Cara Mengelola Keuangan Bisnis

  • 2 min read
  • Aug 21, 2021
Mengelola Keuangan Bisnis

Mengelola keuangan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin memulai sebuah bisnis atau dalam menjalankannya. Namun sayangnya, banyak diantara pebisnis yang mengalami kerugian karena tidak dapat mengelola keuangan bisnis secara tepat. Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang cara yang efektif untuk mengelola keuangan bisnis.

  1. Menentukan persentase dalam mengelola keuangan bisnis

Pengelolaan bisnis keuangan yang baik sebaiknya dilakukan dengan cara menentukan jumlah persentase modal yang akan dijadikan alokasi dana dalam melakukan operasional bisnis yang dijalankan. Tentukan berapa jumlah target keuntungan yang ingin Anda raih,  berapa jumlah dana untuk keperluan pengembangan bisnis dan juga berapa jumlah dana cadangan kas bisnis.

Dengan menentukan berapa jumlah persentase keuangan yang diperlukan, tentunya ini akan lebih mempermudah  Anda ketika melakukan pengelolaan keuangan yang  sesuai dengan daftar yang sudah direncanakan sejak awal merintis bisnis.

  1. Bernegosiasi terlebih dahulu sebelum menandatangani kontrak

Adakalanya, Anda harus menggali penawaran yang bagus. Ketika melakukan kontrak dengan supplier atau pembelian dari vendor, cobalah untuk melakukan negosiasi dengan pihak supplier sehingga memperoleh kesepakatan yang lebih baik dan menguntungkan.

Pastikan Anda memeriksa syarat pembelian misalnya denda serta masa tenggang ketika membuat keputusan. Dengan melakukan negosiasi maka Anda memiliki peluang untuk memperoleh penawaran yang terbaik. Hal ini akan sangat bagus karena bisa menghemat sekaligus menjaga kestabilan keuangan bisnis.

  1. Melakukan putaran kas

Jangan hanya berpikir tentang keuntungan. Dalam mengelola keuangan bisnis Anda juga harus memikirkan bagaimana untuk mengelola utang piutang dan juga persediaan.

Banyak bisnis yang mengalami kesulitan kas walaupun catatan akuntansi mereka ada di angka yang baik. Pastikan Anda mengelola arus kas perusahaan dengan cara yang benar.

Akan tetapi, apabila bisnis Anda sudah mengalami masalah pada arus kas, Anda dapat melakukan beberapa trik dalam penjelasan ini untuk memperbaikinya.

  1. Membayar tagihan tepat pada waktunya

Sangat penting untuk membayar tagihan bisnis Anda dengan tepat waktu. Persiapkan pengingat untuk memastikan bahwa tidak ada tagihan yang sudah jatuh tempo. Dengan menghindari keterlambatan dalam membayar biaya tagihan ini bisa membantu menjaga keuangan bisnis Anda dengan baik.

  1. Mengurangi risiko hutang

Sebisa mungkin kurangi risiko berhutang ketika menjalankan bisnis. Mengembangkan bisnis dengan dibarengi hutang memang boleh-boleh saja. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dengan pinjaman dana tersebut. Tambahan beban cicilan untuk membayar utang dan kondisi keuangan yang lemah hanya akan memperburuk perjalanan bisnis Anda.

  1. Merencanakan pengembangan bisnis

Dalam menjalankan bisnis, Anda memang berhak untuk menikmati keuntungan dari hasil bisnis Anda, akan tetapi tidak serta merta Anda langsung menghabiskannya. Anda harus tetap menyisihkan sebagian laba untuk keperluan pengembangan bisnis yang dijalankan. Jika bisnis Anda dikembangkan dengan cara yang tepat, tentunya ini akan menjadi bentuk investasi yang akan memberikan banyak keuntungan.

  1. Membuat pembukuan keuangan

Usaha atau bisnis tidak hanya cukup dikelola berdasarkan ingatan manusia saja. Perlu adanya sebuah catatan data lengkap. Contohnya seperti membuat laporan keuangan, laba, rugi ataupun neraca. Anda bisa mencoba membuat catatan transaksi yang dilakukan perusahaan dalam pembukuan sederhana.

Sehingga, Anda dapat mengontrol semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan untuk kemajuan bisnis Anda. Di samping itu, membuat pembukuan juga memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi perkembangan bisnis.

Nah, demikian tadi cara mengelola keuangan bisnis dengan efektif. Semakin Anda memahami sekaligus menerapkan keuangan bisnis dengan baik, maka Anda pun akan semakin siap dalam mengambil keputusan cerdas ketika mengelola keuangan bisnis Anda. Untuk mengetahui beberapa tips pengelolaan bisnis lainnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.dolarhijau.com.