Badminton, Sejarah, dan Aturan Bermain

  • 3 min read
  • May 19, 2021
Badminton, Sejarah, dan Aturan Bermain

Badminton merupakan permainan olahraga yang juga dikenal dengan nama bulu tangkis dengan jumlah pemain dua orang untuk tunggal dan empat orang untuk ganda, memakai alat raket dan juga shuttlecock. Kedua pemain akan saling memukul serta menangkis bola untuk mendapatkan nilai.

Selain itu, permainan badminton juga menggunakan peralatan lainnya seperti net serta lapangan. Nah, lapangan badminton bisa dibuat sendiri atau menggunakan karpet dengan harga karpet badminton mulai dari yang rendah hingga tinggi.

Tidak hanya pemain saja, dalam permainan badminton juga diwajibkan adanya wasit yang memimpin pertandingan. Selain wasit, juga ada hakim garis yang membantu wasit untuk menentukan bola masuk atau keluar saat jatuh di wilayah garis batas lapangan.

Sejarah Badminton

Untuk sejarah badminton sendiri diketahui ada tiga versi yang selama ini dijadikan pedoman bagi beberapa pemain, antara lain adalah:

  1. Versi yang pertama badminton dikatakan berasal dari Mesir Kuno yang mulai dimainkan sejak 2000 tahun yang silam.
  2. Versi yang kedua ada yang berpendapat bahwa badminton berasal dari Tiongkok dan India.
  3. Ada juga versi yang ketiga bahwa badminton dikatakan populer di negara Inggris sejak abad pertengahan dengan nama awalnya adalah Battledore/Shuttlecocks. Kepopuleran badminton di Inggris dimuat dalam majalah Punch hingga membuatnya menjadi permainan dunia.

Aturan Bermain Badminton

Dalam bermain badminton sebenarnya tidak hanya memukul dan menangkis shuttlecock saja. Tetapi ada aturan main yang harus ditaati oleh setiap pemainnya, seperti ulasan teknik dasar badminton di bawah ini:

1. Pembagian Partai

Dalam bermain badminton ada pembagian partai yang dibedakan menjadi beberapa partai seperti di bawah ini:

  • Tunggal = Permainan badminton yang hanya dimainkan oleh satu orang melawan satu orang lainnya, baik putra atau putri dalam pertandingan 3 set dan 21 point.
  • Ganda = Bermain badminton yang dimainkan oleh dua orang melawan dua orang lainnya, baik putri atau putra dalam 3 set pertandingan 21 point.
  • Campuran = Permainan badminton yang dimainkan oleh dua pasang putra dan putri melawan dua pasang lainnya dalam 3 set pertandingan 21 point.

2. Teknik Dasar Badminton

Badminton dimainkan tidak hanya asal memukul atau juga menangkis bola saja, namun ada beberapa teknik dasar yang harus dipahami untuk mengalahkan lawan seperti berikut:

  • Grip = Cara memegang raket dengan dua teknik forehand dan backhand. Forehand sendiri adalah cara memegang raket dengan ayunan arah ke Sementara backhand adalah memegang raket dan memukul bola menggunakan ayunan belakang tangan.
  • Pukulan = Dalam badminton pemain harus memukul atau menangkis bola menggunakan teknik forehand atau backhand, untuk menghindari bola jatuh di lapangan sendiri atau keluar dari lapangan lawan saat menangkis serangan.
  • Footwork = Footwork atau gerak kaki merupakan hal yang paling penting dalam bermain badminton. Karena gerakan kaki yang sesuai, akan sangat membantu untuk mendapatkan nilai selama bermain.
  • Posisi badan = Posisi badan selama bermain badminton juga tidak boleh salah, baik saat memberikan bola atau service maupun memukul bola pada lawan yang tidak boleh mati langkah selama bermain.
  • Hitting position = Teknik memposisikan badan yang sesuai selama bermain untuk kualitas pukulan yang baik.
  • Pemberian bola = Servis bola merupakan hal penting yang juga bisa menghasilkan nilai selama bermain dengan teknik pemberian jangan terlalu pendek atau terlalu panjang.
  • Overhead = Gerakan ini bisa dilakukan saat mengambil bola yang jatuh ke arah belakang badan pemain.
  • Smash = Pukulan keras yang mengerucut ke bawah oleh pemain untuk mengalahkan lawan dengan cepat.
  • Dropshot = Merupakan pukulan pendek menggunakan kekuatan serang setengah dari smash yang berguna untuk mengecoh lawan main.
  • Netting = Pukulan yang diberikan pada lawan di sekitar area jaring atau net dengan tujuan sulit dikembalikan oleh lawan.
  • Pengembalian servis = Pukulan cepat yang diberikan pada lawan sehingga membuat lawan panik dan tidak bisa mengembalikan bola dengan benar.

Badminton adalah permainan olahraga yang telah sangat populer di dunia dengan berbagai event pertandingannya yang diikuti oleh pemain dari banyak negara salah satunya event “All England”. Tak harus bertanding secara resmi, Anda bisa bermain badminton kapan saja sebagai olahraga pembakar kalori yang baik.