Tips Investasi Reksadana, Potensi Potensi Keuntungan Finansial Masa Depan

  • 3 min read
  • Aug 12, 2021
Investasi Reksadana

Sudah waktunya untuk Anda memiliki kesadaran investasi untuk masa depan finansial lebih baik. Investasi dapat dilakukan dengan berbagai instrumen investasi sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Namun kurangnya pengetahuan tentang investasi membuat banyak orang enggan bahkan takut untuk mencobanya.

Salah satu jenis investasi yang ditawarkan lembaga keuangan adalah reksadana, yakni kumpulan dana yang dikelola Manajer Investasi. Reksadana dapat dibedakan dalam beberapa jenis, diantaranya reksadana pasar uang. Reksadana jenis ini memungkinkan investor menginvestasikan dana mereka ke dalam instrumen pasar uang seperti surat berharga berjangka kurang dari satu tahun.

Instrumen pasar uang dapat berupa Sertifikat Bank Indonesia atau SBI, Obligasi, Deposito berjangka dan sebagainya. Reksadana dianggap sebagai investasi aman untuk pemula karena mudah serta modal terjangkau. Untuk lebih meyakinkan, berikut tips investasi reksadana.

  • Pelajari Segala Hal Tentang reksadana

Apa pun instrumen investasi yang kamu pilih, penting untuk mengawalinya dengan mempelajari dan memahami instrumen tersebut. Apa itu reksadana, jenis-jenis reksadana, keuntungan reksadana hingga risiko kerugian yang mungkin dialami. Aturan investasi jenis ini jelas tertera dalam Undang- Undang Pasar Modal, jadi Anda tidak perlu khawatir terkait legalitasnya.

  • Miliki Tujuan Investasi

Agar investasi Anda menguntungkan, kamu harus memiliki tujuan dari investasi tersebut serta alasan mengapa memilih reksadana. Dengan memiliki tujuan, kamu jadi memiliki motivasi untuk investasi. Tentukan berapa banyak uang yang ingin ditanamkan serta jangka waktu yang akan ditentukan.Dari tujuan yang Anda miliki, investasimu akan lebih terarah sesuai dengan rencana dan kebutuhan.

  • Ketahui Cara Kerja Reksadana

Penting untuk mengetahui cara kerja reksadana menangani modalmu agar Anda tahu bagaimana modal yang diinvestasikan bekerja. Reksadana merupakan instrumen investasi yang memiliki keunggulan berupa penyertaan modal tidak pada satu perusahaan saja. Hal ini menekan risiko kerugian ketika saham sebuah perusahaan turun sebab Anda masih punya investasi di perusahaan lain.

Reksadana juga termasuk instrumen investasi yang mudah diakses serta memberi return yang cukup besar. Namun demikian investasi ini memiliki cakupan cukup luas, karenanya Anda harus banyak menggali informasi. Mulai dari cara investasi reksadana, bagaimana alur dan cara untuk perkembangan, berbagai kemungkinan dan risiko dan lain sebagainya.

  • Lakukan Simulasi Investasi di Reksadana

Setelah memahami seluk beluk reksadana, cobalah lakukan simulasi investasi reksadana. Cara ini akan membantu untuk memberi gambaran bagaimana keuntungan investasi dapat kamu dapat. Simulasi ini dapat Anda lakukan di lembaga keuangan misalkan perbankan yang ingin Anda gunakan layanannya. Pihak bank akan memberi Anda gambaran simulasi sejumlah uang yang Anda ajukan sebagai modal.

Tentu kamu juga harus jeli dan berhati-hati dalam menentukan lembaga keuangan sebagai tempat menginvestasikan modal. Pilih perbankan yang memiliki legalitas pemerintah dan lembaga penjaminnya serta memiliki kredibilitas di mata nasabah.

Investasi Reksadana UT Saving Plan DBS Treasures.

Disiplin dan konsistensi adalah kunci keberhasilan bagi investor untuk mengoptimalkan investasi reksadana. UT Saving Plan menyediakan berbagai kemudahan investasi secara berkala dalam beragam reksadana pilihan. Beragam kemudahan yang diberikan dapat membantu Anda menekan risiko market timing serta mengeliminasi faktor emosi dalam keputusan investasi.

Anda tidak perlu terlalu khawatir akan kerugian dana investasi, layanan DBS UT Saving Plan yang akan memastikan investasi Anda terlaksana setiap bulan sesuai permintaan. Anda hanya perlu menentukan jumlah dan periode investasi serta tanggal pendebetan sesuai preferensi maka akan berjalan sesuai rencana.

reksadana UT Saving Plan menawarkan berbagai fitur yang memudahkan Anda mengelola dana investasi. Dengan kemudahan ini akan meningkatkan peluang memperoleh keuntungan investasi. Berikut ini fitur dan keuntungan investasi reksadana UT Saving Plan:

  • Investasi secara konsisten

Fitur yang hanya bisa didapat dengan reksadana UT Saving Plan dan memberikan keuntungan untuk Anda. Fitur yang memungkinkan dana Anda di debet langsung setiap bulannya di waktu yang ditentukan. Fitur ini membantu Anda yang sibuk dan sering lupa supaya dapat tetap berinvestasi secara konsisten.

  • Fleksibilitas tinggi

Pendebitan serta jumlah debit dapat diatur sesuai kemampuan finansial dan waktu yang Anda inginkan. Anda dapat menyesuaikan dan menimbang prioritas kebutuhan selain investasi.

  • Pilihan produk komprehensif

Tersedia berbagai pilihan produk yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari reksadana pasar uang hingga saham, dalam mata uang rupiah maupun dolar AS.

  • Dikelola profesional

Tidak perlu khawatir dengan dana yang Anda keluarkan, dengan tenaga profesional dana Anda akan dikelola sebaik mungkin. Manajer investasi akan bekerja maksimal untuk menciptakan keuntungan dan menekan risiko kerugian.

Dengan beragam kemudahan yang ditawarkan, tidak ada alasan lagi bermalas-malasan atau takut menginvestasikan dana. Jangan ragu demi masa depan finansial yang lebih baik.