Ini 5 Kelebihan Menggunakan Setrika Uap yang Perlu Kamu Ketahui

  • 2 min read
  • Sep 30, 2021

Disibukan dengan segudang pekerjaan rumah, seperti membersihkan rumah, memasak, mencuci piring, dan pakaian, merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi beberapa Ibu rumah tangga. Namun, pekerjaan rumah yang paling memakan banyak waktu adalah menyetrika pakaian, apalagi kalau anggota keluarganya cukup banyak, kegiatan menyetrika bisa menghabiskan waktu sampai 2 jam.

Tak heran, jika menyetrika kerap menjadi kegiatan yang dihindari bagi banyak orang karena cukup melelahkan, dan menyita banyak waktu. Tapi, jangan khawatir, karena sekarang sudah ada setrika uap yang bisa menjadi solusi bagi para Ibu rumah tangga untuk melicinkan pakaian dengan lebih cepat. Setrika uap ini punya banyak keuntungan dibandingkan setrika listrik biasa. Penasaran apa saja keuntungan menggunakan setrika uap? Cek selengkapnya berikut ini.

  • Menghemat Waktu Menyetrika

 

Sumber: id.pinterest.com

Salah satu kelebihan menggunakan setrika uap yaitu, bisa menghemat waktu dibandingkan saat menggunakan setrika biasa. Ini karena, setrika uap mampu menyebarkan uap air dengan cepat yang membuat kerutan di pakaian menjadi cepat hilang. Uap air ini juga bisa menjadi pengganti spray yang sering dipakai untuk melicinkan pakaian.

  • Setrika Uap Lebih Aman

 

Sumber: id.pinterest.com

Dibandingkan setrika biasa, setrika uap terbilang lebih aman karena tenaga utama yang dipakai adalah uap air, sehingga resiko bahaya arus pendek jauh lebih kecil. Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati saat menggunakan setrika uap. Pasalnya, semua jenis setrika sama-sama menghasilkan suhu panas, hanya saja mediumnya yang berbeda.

Menariknya lagi, setrika uap ini tidak akan membuat pakaian jadi gosong saat meninggalkannya dalam posisi panas di pakaian, jadi kamu gak perlu khawatir lagi jika pakaian menjadi hitam sebagian.

  • Menyetrika Jadi Lebih Praktis

Sumber: id.pinterest.com

 Ada beberapa area tertentu pada pakaian yang sulit dilicinkan, seperti area kancing kemeja. Namun, tenang saja, setrika uap ini dapat membantu menjangkau area tersebut dengan mudah. Hasil setrikaannya pun akan lebih memuaskan dan tidak butuh tenaga lebih.

Selain itu, kalau kamu mengandalkan setrika uap vertikal, kamu gak perlu menggunakan papan setrika lagi, sebab kamu bisa menggantungnya sehingga lebih praktis.

  • Pakaian Panjang Lebih Mudah Disetrika

 

Sumber: id.pinterest.com

Hal yang kerap kali membuat kegiatan menyetrika jadi lebih lama dan sulit dilakukan adalah saat menyetrika bahan atau pakaian yang panjang, misalnya long dress, celana panjang, gorden, kemeja lengan panjang, dan jas. Nah, kalau kamu suka kesulitan dalam menyetrika bahan atau pakaian tersebut, setrika uap vertikal bisa menjadi solusinya.

Untuk menyetrikanya, kamu hanya perlu menggantungkan bahan atau pakaian panjang yang ingin dilicinkan, lalu barulah menyetrika sesuai keinginan. Dijamin, kegiatan menyetrika kamu akan lebih mudah dan gak membuang banyak waktu. 

  • Mengurangi Resiko Bahan Pakaian Rusak

Sumber: id.pinterest.com

Punya pakaian yang sering kusut dan mudah rusak? Ternyata, hal itu bisa disebabkan oleh penggunaan setrika, lho. Meski mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai pelicin pakaian, tetapi pelat besi setrika listrik bisa membuat elemen pada bahan pakaian menjadi rusak.

Lain halnya dengan setrika uap, jenis setrika ini justru bisa bikin pakaian menjadi lebih licin dan lembut tanpa merusak elemen bahan pakaian, sebab mengandalkan uap air, sehingga pakaian kamu dan keluarga di rumah bisa tahan lama.

Demikian pembahasan tentang lima kelebihan menggunakan setrika uap yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. So, masih ragu untuk menggunakan setrika uap di rumah? Baca juga Perbedaan Prenagen 1 dan 2.