Jadi dokter mungkin cita-cita yang paling sering disebut oleh anak-anak kalau ditanya “sudah besar mau jadi apa?” Tidak mengherankan. Sejak dini kita selalu diingatkan tentang keren dan pentingnya menjadi dokter. Untuk itu kita berlomba-lomba untuk masuk jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) agar bisa menjajal jurusan kedokteran saat kuliah.

Tidak salah memang, profesi dokter selalu dibutuhkan. Selain misi kemanusiaan membantu sesama dalam bidang kesehatan seorang dokter spesialis juga memiliki penghasilan yang menggiurkan.

Betulkah cuma jurusan kedokteran yang menjanjikan kemapanan keuangan?

Bila kita mau mencari tahu lebih dalam akan ditemukan banyak jurusan-jurusan lain yang sama bagus dan pentingnya untuk kehidupan kita. Bahkan beberapa dari mereka sangat dibutuhkan saat ini.

Berikut jurusan lain yang bisa bikin kamu sejahtera selain kedokteran.

Jurusan Teknik Perminyakan

Tidak banyak kampus di Indonesia yang punya jurusan ini. Namun jurusan ini punya kesempatan kerja yang sangat besar. Lebih lagi jurusan teknik perminyakan juga memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan dengan gaji yang sangat bagus. Sebenarnya jurusan ini sangat berkembang saat ini, semakin banyak orang yang mengambil jurusan ini karena menjanjikan karir yang gemilang di masa depan. Institut Teknologi Bandung punya jurusan Teknik Perminyakan terbaik di Indonesia saat ini.

Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan hukum cukup menjanjikan karir gemilang bagi anda di masa depan. Firma-firma hukum ternama biasanya bisa menjanjikan gaji yang sangat besar. Jurusan hukum  juga akan selalu diperlukan masyarakat. Perusahaan-perusahaan non hukum juga membutuhkan tenaga mahasiswa lulusan ilmu hukum untuk membantu mereka menganalisis kontrak atau dokumen terkait hukum.

Selain menjadi pengacara, mahasiswa jurusan hukum juga bisa menggunakan kemampuan hukum perdatanya untuk menjadi seorang notaris. Seorang notaris juga menjanjikan penghasilan yang bagus, apalagi bila anda sudah punya kantor notaris sendiri.

Jurusan Psikologi

Kesehatan mental saat ini telah menjadi kepedulian banyak orang, Maka jasa psikolog juga sangat dibutuhkan bagi masyarakat banyak Jasa psikolog juga saat ini diperlukan di berbagai bidang. dari mulai sekolah sampai Rumah Sakit mereka sangat membutuhkan menggunakan jasa psikolog dan konselor terutama psikolog anak. Selain bisa bekeja di sekolah anda semua bisa bekerja sebagai bagian personalia di perusahaan.

Jurusan Ilmu Bisnis

Di negeri kita saat ini orang-orang mulai punya kesadaran untuk menjadi pengusaha dan membangun bisnisnya sendiri. Dengan masuk ke jurusan bisnis akan membantu kita untuk mengembangkan bisnia yanga akan di bangun. Melalui jurusan ilmu bisnis juga kita akan belajar tentang etika berbisnis dan hukum-hukum yang mendasari lahirnya sebuah perusahaan.

Jurusan Teknologi Informasi

Dunia digital saat ini sangatlah berkembang. Hampir semua perusahaan membutuhkan tenaga dan ilmu yang dimiliki mahasiswa di bidang ini. Bisa dibayangkan dalam beberapa tahun kedepan akan semakin majunya industri ini dan maka akan semakin banyak pula mahasiswa lulusan jurusan teknologi informasi dibutuhkan oleh industri.

Jurusan Teknik Kimia

Berdasarkan namanya jurusan ini mempelajari tentang perubahan senyawa kimia untuk menghasilkan sesuatu yang mentah menjadi produk jadi. Ilmu di jurusan ini juga dibutuhkan untuk industri makanan,obat-obatan,minyak bumi dan kesehatan.

Banyak perusahaan dalam industri akan memberikan gaji yang besar, maka jangan takut bila yang akan mengambil jurusan ini karena kesejahteraan kemungkinan sudah di tangan.

Jurusan Ilmu Asuransi

Siapa yang tidak butuh asuransi saat ini? Semua orang semakin sadar dengan pentingnya asuransi di dalam kehidupan mereka. Itu yang membuat semakin banyak perusahaan asuransi hadir di tengah-tengah kita. Risiko yang semakin besar saat ini memungkinkan perencanaan keuangan seseorang harus melibatkan asuransi. Bahkan sekarang negara membuat asuransinya sendiri agar membantu masyarakat luas untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima. Ini adalah kesempatan-kesempatan yang besar bagi mahasiswa lulusan ilmu asuransi. Ilmu mereka akan semakin dipakai untuk membantu banyak perusahaan.

Itulah tadai jurusan-jurusan selain kedokteran yang bisa anda pilih. Namun sebenarnya apapun jurusan yang anda semua pilih saat  kuliah, pilihan jurusan yang tepat dengan passion juga kemampuan yang anda miliki. Cari tahu lewat psikolog tentang jurusan apa yang sesuai dengan anda. Jangan hanya karena keren atau ikut-ikutan orang lain. Karena masa depan anda ada di tangan sendiri.

Yang tidak kalah penting lagi, persiapkan sejak awal biaya pendidikan untuk bisa melanjutkan kuliah di jurusan-jurusan tersebut dengan memiliki asuransi pendidikan.