Nastar Super Renyah Berkat Selai Nanas Ala Chef Andre

  • Bataviase
  • Jan 19, 2024
Resep Nastar Renyah ala Chef Andre

Nastar adalah salah satu jenis kue kering ikonik khas lebaran. Bentuknya yang bulat memanjang dengan isian selai nanas menjadi ciri khas yang dikenal banyak orang. Banyak orang beranggapan bahwa membuat nastar itu mudah.

Nyatanya, ada banyak kendala yang membuat hasil nastar tidak sempurna, mulai dari tekstur yang terlalu lembek hingga kurang berasa selai nanasnya. Nah, Chef kue terkenal Andre punya rahasia ampuh untuk membuat nastar super renyah dengan rasa selai nanas yang melimpah.

Penasaran apa saja tips dan triknya? Yuk simak resep terbaru nastar ala Chef Andre berikut ini!

Resep Nastar Renyah ala Chef Andre:

Bahan nastar:

  • 175 gram butter
  • 50 gram margarin
  • 300 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram tepung maizena
  • 75 gram gula halus
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 3 kuning telur
  • 1/4 sdt garam halus 

Bahan selai nanas:

  • 1 buah nanas ukuran sedang
  • 150 gram gula pasir
  • 1 batang kayu manis
  • 3 butir cengkeh

Cara membuat selai nanas:

  1. Kupas nanas, cuci bersih, kemudian parut halus. Tak perlu membuang matanya agar selai lebih wangi.
  2. Masak parutan nanas bersama gula pasir, kayu manis dan cengkeh. Gunakan api kecil.
  3. Aduk terus hingga selai mengental dan berwarna orange kecoklatan. Dinginkan.

Cara membuat nastar:

  1. Kocok mentega dan margarin hingga lembut. Tambahkan keju parut, aduk rata.
  2. Masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok hingga rata.
  3. Ayak tepung terigu dan tepung maizena, tambahkan garam halus. Masukkan ke adonan sambil diuleni hingga kalis.
  4. Ambil sedikit adonan, bulatkan dan isi dengan selai nanas. Bentuk memanjang seperti nastar. 
  5. Panggang dalam oven dengan api sedang kurang lebih 40 menit sampai matang merata.

Itu dia cara membuat nastar renyah ala Chef Andre dengan cita rasa selai nanas yang kaya dan segar! Rahasia utamanya ada di pemilihan keju cheddar yang memberikan tekstur lebih renyah dan aroma gurih pada kue. Kemudian selai nanas nya sendiri tidak hanya dibuat dari nanas dengan gula pasir, namun diberi rempah kayu manis dan cengkeh agar makin wangi aromanya.

Tak perlu malu bila ingin bereksperimen dengan bermacam-macam isian di dalam nastar, seperti keju gorgonzola, coklat hitam, hingga krim bluberi. Anda bisa menyesuaikan isian sesuai selera.

Membuat nastar lezat dan renyah meski terlihat mudah, namun memang membutuhkan pengalaman dan banyak percobaan. Gunakan tips Chef Andre diatas, maka tak perlu bersusah payah lagi untuk mendapatkan nastar pujaan keluarga di rumah. Selamat bereksperimen di dapur!

Banyak yang mengeluhkan nastar buatan sendiri tidak awet dan cepat melempem. Padahal, dengan tips sederhana berikut, Anda bisa menyimpan nastar agar tetap renyah berminggu-minggu lamanya. Pertama, setelah nastar matang dan dingin, masukkan ke dalam toples kaca atau plastik bertutup rapat.

Pastikan wadah benar-benar kedap udara supaya nastar tidak mudah menyerap uap air yang bisa melunakkan teksturnya. Kedua, letakkan silica gel atau bola kristal penyerap kelembaban di dalam toples nastar. Bola ini akan menyerap uap air sehingga nastar tetap renyah.

Ganti bola kristal seminggu sekali agar kinerjanya maksimal. Ketiga, simpan nastar di tempat yang sejuk dan kering. Suhu ruangan yang panas serta lembap bisa merusak kerenyahan nastar. Paling baik disimpan di rak atas lemari pendingin agar aman dari cuaca dan suhu eksternal.

Keempat, konsumsi nastar dalam 2 hingga 4 minggu. Karena kandungan lemak dan gulanya tinggi, lama kelamaan nastar akan tengik juga jika disimpan terlalu lama. Oleh karena itu, habiskan nastar dalam waktu 1 bulan agar tekstur dan rasanya tetap prima. 

Related Post :