Pengen Tahu Wisata Bidadarinya Gunung Kidul? Ke Desa Jelok Saja

  • 2 min read
  • Jul 25, 2021
Pengen Tahu Wisata Bidadarinya Gunung Kidul Ke Desa Jelok Saja

Dalam berwisata umumnya orang ingin suatu tempat yang berbeda dari tempat lain. Biasanya setiap orang punya pandangan tersendiri dalam memilih tempat wisata. Ada sebagian dari mereka yang ingin tempat wisata yang wow dan mempesona. Tetapi banyak juga dari mereka yang ingin berwisata saja tanpa memandang tempat dan waktunya.

Untuk kamu yang ingin tempat wisata yang wow dan mempesona salah satunya adalah wisata yang ada di desa Jelok. Tempat wisata ini tergolong unik dan juga memiliki keindahan alam yang begitu mempesona. Lantas, apa luar biasanya wisata satu ini dari yang lain hingga mendapatkan julukan bidadari gunung kidul?

Seputar Lokasi Wisata

Wisata satu ini lokasinya sangat strategis untuk di nikmati oleh para wisatawan karena berada di daerah istimewa Yogyakarta. Awalnya, tempat ini begitu disepelekan oleh orang-orang di tempat ini. Sebab, lokasinya berada di sekitar gunung dan juga tempatnya sangat terpencil

Lokasi wisata begitu mulai ada perkembangan ketika ada seorang mahasiswa yang mempelopori berdirinya tempat ini. Berkat bantuan mahasiswa ini akhirnya masyarakat antusias dalam membangun desanya.

Seiring berjalannya waktu, wisata ini kemungkinan berkembang dan puncaknya di tahun 2010. Pada tahun tersebut terlihat sekali perkembangannya dengan adanya pembangunan jembatan gantung di desa Jelok ini. Jembatan ini tergolong begitu panjang yaitu sekitar 82 meter dengan lebar 1 meter

Dengan mudah berdirinya jembatan gantung ini maka masyarakat dari desa atau kota lain mengetahui tempat wisata ini. Dengan bantuan masyarakat, lokasi wisata ini bisa tergolong sangat luas dan membentang dengan luas sekitar 75 hektar. Tentu dengan luas tersebut lokasinya begitu terlihat jelas dan sangat indah untuk dilihat karena ada disekitar pedesaan.

Melihat lokasinya yang luas tersebut kemudian muncullah ide untuk menambah hal-hal lain demi memperindah lokasi ini. Bentuk penambahan ini semakin terlihat dengan adanya fasilitas seperti outbond, bersepeda dan yang lainnya. Tidak hanya itu, bagi kamu yang suka membaca buku di tempat ini juga disedikan yang namanya taman baca. Sehingga, kamu bisa berwisata sekaligus membaca buku untuk menambah wawasan keilmuan.

Karena bentuk dan keindahan alam yang luas dengan berbagai fasilitasnya, wisata ini kemudian dikenal dengan nama Dewi Elok. Penamaan itu dari versi jawa yang berarti bidadari di desa Jelok. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Kidul Yogyakarta maka masyarakat dari kota lain sering menyebutnya dengan bidadarinya gunung kidul.

Fasilitas Berbayar

Pada wisata ini memang wisatawan yang masuk tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Tetapi untuk menikmati hal-hal lain di dalam wisata masyarakat perlu membayar sejumlah uang. Ada beberapa fasilitas yang bisa disebut fasilitas berbayar karena ada beberapa spot yang bisa kamu nikmati.

Salah satu dari fasilitas tersebut adalah paket untuk trip di desa Jelok ini. Untuk trip di tempat wisata ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu trip pendek, sedang dan juga panjang. Untuk trip pendek dengan panjang sekitar 5 KM, kamu harus membayar 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk trip sedang dan panjang dengan luas panjang masing-masing 10 Km dan 15 Km, kamu harus membayar 75 ribu dan 150 ribu.

Itulah salah satu tempat wisata yang bisa kamu nikmati dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Meski berada di pedesaan, tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai kota di indonesia. Untuk mendapatkan artikel tentang wisata lain kamu bisa mengunjungi Avanda Alvin.