Inilah Tempat Wisata Kuliner Cirebon yang Bikin Ketagihan

  • Bataviase
  • Jan 01, 2022

Berkunjung ke Kota Cirebon tak hanya menyenangkan, juga bisa mengenyangkan karena kota ini memiliki ragam wisata kuliner yang lezat dan nikmat. Cirebon yang merupakan kota pelabuhan sudah ramai saat zaman Hindia Belanda. Gubernur Jenderal Daendels pun memilih Cirebon sebagai pelabuhan utama karena pelabuhan Batavia rawan terkena blokade tentara Inggris. Untuk mempermudah transportasi darat, Gubernur Jenderal Daendels mulai membuat rute Buitenzorg (Bogor) hingga Kandanghaur di barat Cirebon. Baca juga informasi yang menarik lainnya hanya di JejakPiknik.com.

Oleh sebab itu, para penduduk Cirebon turut mengalami kerja paksa yang tidak manusiawi. Tetapi, ternyata kerja paksa tersebut justru melahirkan sebuah makanan yang bernama nasi jamblang, yaitu nasi yang dibungkus daun jati dengan lauk seadanya yang dimakan para pekerja paksa. Selain nasi jamblang, banyak ragam wisata kuliner Cirebon lainnya. Mulai dari empal gentong yang legendaris hingga mie koclok yang nikmat. Mari kita simak deretan wisata kuliner Cirebon berikut ini.

1. Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud adalah salah satu penjual empal gentong yang populer di Kota Cirebon. Berdiri sejak 1994, Haji Apud memiliki spesialisasi khusus dalam pembuatan empal gentong tetapi terdapat pula pilihan makanan selain empal gentong.

Empal Gentong Haji Apud terasa gurih dengan kuah yang penuh rempah-rempah lezat serta dipadukan dengan potongan daging yang lembut. Empal gentong biasanya disajikan bersama nasi atau ketupat, sesuai selera pelanggan. Penyajian empal gentong juga dapat disesuaikan, seperti pemilihan topping daging sapi, babat, usus, atau kikil.

Tak hanya empal gentong, tersedia juga empal asem, sate kambing, dan pilihan makanan lain yang tak kalah sedap. Satu porsi empal gentong dihargai Rp 23.000, sementara sate kambing dan sapi dijual mulai dari harga Rp 50.000 hingga Rp 60.000. Ada juga pilihan nasi lengko khas Cirebon yang dijual seharga Rp 15.000.

2. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur merupakan kedai nasi jamblang yang paling terkenal. Makanan yang awalnya merupakan santapan para pekerja ketika zaman Hindia Belanda ini cukup murah.

Rata-rata lauk yang ditawarkan di Nasi Jamblang Ibu Nur tidak melebihi 10 ribu rupiah, karena memang nasi jamblang dari dulu hanya berisi makanan sederhana, namun cita rasanya tak kalah dengan makanan restoran bintang lima.

Pengunjung dapat memilih sendiri lauk pauk yang dipadukan dengan nasi hangat berbungkus daun jati. Ada sekitar 43 lauk yang dapat dipilih. Satu porsi nasi putih dihargai Rp 2.500 sedangkan harga lauknya beragam seperti tempe seharga Rp2.500 hingga ayam goreng serundeng seharga Rp12.000

3. Nasi Lengko H. Barno

Dirintis pada tahun 1968, Nasi Lengko H. Barno kini menjadi salah satu nasi lengko legendaris di Cirebon. Satu porsi nasi lengko dijual seharga Rp7.000 dan isinya terdiri dari nasi putih dengan lauk tahu dan tempe goreng lalu diberi potongan mentimun, toge, kucai, dan taburan bawang goreng.

Untuk menambah rasa, nasi lengko dapat ditambahkan kecap atau sambal. Uniknya, Nasi Lengko H. Barno menggunakan kecap asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu yaitu Kecap Manis Cap Matahari.

4. Mie Koclok Abah Gaul

Jika Anda ingin berwisata kuliner pada malam hari sembari menikmati sejuknya udara Kota Cirebon, berkunjung ke Mie Koclok Abah Gaul dapat menjadi pilihan yang pas. Kedai mie ini hanya buka saat malam saja.

Lezatnya sajian mie koclok yang hangat dan gurih berpadu dengan teduhnya malam membuat para pengunjung betah bersantap dan bertukar cerita disini. Harga Mie Koclok Abah Gaul adalah Rp17.000 dan bisa ditambahkan beragam makanan sampingan.

Itulah wisata kuliner Cirebon yang lezat dan bikin ketagihan. Sempatkan berkunjung ke salah satu tempat makan tersebut agar Anda dapat merasakan kuliner yang khas dan legendaris.