Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

  • 3 min read
  • Sep 29, 2021
Shared Hosting

Kelebihan Dan Kekurangan Shared Hosting – Dari namanya saja sudah bisa ditebak guys… shared hosting! Hosting bersama adalah jenis layanan hosting web yang menempatkan beberapa situs web di server fisik yang sama.Layanan yang disediakan oleh server juga digunakan bersama. Namun, pada saat yang sama tidak dapat sepenuhnya mengakses fungsi web hosting terkait.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara kerja Hosting Terbaik ini, seperti kos-kosan dengan banyak kamar atau kamar. Pengguna memiliki kamar sendiri tetapi mereka menggunakan ‘kamar mandi’ bersama. Nama juga dibagikan, Anda tidak dapat memiliki akses penuh ke ini.

Konon, web hosting jenis ini sangat cocok untuk website yang tidak memiliki trafik terlalu tinggi atau jumlah pengunjungnya masih tergolong sedikit. Bisa dibilang itu untuk pemilik yang baru mengoperasikan website. Karena layanan di hosting yang satu ini digunakan secara bersama-sama, maka biaya yang dikeluarkan oleh pengguna juga ditanggung bersama.

Baca juga: cara membuat website dengan mudah

Nah, hal inilah yang biasanya membuat layanan shared hosting lebih murah dibandingkan layanan web hosting lainnya. Jenis hosting ini sangat direkomendasikan untuk pengelola situs web pemula. Dengan harga yang murah dan terjangkau, modal yang dikeluarkan bisa diminimalisir dan ditekan.  Eits, tenang! Di bawah ini admin akan menjelaskan kepada Anda apa saja keuntungan menggunakan shared hosting. Yuk tonton terus sampai habis ya guys!

Keuntungan Menggunakan Layanan Hosting

Hosting ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

Mudah digunakan

Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, menggunakan shared hosting tentunya akan memudahkan Anda juga karena nantinya semua operasional server akan diambil alih oleh penyedia hosting itu sendiri. Jadi bagi anda yang masih pemula dan belum paham pemrograman, anda tetap bisa mengelola website anda sendiri.

Kecuali jika nantinya Anda memiliki banyak pengunjung di situs Anda atau lalu lintas yang dihasilkan tinggi, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengupgrade layanan hosting Anda ke level di atasnya seperti VPS atau dedicated server.

Cocok untuk Blog dan Situs Web Bisnis

Seperti yang Anda baca sebelumnya bahwa layanan shared hosting sangat murah, jadi menurut saya layanan ini sangat cocok untuk Anda yang baru memulai membuat blog atau website yang baru memulai bisnis. Selain itu, layanan ini juga sangat sesuai dengan budget bagi Anda yang bisnisnya masih kecil namun ingin mulai mengelola website bisnis.

Akses ke Panel Kontrol

Saat Anda menggunakan layanan shared hosting, mengelola website atau blog Anda tentu akan lebih mudah karena Anda akan diberikan akses control panel. Dengan panel kontrol ini, Anda dapat memanfaatkan banyak fitur yang disediakan, seperti Instal CMS, unggah file, kelola email, dan banyak lainnya.

Kekurangan Shared Hosting

Nah guys, selain dari segala kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan oleh layanan shared hosting, ternyata ada juga kekurangan yang dimiliki oleh layanan shared hosting. Hmm, tentang apa? Yuk baca kekurangan shared hosting di bawah ini

Kontrol Server Terbatas

Penyedia layanan shared hosting rupanya tidak menyediakan banyak ruang untuk akses ke server, guys. Jadi kendali Anda sebagai pengguna akan sedikit terbatas. Hal ini terjadi karena pada shared hosting, akses penuh sepenuhnya dikendalikan oleh penyedia layanan hosting, sehingga semua pengelolaan diambil alih oleh penyedia server.

Selain itu karena digunakan secara bersama-sama maka ketika ada 1 user yang trafficnya tinggi atau overload, user lain juga bisa terkena dampaknya. Akibatnya, ini dapat menghambat kinerja situs web Anda.

Keamanan Kurang Terjamin

Karena shared hosting menyediakan space yang cukup besar dalam satu server, tentunya hal ini berpotensi menyalahgunakan akses fitur lainnya. Jika hal ini terjadi, maka akan sangat mempengaruhi server, apalagi sangat rentan terhadap keamanan.

Potensi Kecelakaan

Artinya, ada banyak situs web atau aplikasi lain yang berjalan di server yang sama dengan yang Anda gunakan. Hal ini dapat menyebabkan overload sehingga crash. Beban berat paling sering ditemukan pada saat lalu lintas tinggi. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kinerja server yang berpotensi crash.

Penggunaan Terbatas Aplikasi Lain

Jika Anda menggunakan shared hosting, tentu saja Anda tidak dapat menjalankan software atau aplikasi lain secara bersamaan, kecuali hanya aplikasi yang telah ditawarkan oleh penyedia hosting. Hal ini tentu menyulitkan pengguna, terutama yang masih pemula.

Itu saja guys, penjelasan dan kelebihan dan kekurangan shared hosting yang mimin sampaikan secara detail di atas! Semoga penjelasan di atas bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih layanan hosting. Namun sekali lagi, gunakan layanan web hosting sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya juga dengan memperhatikan penyedia layanan web Hosting Terbaik.

Demikian pembahasan ini,semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi kalian semua.