Memahami Pengertian dan Fungsi Hardisk Pada Laptop

  • 2 min read
  • Jan 21, 2021
Cara Merawat Hardisk Laptop

Pastinya tidak asing terdengar di telinga Anda semua dengan kata hardisk. Hardisk tersebut lebih banyak digunakan dengan term pada laptop, akan tetapi hardisk tidak hanya di laptop saja, kebanyakan semua yang berjenis barang elektronik berbasis smart mempunyai hardisk. Karena hardisk tersebut yang salah satunya berjasa dan menjadikan suatu barang elektronik menjadi smart untuk menyimpan berbagai data yang dimiliki pada laptop atau komputer.  Bagi Anda yang belum memahami dan tidak tahu hardisk itu apa, seperti apa bentuknya, fungsinya dan pertanyaan-pertanyaan lain seputar hardisk! Maka kami akan coba mengulas terkait hal-hal yang dipertanyakan seputar hardisk tersebut. Dengan mengetahui hal itu, kita akan lebih mudah untuk melakukan Cara Merawat Hardisk Laptop yang baik dan benar agar tidak mudah rusak dan terkena virus.

Apa pengertian hardisk?

Seperti pada tema diatas, yang akan kita bahas mula-mula  adalah mengetahui pengertian hardisk. Hardisk merupakan sebuah komponen perangkat keras (hardware) untuk dapat mendukung computer ataupun laptop dalam penyediaan ruang yang digunakan untuk menyimpan data atau output dari berbagai proses data dikomputer atau laptop.

Bagaimana bentuk hardisk tersebut?

Bentuk hardisk pada umumnya kebanyakan dengan berbentuk kotak. Didalamnya pun terdapat semacam piringan yang digunakan sebagai wadah data yang disimpan, dengan data tersebut bersifat permanen dalam menyimpan walaupun Anda mematikan laptop atau kopmputer. Data tersebut bisa saja hilang ketika Anda ingin removenya (menghapus), dan mungkin hardisk tersebut terserang virus yang membuat data Anda menjadi ke remove. Dengan adanya hal seperti itu, maka Anda harus tahu bagaimana Cara Merawat Hardisk Laptop.

Setelah tadi mengetahui pengertian dan bentuk dari hardisk pada laptop ataupun komputer. Maka sekarang dilanjut untuk mengetahui fungsi dari hardisk tersebut.

Apa fungsi hardisk pada laptop atau computer?

Mengetahui fungsi hardisk sangatlah penting! Fungsi hardisk yang terdapat pada laptop maupun komputer adalah sebagai wadah untuk menyimpan berbagai jenis data permanen yang berada didalam sector yang terdapat pada disk yang tersedia baik itu untuk write dan read. Begitu juga dengan RAM, jangan menganggap sama dengan hardisk. RAM ini tidak bisa menyimpan data secara permanen layaknya hardisk. Ibaratkan jika laptop atau komputer yang Anda miliki sekarang tidak mempunyai hardisk, apa jadinya nanti, tidak dapat menyimpan segala data setelah memprosesnya.

 Jadi, hardisk pada laptop atau komputer ini posisi kegunaannya sangatlah penting. Bagi kalian yang mempunyai laptop ataupun komputer, hardisk memiliki beberapa partisi agar Anda dapat mudah menggunakan dan memilah-milah folder. Seperti yang kita ketahui, partisi memiliki fungsi sebagai  ruang pembagi sesuai dengan kapasitas yang ada didalam hardisk pada laptop atau komputer yang Anda miliki. Minimal pembagian partisi hardisk terdapat 2 bagian. Bagian pertama digunakan untuk penyimpanan data opening system dan yang kedua untuk menyimpan data-data lainnya  yang kamu punya.

Pada dasarnya penggunaan hardisk pada sebuah laptop atau computer terletak pada sistem perangkat didalam motherboard. Sebagaimana apa yang telah dijelaskan tadi diatas, dengan beberapa sedikit pembahasan diatas di harapkan Anda akan dapat mengetahui  hardisk dengan baik, bentuk  hardisk, dan fungsi dari hardisk laptop atau komputer itu sendiri. Karena untuk mengenali hadis sangatlah mudah, hardisk sudah dilengkapi oleh piringan dan spindle motor, yang mana semua itu berfungsi sebagai pemutar pelat pada hardiskdengan kecepatan yang sangat tinggi.