Karena sebagian besar tubuh kita terbuat dari air, penting agar kita memiliki cukup banyak asupan air agar tubuh dapat berfungsi pada tingkat optimal. Tubuh kita memanfaatkan keberadaan air untuk berbagai hal.

Misalnya, air membantu mengatur suhu tubuh kita, membuang racun melalui keringat dan mengatur pergerakan usus. Air juga penting untuk melumasi sendi dan melindungi otak.Selain itu air minum juga memainkan peran penting dalam fungsi kita sehari-hari.

Dengan selalu menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dapat menghilangkan rasa lelah, secara alami meredakan sakit kepala dan meningkatkan warna kulit jadi lebih cerah.

Karena air terus-menerus beredar ke seluruh tubuh kita, air mendukung protein, enzim, dan sel, yang memungkinkannya berfungsi dengan baik. Air juga memastikan bahwa informasi dialihkan dari jaringan ke jaringan. (1)

Dari informasi di atas, terlihat bagaimana air sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh. Sehingga kita sendiri juga harus mengetahui kualitas dari air yang akan dikonsumsi. Untuk itu, berikut adalah beberapa ciri-ciri air bersih yang sehat untuk dikonsumsi oleh tubuh kita.

  • Bersih dari berbagai kandungan berbahaya

Beberapa kandungan berbahaya yang biasanya bisa masuk pada air minum adalah klorin, fluorida, obat-obatan farmasi, logam (merkuri, bromida, timah, arsenik), bahan kimia, bakteri dan masih banyak lagi.

Anda harus memastikan air minum yang hendak dikonsumsi memiliki kualitas terbaik dan terlindung dari kandungan-kandungan berbahaya tersebut.

Karena kebersihan air sangat penting agar semua fungsi tubuh dapat bekerja dengan baik, termasuk integritas kulit dan organ, keseimbangan sistem kekebalan tubuh, pernapasan dan perbaikan sel, serta untuk membuang kotoran dari tubuh.

  • Memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh

Air minum yang sehat harus masih mengandung mineral-mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Beberapa di antaranya adalah kandungan seperti Zn (seng), Fe (zat besi), Cu (tembaga), Mn (mangan), dan Cl (klorida), dalam kadar yang ditentukan. (2)

Air minum yang sehat tidak boleh mengandung logam berat beracun seperti Hg (merkuri atau air raksa), Pb (timbal), As (arsen), Cd (kadmium), dan Cr (kromium).

Di samping itu, air yang layak dikonsumsi harus memiliki pH yang netral, yakni sekitar 7 dan mengandung cukup yodium. (2)

Tingkat pH yang ideal juga merupakan salah satu faktor penting, karena menurut sebagian ahli membantu memperlambat proses penuaan dan melawan berbagai masalah kesehatan seperti mudah merasa lelah, energi rendah, kelebihan berat badan, pencernaan yang buruk, sering sering terasa sakit dan nyeri pada tubuh, atau bahkan gangguan serius lainnya. (3)

  • Tidak memiliki rasa

Bila anda ingin tahu lebih dalam mengenai kualitas air, cobalah merasakannya. Kalau ada rasa pahit, manis, getar, atau yang lain berarti masih kurang sehat.

Air yang memiliki kualitas baik adalah air yang tidak mempunyai rasa karena punya efek menjernihkan. Air yang berasa menandakan kalau mineral di dalamnya terlalu banyak.

Air yang rasanya pahit berarti terlalu basa atau ph-nya tinggi sedangkan rasa asam menandakan kalau ph-nya terlalu rendah. Biasanya air berasa juga punya ciri lain seperti keruh. Tapi ada juga air bersih bening yang punya rasa. (2)

Itulah tadi tiga ciri dari air putih yang aman untuk dikonsumsi oleh Anda. Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya.

AQUA juga memiliki ketiga ciri-ciri yang disebutkan di atas. Jelas saja, air mineral AQUA berasal dari sumber air yang ekosistemnya terlindungi. AQUA sengaja melindungi ekosistem di sekitar sumber air, sehingga kealamian mineralnya terlindungi.

Source:

  1. https://healthyeating.sfgate.com/
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3394465/kenali-ciri-ciri-air-minum-yang-layak-konsumsi
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5318167/