Aneka Masakan Ayam

  • 2 min read
  • Aug 11, 2021
Aneka Masakan Ayam

Ayam merupakan salah satu makanan yang paling enak ketika di masak. Sehingga, banyak sekali para ibu yang membuat masakan ayam ini dengan aneka ragam bentuk. Salah satu dari keanekaragaman tersebut adalah menu masakan opor ayam. Jenis masakan dari ayam ini paling banyak dicari ketika lebaran telah tiba. Sehingga, opor ayam ini menjadi menu favorit atau menu wajib yang harus ada dan disajikan ketika lebaran.

Ada banyak sekali aneka masakan opor ayam ini yang bisa kamu coba. Proses pembuatannya pun juga tidak sulit untuk dilakukan. Berikut ini beberapa jenis opor ayam yang bisa kamu coba di rumah dan rasanya pasti nikmat.

Opor Ayam Kuning

Salah satu makanan opor ayam satu ini sangat cocok bagi kamu yang mungkin tidak memerlukan banyak kalori adanya penyakit tertentu. Opor satu ini memang sangat rendah kalori karena di dalamnya tidak menggunakan santan.

Meski tanpa santan, rasa dari opor ini juga sangat nikmat dan juga tidak kalah dengan jenis opor ayam lainnya. Sebagai pengganti dari tidak adanya santan maka kamu bisa menambahkan dengan lebih banyak kemiri di dalamnya.

Untuk proses pembuatan dari opor ini hanya bermodalkan satu ayam besar dan dipotong menjadi 4 bagian saja. Untuk selanjutnya, kamu bisa menyiapkan air sebanyak 500 ml dan masukkan berbagai bumbu seperti daun salam, lengkuas dan juga jeruk nipis.

Untuk proses selanjutnya masak semua bahan tersebut termasuk potongan ayam tadi. Kemudian kecilkan api dan masak ayam ini sampai empuk dan kuat yang tadi juga sampai susut. Jika sudah demikian maka opor ayam sudah siap untuk dimakan.

Opor Ayam Sederhana

Untuk membuat opor ayam ini tentu tidak ada beda dengan opor ayam lainnya. Opor ayam ini jika dulu potongan dari 1 ayam jadi 4, tetapi untuk kali ini potong ayam menjadi 8. Masukkan berbagai bumbu seperti bawah merah, bawah putih, lengkuas, daun jeruk dan yang lainya. Untuk mengetahui apa saja bumbu yang perlu disiapkan ini kamu bisa cek saja di tastynesia.com

Selanjutnya kamu bisa mendidihkan air sebanyak 750 ml dan masukkan bumbu yang sudah disiapkan tadi itu. Langkah selanjutnya kamu bisa memasukkan sasa santan dan juga ikan yang sudah dipotong tersebut. Kemudian, masak hingga ayam tersebut sampai matang dengan sempurna kemudian siapkan dalam hidangan yang masih hangat.

Opor Ayam Putih

Selain opor ayam sederhana, kamu juga bisa memasak ayam dengan opor ayam putih. Opor ayam satu ini tidak kalah nikmatnya dengan opor-opor yang lain itu. Untuk bumbu yang diperlukan pada opor ayam ini sama dengan opor ayam yang lainnya

Perbedaannya hanya terletak pada santan yang digunakan pada opor ayam ini. Jika opor sebelumnya tidak menggunakan santan tetapi khusus yang ini menggunakan santan. Jadi karena bersantan makanan ini jelas mengandung banyak kalori di dalamnya

Itulah berbagai resep opor ayam yang bisa kamu coba di rumah dengan berbagai varian ini. Untuk lebih jelasnya terkait opor ayam ini mulai dari bumbu dan cara memasaknya bisa kunjungi situs tastynesia.com. Pada situs ini kamu bisa melihat berbagai resep makanan yang tentu memiliki rasa yang sangat nikmat.

Khusus pada opor ayam, semua dijelaskan dengan rinci pada dan juga sangat lengkap sekali. Jika kamu merasa kebingungan, bisa langsung lihat video yang ada di dalam situs tersebut. Dengan bantuan video ini tentu akan sangat memudahkan kamu ketika ada kesalahan pada saat memasak.