Mengenal Investasi Reksadana Terproteksi dari Keuntungan hingga Risiko

  • 3 min read
  • Oct 04, 2021
Mengenal Investasi Reksadana Terproteksi dari Keuntungan hingga Risiko

Tidak ada investasi yang bebas dari risiko, hanya saja skala risiko berbeda-beda sesuai dengan instrumen investasinya. Termasuk investasi reksadana terproteksi yang kini lebih banyak dilirik oleh masyarakat. Apakah Anda salah satunya yang tertarik?

Daya tarik utama dari reksadana terproteksi adalah dapat mengembalikan 100 persen pokok investasi yang dimiliki investor. Mendengar hal ini tidak sedikit orang yang tertarik dan langsung menginvestasikan dananya.

Namun supaya tidak kecewa dalam prosesnya, Anda wajib mengetahui apa saja keuntungan reksadana serta risiko yang dimiliki instrumen investasi ini.

Keuntungan dan Risiko Investasi Reksadana Terproteksi

Menabung saja tidak cukup jika Anda ingin lebih mapan di masa depan. Sedangkan jika Anda memilih instrumen investasi berupa saham, harus selalu siap dengan risikonya yang besar walaupun keuntungannya juga tinggi.

Jika Anda ingin investasi yang risikonya rendah bisa juga memilih deposito di bank, sayangnya bunga yang didapatkan saat ini cenderung kecil. Oleh karena itulah reksadana terproteksi menjadi pilihan investasi yang keuntungannya yang berpotensi lebih tinggi namun risikonya  relatif lebih rendah.

Seperti apakah keuntungan investasi reksadana terproteksi? Selain keuntungan kenali juga seperti apa risiko investasinya berikut ini.

  • Perlindungan Nilai Pokok Investasi 100%

Sesuai dengan namanya reksadana terproteksi, nilai pokok investasi yang dimiliki oleh investor akan dilindungi sehingga dapat kembali 100%. Hal ini mungkin dilakukan karena investasi pasif dilakukan, yakni dengan membeli instrumen investasi kemudian memegang sampai jatuh tempo.

Salah satu jenis instrumen investasi yang dipilih adalah obligasi yang termasuk kategori investasi aman. Dilihat dari cara kerjanya tersebut, artinya Anda sebagai investor sebaiknya tidak menjual reksadana terproteksi ini sebelum jatuh tempo jika ingin mendapatkan keuntungan, inilah risiko yang wajib diperhatikan.

  • Imbal Hasil Lebih Tinggi dan Diberikan secara Berkala

Keuntungan lain investasi reksadana adalah investasinya memiliki jangka waktu menengah yaitu dari 1 hingga 5 tahun namun sudah memberikan imbal hasil yang relatif lebih tinggi.

Besarannya mengikuti yield SUN (Surat Utang Negara) dan rata-rata nilainya 7,75% hingga 8,50% tergantung jenisnya. Jumlah tersebut tentu di atas bunga deposito atau tabungan per tahun. 

Ditambah lagi imbal hasil tersebut diberikan secara berkala biasanya 3 atau 6 bulan bahkan setahun sekali.

  • Ketidakmampuan Penerbit Gagal Bayar

Selain harus memegang bukti kepemilikan instrumen investasi sampai jatuh tempo, risiko dari investasi reksadana terproteksi adalah ketika penerbit gagal bayar. Bahkan pada beberapa kasus, keuntungan tidak dibayarkan sama sekali.

Risiko ini bisa terjadi karena beberapa sebab seperti adanya tindakan wanprestasi dari penerbit obligasi. Wanprestasi merupakan kewajiban yang tidak dipenuhi oleh debitur, dalam hal ini adalah perusahaan penerbit.

Dampak dari wanprestasi adalah harga obligasi menjadi turun yang akan menimbulkan kerugian. Anda pun akan kesulitan untuk menjualnya kembali.

Keunggulan Investasi Reksadana Terproteksi di DBS Treasures

Setelah memahami reksadana terproteksi secara detail, kini saatnya untuk memilih mitra finansial manakah yang bisa membantu Anda dalam berinvestasi. Anda dapat memilih DBS Treasures yang merupakan priority banking dengan penempatan dana minimal 500 juta rupiah bisa Anda pilih.

Anda dapat langsung bergabung sebagai Nasabah perbankan prioritas di DBS Treasures dengan cara mudah. DBS Treasures menjadi tempat berinvestasi reksadana terbaik dan terpercaya karena bermitra dengan oleh manajer investasi yang terkemuka.

Untuk memandu Anda berinvestasi, tim ahli finansial DBS Treasures akan melakukan analisa pasar serta peluang terkini. Anda sebagai investor hanya perlu membaca analisa yang dilakukan dan disampaikan secara proaktif ini.

Apalagi mengingat reksadana terproteksi hanya dapat dibeli dalam waktu tertentu sesuai dengan masa penawarannya. Anda yang tidak ingin ketinggalan penawaran terbaik namun tidak memiliki waktu untuk melakukan analisa sendiri bisa mempercayakan pada tim ahli finansial di DBS Treasures.

Semua investor juga akan mendapatkan kupon secara reguler yang merupakan jadwal pembayaran dari keuntungan investasi. Sesuai keuntungan dari reksadana terproteksi yang telah dijelaskan di atas.

Selama memilih DBS Treasures dan mempercayakan dana Anda, ada beberapa fitur keuntungan yang didapatkan sebagai berikut ini.

  • Mendapatkan Masa Investasi

Reksadana terproteksi yang merupakan investasi terbaik jangka menengah memiliki masa investasi yang berbeda-beda. Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures menyediakan beberapa masa investasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

  • Pembagian Imbal Hasil adalah 3 Bulan

Anda akan mendapatkan kupon secara reguler, karena reksadana terproteksi di DBS Treasures memiliki ketentuan untuk memberikan imbal hasil investasi setiap tiga bulan. Sebagai investor dapat menikmati keuntungan dari kupon yang dijadwalkan setiap tiga bulan sesuai tanggal pembayaran.

  • Imbal Hasil Lebih Tinggi

Sesuai dengan keuntungan investasi reksadana terproteksi, Anda akan mendapatkan imbal hasil yang relatif lebih tinggi dibandingkan tabungan atau deposito. Imbal hasil yang didapatkan adalah 6% per tahun yang sama dengan 7,5% gross per tahun.

  • Adanya Periode Penawaran Khusus

Reksadana terproteksi hanya dapat dibeli pada saat penawaran berlangsung, ketika sudah membeli Anda tidak bisa menambah saldo atau top up. Oleh karena itulah tim ahli finansial dari DBS Treasures akan memberikan penawaran khusus selama periode tertentu.

  • Perlindungan Investasi secara Penuh sampai Jatuh Tempo

Tidak ketinggalan, investasi yang berupa nilai pokok akan mendapat perlindungan selama Anda tidak mencairkan dananya hingga jatuh tempo. Perlindungan ini tidak berlaku jika Anda menarik dananya sebelum waktu jatuh tempo.

DBS Treasures menyediakan investasi reksadana terproteksi Batavia Proteksi Maxima 20 (BPMAX20) yang menggunakan mata uang rupiah dengan semua keuntungan di atas. Anda yang ingin melengkapi portofolio investasi tentu tidak boleh melewatkannya.

Terlebih jika Anda mencari investasi yang risikonya sedang tapi menginginkan keuntungan relatif lebih tinggi dibandingkan bunga deposito. Dalam hal berinvestasi, risiko yang dimiliki selalu sebanding dengan keuntungan atau imbal hasil yang didapatkan.

Anda bisa menjadi investor reksadana terproteksi jika menginginkan dana pokok terlindungi ditambah dengan imbal hasil yang dibagikan secara rutin. Karena DBS Treasures dapat mewujudkan keinginan Anda tersebut.