Ragam Peluang Kerja Jurusan Psikologi

  • 2 min read
  • May 09, 2021
Ragam Peluang Kerja Jurusan Psikologi

Begitu banyak peluang kerja jurusan psikologi yang bisa Anda peroleh setelah menyelesaikan strata 1 perguruan tinggi. Belakangan ini isu mental health menjadi sangat penting di era modern ini. Artinya akan ada banyak psikolog yang mendapat pasien dalam beberapa tahun kedepan dan mungkin tidak akan pernah mati. Tetapi sebenarnya peluang kerja jurusan psikologi tidak sesempit itu.

Memiliki gelar psikologi, artinya Anda dipersiapkan untuk meniti karir di bidang industri yang sangat luas. Psikologi tidak melulu soal praktek konseling seputar kondisi kejiwaan, psikologi juga bukan sekedar bekerja pada divisi rekrutmen dan sumber daya manusia. Anda akan melihat perspektif dunia yang lebih luas dan menyadari betapa beruntungnya Anda mengambil fakultas ini di masa pendidikan Anda.

Berikut beberapa peluang kerja jurusan psikologi yang bisa Anda simak untuk meniti masa depan:

Petugas Kemasyarakatan

Petugas pemasyarakatan bertanggung jawab untuk menjaga populasi narapidana. Tanggung jawab ini termasuk mengawasi aktivitas narapidana, berpartisipasi dalam rehabilitasi, dan memberikan konseling kepada narapidana, yang membuat koreksi bekerja sangat sesuai untuk pemegang gelar psikologi. Permintaan akan petugas pemasyarakatan dengan latar belakang psikologi terkait dengan pertumbuhan total populasi yang dipenjara dan karena minat pada manajemen dan rehabilitasi pelaku yang tepat telah meningkat.10 Selain bekerja secara langsung dengan pelanggar, petugas pemasyarakatan dengan latar belakang psikologi mungkin memiliki kesempatan untuk melakukan rekomendasi yang berkaitan dengan psikologi lingkungan dari fasilitas tempat mereka bekerja.11 Ini termasuk lingkungan fisik serta faktor-faktor seperti interaksi narapidana dan petugas, aktivitas, dan pilihan narapidana. Petugas pemasyarakatan mendapatkan gaji tahunan rata-rata $ 44.400 per tahun, meskipun penurunan pekerjaan diharapkan di bidang ini secara keseluruhan hingga tahun 2026.3

Polisi

Tugas utama petugas polisi adalah menegakkan hukum yang melindungi orang dan properti di yurisdiksi tempat dia bekerja. Lulusan psikologi sebenarnya tergantung pada besar atau kecilnya departemen ketenagakerjaan dan pangkat petugas, tanggung jawab khusus seorang petugas polisi dapat berbeda-beda. Petugas mungkin menghabiskan banyak waktu untuk berpatroli di daerah yang ditugaskan, melakukan penangkapan, dan melakukan penyelidikan jika diperlukan.

Tidak sedikit polisi yang telah menyelesaikan studi strata 1 kemudian mengabdi untuk Negara. Petugas polisi yang berkualifikasi dapat menerima tanggung jawab yang lebih besar serta gaji yang sesuai dengan pengalaman.

Psikiatri

Sebagai bagian dari tim profesional kesehatan mental, psikolog, dan dokter medis, teknisi psikiatri membantu profesional klinis dan pasien dengan berbagai tugas. Teknisi psikiatri biasanya bekerja dengan populasi yang terklasifikasi seperti orang tua, pasien yang dirawat di rumah sakit jiwa, dan individu dengan gangguan pertumbuhan. Tanggung jawab harian untuk teknisi psikiatri termasuk mengamati pasien dan membantu mereka dengan kegiatan sehari-hari, memberikan pembaruan kepada dokter dan penyedia lainnya, dan mendokumentasikan kondisi pasien dalam rekam medis. Teknisi psikiatrik juga mungkin bertanggung jawab untuk mengelola bantuan terapeutik dan pengobatan.

Asisten pekerja sosial

Mengemban tugas sebagai asisten pekerjaan sosial umumnya telah memperoleh gelar dalam ilmu perilaku, seperti gelar psikologi. Banyak asisten pekerjaan sosial bekerja di lingkungan perumahan, terutama di perawatan lansia; dalam keadaan seperti itu, para profesional ini membantu klien dengan melakukan aktivitas sehari-hari sambil menjalin hubungan dengan klien yang tetap profesional sambil menggabungkan fungsi teman dan konselor. Asisten pekerjaan sosial sering disertifikasi oleh agensi nasional dan / atau dilisensikan oleh negara tempat mereka bekerja. Perawatan yang diberikan oleh asisten pekerjaan sosial diawasi oleh pekerja sosial yang memenuhi syarat atau berlisensi sesuai dengan rencana perawatan yang ditetapkan untuk klien.