Personal

Segala komunikasi yang anda lakukan bersifat personal, artinya hanya anda dan konsumen yang tahu. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan ini untuk menawarkan produk lain yang anda miliki. Misalkan ketika anda menjual ponsel, dimana ketika konsumen membelinya, anda menyuruh untuk mengisi kuesioner yang didalamnya harus mencatat nomor aktif mereka. Dengan demikian, anda bisa melakukan komunikasi personal untuk menawarkan usaha lain yang anda miliki. Sebagai contoh, produk ponsel lain atau casing yang cocok dengan ponsel yang mereka beli sebelumnya.

3. Target Konsumen Jelas

Kelebihan dari direct marketing selanjutnya adalah dapat memilih target yang jelas. Sama hal nya dengan contoh diatas, anda harus memperkirakan sendiri kebutuhan apa yang mungkin diperlukan oleh konsumen ponsel tersebut.

4. Biaya Terjangkau

Sudah jelas kelebihan lainnya dari segi biaya, jika anda mempunyai budget yang tidak terlalu besar, teknik pemasaran langsung sangat cocok digunakan. anda hanya memerlukan kreativitas untuk memancing dan “memaksa” pelanggan agar melakukan action “beli”.

Tentu akan sangat berbeda jika anda menggunakan media iklan seperti billboard, baliho dan televisi. Silahkan anda perkirakan sendiri berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat beriklan disana.

5. Hasil Langsung Terukur

Tingkat efektivitas untuk melakukan strategi ini bisa langsung dilihat hasilnya. Tanpa waktu lama untuk menunggu respons pelanggan karena mereka akan mengatakan beli atau tidak pada saat itu juga. Misalkan anda melakukan pemasaran langsung dengan mengunjungi rumah calon konsumen. Maka dari situ anda bisa melihat sebesar mana efektivitasnya.

Jika tidak ada penjualan dalam langkah tersebut, bisa dikatakan kurang efektif, anda harus melakukan riset lebih mendalam apa yang sebenarnya tidak pelanggan suka. Misalkan dari gaya bahasa dan penawaran yang dilakukan. Bisa jadi mungkin produk yang anda tawarkan tidak cocok dengan strategi door to door ini. Maka ganti dengan cara lain, misalnya melalui SMS, email atau media sosial.

Selain kelebihan, tentu ada kekurangannya, termasuk dalam metode direct marketing ini. Ada beberapa kekurangan diantaranya, dapat mengganggu calon konsumen jika dilakukan secara frontal. Kekurangan kedua, membutuhkan sumber daya yang lebih daripada teknik pemasaran lain.