Salah satu strategi yang cukup efektif untuk digunakan sampai saat ini oleh banyak sekali perusahaan yaitu social media marketing. Membuat sebuah konten yang menarik saja itu tidak cukup untuk mengelola pemirsa kalian yang ada di media sosial. Bahkan lebih dari itu, kalian juga harus melakukan sebuah evaluasi yang dilakukan secara konsisten agar nantinya kalian juga bisa terus mendapatkan pelajaran yang baru.
Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial, tugas untuk menjadi sebagai socialmediamarketer itu semakin dibutuhkan pada era internet saat ini. Para pemasar suatu produk juga mempunyai kesempatan lebih besar untuk mencari massa, beriklan, dan juga mendapatkan keuntungan. Seorang digital marketer harus bisa melakukan salah satu hal yaitu mengukur sebuah kinerja dari pemasaran yang ada di media sosial.
Tools yang digunakan untuk bisa melakukan kegiatan pengukuran tersebut juga ada banyak sekali jenisnya. Tetapi, dengan pilihan sebuah tools yang ada di internet sangat banyak bagaimana caranya kalian untuk memilih tools yang tepat untuk nantinya kalian gunakan?.
Di era digital yang seperti ini, media sosial sendiri mempunyai peranan yang cukup penting dalam suatu proses pemasaran atau pengenalan bisnis maupun produk. Dipilihnya sosial media sebagai media yang bisa dibilang cukup tepat untuk melakukan pemasaran karena memang jangkauannya yang sangat luas dengan para pengguna aktifnya juga yang setiap harinya selalu mengalami peningkatan.
Selain itu juga, para pengguna media sosial berasal dari semua kalangan dari mulai anak-anak, dewasa, sampai orang tua juga ikut menggunakannya. Tetapi, tidak semua para pebisnis mengetahui tentang bagaimana caranya untuk bisa mengoptimalisasi media sosial milik mereka. Padahal sebenarnya jika mereka bisa untuk mengoptimalisasi penggunaan dari media sosialnya, maka nantinya mereka akan bisa untuk memberikan sebuah kontribusi yang cukup positif untuk kegiatan marketing.
Salah satu hal yang perlu kalian ketahui yaitu penggunaan dari sosial media marketing tools sendiri berguna untuk mengoptimalisasi penggunaan media sosial. Ada banyak sekali jenis tools yang akan bisa membantu bisnis kalian seperti misalnya melakukan penjadwalan untuk postingan di media sosial kalian, melacak pengunjung website, sampai bisa memberikan sebuah laporan tentang performa dari akun media sosial yang kalian miliki. Untuk bisa mengetahui apa saka tools yang bisa kalian coba, selengkapnya ada di pembahasan di bawah ini.
Snaplytics
Untuk kalian yang ingin memasarkan produk milik kalian lewat Snapchat, kalian harus mencoba menggunakan tools yang satu ini. Tetapi sayangnya, Snaplytics hanya bisa kalian gunakan untuk mengukur sebuah performa dari konten yang ada di Snapcat dan juga Instagram. Dan untuk masalah harga sendiri, kalian bisa langsung untuk mengontak Snaplytics lewat situs resmi mereka.
Sprout Social
Dengan menggunakan tools yang satu ini, kalian akan bisa mengukur sebuah performa konten milik kalian di Facebook, Linkedln, Instagram, Twitter, dan juga Google+. Tools ini juga sangat cocok sekali untuk kalian gunakan untuk brand yang memang ingin memasarkan produk miliknya di berbagai layanan sosial media yang ada saat ini.
Buzzsumo
Buzzsumo ini berbeda dengan tools yang lainnya, tools satu ini bisa kalian gunakan untuk melihat bagaimana dampak dari sebuah konten yang ada di situs milik kalian terhadap suatu performa media sosial kalian. Contohnya, kalian ingin mencari tahu tentang seberapa banyak jumlah dari share tulisan yang ada di blog Twitter dan juga Facebook maka kalian bisa menggunakan tools yang satu ini.