Cara Mengurangi Penggunaan RAM Pada Google Chrome

  • 2 min read
  • Aug 24, 2020
Cara Mengurangi Penggunaan RAM Pada Google Chrome

Sungguh menjengkelkan ketika sedang browser, tapi lelet. Terjadi lag atau crash pada browser itu sendiri sehingga aktivitas kita berselancar di dunia maya jadi terhambat. Browser alami lag, tak hanya terjadi pada browser ecek-ecek. Namun juga bisa terjadi pada browser sekelas google chrome. Kenapa aplikasi besutan google ini bisa terjadi lag atau crash ketika digunakan untuk browsing?

Cari tahu penyebabnya di artikel ini.artikel ini akan  membahas penyebab serta cara untuk atasi google chrome yang tak berfungsi maksimal yang disebabkan oleh konsumsi RAM yang terlalu tinggi. Simak selengkapnya di bawah ini tentang cara mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome.

Cara Kurangi Penggunaan RAM pada Google Chrome

Rakasa internet, google, punya banyak sekali produk. Salah satunya, dan yang sangat popular adalah google chrome. Sebuah browser terpopuler di setiap platform dan system operasi. Beberapa kelebihan google chrome yakni diantaranya lebih simpel dan cepat.

Namun, sekaliber chrome sebagai mesin pencari bukan tanpa kekurangan. Malah, banyak yang pengguna yang mengeluh lantaran google chrome memakan RAM yang lumayan besar. Ponsel dengan kapasitas ram yang kecil pasti bakal lag. Sehingga kecanggihan chrome seperti multitasking pada google chrome tak berfungsi dengan baik.

Hal ini tentu menjengkelkan. Namun, jangan dulu beralih ke browser lain. Sebab ada beberapa cara untuk atasi terkait ram ini. Anda bisa mengurangi pemakaian RAM di google chrome, sehingga lebih maksimal dalam penggunaanya, dan tak terjadi hambatan-hambatan seperti lag, atau crash ketika sedang berselancar di internet.

Namun sebelum mengetahui cara kurangi pemakaian RAM di google chrome, perlu juga diketahui penyebab kenapa konsumsi RAM pada aplikasi besutan google ini cukup banyak? Hal ini lantaran google chrome menyimpan setiap ekstensi, tab, seperti plug in sebagai proses berbeda pada RAM. Hal ini memicu pengguna cari cara kurangi pemakaian RAM google chrome.

Ini disebut proses isolasi. Dilakukan guna tingkatkan stabilitas browser dan untuk kecepatanya. Beberapa proses perlu di stop. Efeknya alami crash, namun sisanya masih bekerja stabil. Ini sebabkan efek tingginya konsumsi RAM dan terjadi peningkatan konsumsi sumber daya prosesor.

 Ada dua cara yang bisa dipakai untuk kurangi pemakain RAM di google chrome. Berikut ini langkah-langkahnya :

Cara kurangi pemakaian RAM Pada Google Chrome pakai chrome Task Manager

Chrome task manager dibuat oleh google chrome. Berfugsi untuk tangani proses yang dijalankan google chrome. Cara mengaksesnya cukup mudah, yakni :

Windows “sift+Esc” dan untuk MAC, klik windows Menu”.

Pakailah ketika sedang buka google chrome. Dengan langkah ini, anda bisa kurangi pemakaian RAM pada google chrome, dengan hentikan proses yang tak perlu.

Cara kedua kurangi pemakaian RAM pada google chrome dengan tab discarding

Cara ini agak perlu kecermatan dan keahlian. Inti dari cara ini yakni menghilangkan tab yang tak dipakai pengguna. Jadi bisa kurangi pemakaian RAM pada google chrome.

Cara aktivasi tab discarding, bisa dilakukan dengan langkah berikut ini.

Di bagian address bar, anda ketikkan“chrome://flags/#enable-tab-discarding” kemudian tap Enter

Lalu, tekan enable, letaknya dibawah entry untuk enable tab discarding.

Nah itulah dua cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pemakaian RAM pada google chrome. Jangan sampai aktivitas browsing anda terhambat gara-gara fungsi chrome tak maksimal lantaran terlalu tinggi makan RAM. Dengan dua cara diatas, anda bisa memaksimalkan fungsi chrome sebagai salah satu browser terbaik dari google. Semoga berhasil.

Sumber : www.ponselive.com