Mengenal Apa Itu Internet of Things Secara Detail

  • 2 min read
  • Dec 17, 2020
Internet of Things

Revolusi industri sudah terjadi beberapa kali. Dimana sekarang ini memasuki revolusi industri 4.0. Bagi orang awam hal ini tentu saja masih menjadi hal yang asing. Akan tetapi sebenarnya istilah revolusi industri 4.0 tidak asing lagi dan merupakan revolusi yang terjadi di seluruh dunia. Revolusi ini seperti namanya adalah revolusi industri yang keempat dan juga mempunyai dampak yang besar bagi kehidupan manusia di dunia. Revolusi industri ini akan mempengaruhi ekosistem dunia dan juga tata cara kehidupan yang dipunyai oleh manusia. Dimana efek dari revolusi ini mempunyai pengaruh yang sangat signifikansi baik dari cara komunikasi hingga juga ekonomi.

Revolusi industri 4.0 juga tidak bisa dilepaskan dari Internet of Things (IoT).

Dimana IoT menjadi topik yang sering dibahas di era revolusi industri 4.0 ini. Konsep IoT juga akan dapat untuk mempengaruhi gaya hidup yang dipunyai hingga juga cara kerja. Sehingga seperti yang telah dibahas sebelumnya, hal ini akan mempunyai dampak yang menyeluruh bagi kehidupan. Konsep IoT juga akan mempengaruhi dampak yang signifikansi yang ditimbulkan. Anda bisa untuk mulai mengenal terlebih dahulu pengertian internet of things disini, sehingga dapat untuk memahami lebih dalam mendalami kompleksitasnya dari berbagai hal yang ada di sekitar IoT.

Bagaimana Internet of Things (IoT) Saat Berkomunikasi.

Internet of Things sendiri menurut RFID atau Radio Frequency Identification adalah istilah yang termasuk ke dalam metode komunikasi. Walapun IoT juga akan mencakup mengenai berbagai teknologi sensor lainnya. Seperti teknologi nirkabel dan juga koed QR atau Quick Response. Akan tetapi untuk istilah IoT sendiri termasuk ke dalam istilah dalam metode komunikasi. Sehingga hal tersebut akan mempengaruhi komunikasi sehari-hari yang dilakukan. Seperti yang telah diketahui bahwa koneksi internet sangat luar biasa di waktu sekarang ini. Internet juga menjadi hal yang akan memudahkan kehidupan manusia. Sehingga dari manfaat tersebut akan membuat sulit untuk memisahkan diri dengan koneksi internet dan manfaatnya.

Hubungan Antara Internet of Things (IoT) dan Smartphone.

Seperti sekarang ini smartphone sudah seperti kebutuhan utama. Dimana fungsi dari smartphone tidak hanya untuk digunakan sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga mempunyai banyak fungsi lainnya. Smartphone yang awalnya mempunyai fungsi untuk menelepon dan juga mengirim pesan, sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. Termasuk digunakan untuk terhubung dengan internet yang akan bisa dimanfaatkan untuk banyak hal selain untuk komunikasi.

Arti dari Pengertian Internet of Things (IoT).

Oleh karena itulah untuk mengenal Internet of Things juga bisa dari analogi sederhana di atas. Dimana Internet of Things merupakan konsep yang cukup sederhana dan mudah dipahami. Internet of Things mempunyai konsep dan arti menghubungkan semua objek fisik yang ada di sekitar. Sehingga berbagai objek fisik tersebut yang biasanya digunakan dan akan membantu untuk kehidupan sehari-hari disambungkan atau dihubungkan dengan internet. Dimana apabila mempunyai sambungan internet, hal tersebut akan mempunyai banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan dari IoT

Dengan bantuan internet, maka ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari kehidupan sehari-hari seperti berkomunikasi juga dapat untuk dimanfaatkan untuk pekerjaan yang dipunyai. Mulai dari pekerjaan di perusahaan dan juga di berbagai sektor yang akan mendukung perekonomian. Internet of Things akan dapat untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis yang dipunyai di berbagai sektor. Mulai dari sektor logistis, transportasi, layanan publik, pertambangan, perbankan dan keuangan, industri, retail, dan juga berbagai sektor bisnis lainnya yang akan mempunyai efektivitas terbaik dengan bantuan IoT.