Masalah Kamar Mandi yang Paling Umum dan Cara Memperbaikinya

  • 2 min read
  • Mar 12, 2021
Kamar Mandi

Kamar mandi adalah area yang kecil tapi bisa menyebabkan masalah fatal bila rusak. Saluran air yang tersumbat dan keran yang bocor merupakan gangguan kecil yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Tapi masalahnya tidak berakhir di situ. Berikut ini beberapa masalah kamar mandi yang paling sering terjadi dan cara-cara memperbaikinya.

Ventilasi

Sistem ventilasi harus secara efektif mengurangi kelembaban dan kelembaban. Jika kelembapan tetap ada lama setelah Anda mandi, Anda perlu memeriksa ventilasi Anda. Kipas yang rusak harus diganti, dan ventilasi yang tidak dipasang dengan benar harus ditangani oleh seorang profesional. Untungnya, lebih dari 12.000 pemilik rumah mempercayakan jasa renovasi rumah Batam untuk mengatasi hal ini.

Ciri kamar mandi yang memiliki masalah kelembaban adalah residu kelembaban yang menetes atau mengumpul dan menodai dinding di kamar mandi Anda. Ini adalah indikator yang baik bahwa terlalu banyak kelembaban dan terlalu sedikit ventilasi.

Lembab

Apa yang terjadi jika kamar mandi tidak mendapatkan ventilasi yang baik? Jamur dan lumut tidak boleh dianggap enteng karena dapat mempengaruhi saluran pernapasan bagi penghuni rumah dan dapat mengakibatkan penyakit berkelanjutan. Baik Anda berencana merombak atau menemukan tempat yang mencurigakan di dinding Anda, sebaiknya segera perbaiki. Jamur harus dinilai dan dihilangkan oleh seorang profesional untuk meminimalkan risiko. Membiarkan ventilasi dan jamur terlalu lama dapat berarti membayar ribuan dolar untuk biaya penghilangan jamur.

Keran Bocor

Keran bocor adalah salah satu gangguan yang cenderung diabaikan oleh pemilik rumah. Namun, biasanya perbaikannya tidak terlalu rumit. Anda dapat melepas kran Anda setelah mematikan air dan membawanya ke toko kran untuk mencari tahu penyebab kerusakan. Toko kran biasanya bisa memberi saran untuk mengganti kran atau menambahkan suku cadang agar air bisa mengalir dengan sempurna.

Pernahkah Anda berurusan dengan pancuran dan keran yang bocor? Mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan perlengkapan baru. Jasa renovasi rumah Batam siap menangani kebocoran kran atau saluran air yang sering mengganggu kamar mandi.

Pembuangan Lambat

Sebagian besar masalah drainase disebabkan oleh puing-puing dan rambut yang bersarang di pipa ledeng. Saluran pembuangan yang lambat dapat dibongkar dengan menyiramnya dengan air panas atau produk drainase. Atau, Anda mungkin perlu memancing sedikit dengan ular tiriskan. Jika ini tidak menyelesaikan masalah, Anda mungkin perlu membongkar pipa Anda untuk menemukan puing-puing yang menyinggung.

Saluran Air Tersumbat

Apa yang terjadi jika Anda mengabaikan pengurasan lambat? Pipa Anda berhenti dan air tidak akan terkuras sama sekali. Untuk membuat air kembali mengalir, Anda mungkin membutuhkan alat pengisap. Dari sana, Anda dapat menggunakan teknik yang sama dengan yang digunakan pada saluran lambat untuk membuka penyumbatan pipa.

Tekanan Air Lemah

Ketika sampai pada tekanan air yang lemah, penyebabnya mungkin penumpukan kerak. Ini dapat dengan mudah diatasi dengan larutan pembersih kerak atau dengan mengganti pancuran.

Aliran Toilet

Toilet yang bermasalah bisa menjadi masalah yang rumit. Jika Anda tidak pernah melihat ke dalam tangki, Anda mungkin tidak akan pernah menemukan bahwa solusinya sesederhana seperti memindahkan rantai flapper yang macet. Luangkan waktu sebentar untuk memeriksa tangki Anda dan cari tahu apakah rantai Anda macet atau air Anda terlalu tinggi untuk mengapung. Anda mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian sederhana atau mengganti rantai. Tapi jika Anda tidak mengerti cara memperbaikinya, jasa renovasi rumah Batam bisa membantu mengatasinya.

Toilet Tersumbat

Tidak ada waktu yang tepat untuk toilet yang mampet. Biasanya, masalah ini bisa diatasi dengan terjun. Jika tidak berhasil, Anda mungkin perlu menggunakan drain snake atau toilet auger.

Bau Saluran Pembuangan

Bau tak sedap bisa berasal dari berbagai tempat, termasuk penyumbatan, jamur, dan genangan air dari kebocoran. Jika Anda memberi ventilasi pada ruangan, menghilangkan masalah ini dan masih berbau, mungkin gas saluran pembuangan keluar melalui pipa. Ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda gunakan untuk melawan bau, tetapi Anda sebaiknya menghubungi jasa renovasi rumah Batam jika baunya terus berlanjut.