Mengenal CV Secara Lengkap

  • 2 min read
  • May 22, 2020
CV

CV adalah kependekan dari curiculum vitae atau bahasa yang lebih kita kenal adalah daftar riwayat hidup yang berisi pengalaman seseorang. CV sangatlah penting dan berguna bagi Anda sebagai pelamar pekerjaan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Karena dari CV lah pihak perusahaan akan memeriksa data-data yang berkaitan dengan nama tempat tanggal lahir serta pengalaman yang kita miliki. Pada pembuatan CV Anda tidak perlu memperhatikan isi CV Anda yang sangat panjang karena pada CV Anda perlu mengisi semua data diri tentang Anda jadi jangan khawatir jika CV sangat panjang.

Apa saja yang Harus ada Pada CV

Penulisan pada CV haruslah Anda perhatikan karena dari CV lah perusahaan bisa menilai bagaimana kepribadian dan tulisan Anda. Memang dalam menulis terkadang kita tergesa-gesa dan segera inginkan selesai, namun untuk CV anda harus sangat memperhatikan beberapa hal berikut:

Data Pribadi

Pada CV tentu kita harus menyertakan data pribadi, apa itu data pribadi ? data pribadi adalah sebuah data yang berisi seperti nama tempat tanggal lahir dan lain-lain, Anda dapat melengkapinya seperti pada KTP Anda.

Pengalaman Kerja

Pada bagian ini Anda dapat memasukkan pengalaman kerja Anda entah itu Anda bekerja tidak sampai 1 tahun. Anda tetap dapat menyertakannya, jika Anda pernah menjalani magang dan pernah menjadi relawan Anda juga dapat memasukkannya dalam cv.

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan adalah hal yang penting  karena di masa sekarang ini pendidikan haruslah kita pentingkan kita dapat menyertakan pendidikan. Misalnya sekolah mulai dari sekolah dasar menengah akhir dan Universitas tempat Anda mengenyam pendidikan, serta gelar yang berhasil Anda dapat.

Perbedaan CV dan Portofolio

Kita sering mengira bahwa portofolio dan CV memiliki fungsi dan isi yang sama, namun hakikatnya  cv dan portofolio adalah 2 hal yang berbeda mulai dari segi tujuan dan segi penulisan pun sangat berbeda.

Untuk melihat perbedaan secara signifikan antara CV dan portofolio Anda dapat mengunjungi artikel berikut: 6 perbedaan antara CV dan portofolio yang harus anda ketahui.