Tips-tips saat Membuat Konten di Medsos

  • 2 min read
  • Mar 14, 2020
Membuat Konten di Medsos

Maksud dari kata konten itu ialah berupa video, gambar ataupun tulisan – tulisan yang biasanya berisikan informasi, yang kemudian di sebarkan ke beberapa media sosial, kemudian di konsumsi oleh para audiens atau yang sering kita sebut dengan panggilan followers. Segala informasi yang di butuhkan dapat di akses dengan mudah oleh siapapun melalui dengan konten yang di buat seseorang di media sosial.

Kata konten ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena konten ini tidak hanya diperlukan untuk keperluan berdagang ataupun promosi, kini konten di buat banyak orang untuk menarik perhatian pengguna media sosial lainnya, khususnya pada kalangan milenial nih yang berlomba-lomba untuk membuat konten agar terkenal juga menambah followers. Namun, membuat konten yang baik dan sekaligus dapat menarik perhatian para audiens tidaklah semudah itu, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum membuat konten yang menarik. Maka dari itu, artikel ini akan menjelaskan apa saja tips – tips saat membuat konten di media sosial.

Sebelum kalian menyebarkan konten, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu konsep apa yang akan kalian buat. Mulailah untuk memikirkan konsep apa yang akan kalian tampilkan, buatlah semenarik mungkin dan berbeda agar semakin banyak orang yang menyukai konten tersebut, kalian dapat memulai konsep seperti traveling, make up, olah raga, kuliner dan sebagainya, kemas lah konsep berikut dengan baik dan berbeda dari konten lainnya agar mudah menarik perhatian audiens. Apabila konten berantakan percayalah audiens tidak akan meliriknya, untuk itu hindari konten yang tidak menggunakan konsep. Namun jika para followers atau audiens sudah terlanjur berkurang, segeralah perbaiki konsep rubah konten dengan ide yang lebih fresh.

Perhatikan target konten, jangan asal menyebarkan informasi tanpa memikirkan siapa target konten tersebut. kalian harus menyesuaikan target dengan konten yang kalian buat sejak awal agar tidak salah sasaran. Contohnya, jika kalian membuat konsep mengenai make up, kecantikan, kewanitaan, maka target nya sudah jelas yaitu wanita juga bagi yang menyukai dunia make up, remaja sampai dewasa. Selain itu, lakukanlah sesi tanya jawab kepada audiens mengenai konsep apa yang selanjutnya di inginkan oleh para audiens, hal ini dilakukan guna menarik perhatian target agar lebih banyak lagi dan disukai.

Saat menyebarkan konten, gunakan lah media sosial yang lebih banyak digunakan oleh semua kalangan. Sebaiknya kalian hanya fokus pada satu media sosial saja untuk menyebarkan konten, media sosial yang menurut kalian lebih banyak dikunjungi para audiens di kehidupan sehari-hari. Media sosial yang banyak di kunjungi oleh orang banyak yaitu, you tube, instagram, facebook dan twitter. Untuk menguatkan konten yang kalian miliki juga mempertahankan konten tersebut sebaiknya kalian lakukan personal branding, dengan cara lengkapi profil kalian pada media sosial yang digunakan, selalu memiliki etika baik pada siapapun dan jalin komunikasi di live story ataupun dikolom komentar. Hal yang perlu dihindari saat membuat konten ialah meniru karya orang lain, karena hal ini akan menimbulkan beberapa masalah yang harus kalian hadapi seperti, digugat karna melanggar hak cipta, membuat para followers kecewa dan kehilangan para penggemar karna reputasi buruk.

Maka dari itu, teruslah bagikan konten yang berkualitas, dari konsep hingga hal terkecil yang perlu diperhatikan, contohnya perhatikan caption ig jika menggunakan media sosial instagram dan sebagainya. Kemudian buatlah konten yang mengikuti perkembangan zaman, agar tidak terlihat kuno. Jangan lupa untuk gunakan website guna menganalisis reputasi konten yang kalian buat dan yang terakhir rutinkan lah untuk mengukur hasil kerja kalian. Terimakasih semoga bermanfaat!