Bagian Bawah Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin, Apa Penyebabnya?

  • Bataviase
  • Dec 30, 2021

Tentu akan terasa menjengkel ketika bagian kulkas bagian bawah tidak dingin. Terlebih kejadian ini saat kulkas berisi banyak bahan makanan, tentu Anda merasa cemas dan takut jika bahan makanan tersebut rusak, bukan? Kerusakan seperti ini pun sebenarnya tidak hanya terjadi pada satu jenis atau merek kulkas tertentu. Semua lemari es tipe dua pintu pasti pernah atau bisa saja mengalami kerusakan yang bagian bawah tidak dingin.

Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena terdapat komponen yang bermasalah. Atau, karena ketledoran dari si pengguna kulkas itu sendiri. Kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjabarkan kepada Anda semua apa saja yang dapat menyebabkan bagian bawah kulkas 2 pintu tidak dingin.

Tentu ini kabar baik untuk Anda yang mengalami masalah ini, atau Anda yang penasaran kenapa kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin, padahal yang bagian atas ( freezer ) normal. Untuk diketahui, sebelumnya kami juga sudah pernah menulis artikel tentang penyebab kulkas tidak dingin. Di mana pada artikel tersebut membahas masalah umum yang biasa terjadi pada lemari pendingin.

1. Terjadi Penumbukan Bunga Es di Evaporator

Kulkas bagian bawah kurang dingin biasanya ini disebabkan adanya penumpukan bunga es di evaporator atau bagian freezer. Hal ini disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya :

  • Fuse defrost atau heater rusak. Alat ini memiliki fungsi untuk mencairkan bunga es, jika terjadi penumpukan bunga es di evaporator. Jika alat ini tidak berfungsi, tentu evaporator akan dipenuhi bunga es, yang akhirnya mengakibatkan kulkas tidak dingin di bagian bawah.
  • Saluran pembuangan buntu. Selain sebagai jalur pembuangan air, ini juga berfungsi sebagai sirkulasi udara dari luar. Jika Saluran ini buntu atau mampet biasanya juga mengakibatkan bunga es tidak bisa cair dengan sempurna, sehingga sirkulasi suhu dingin untuk ke bagian bawah kulkas tertutup es.
  • Kipas fan mati. Seperti yang kita ketahui, kipas fan di sini memiliki fungsi untuk menyebarkan suhu dingin ke bagian sudut-sudut kulkas. Jika alat ini mati tentu akan mengakibatkan suhu yang tidak stabil, artinya kulkas akan terlalu dingin pada bagian tertentu saja. Dalam hal ini bagian evaporator, yang akhirnya mengakibatkan penumpukan bunga es yang sangat banyak.

2. Pengaturan Suhu untuk Bagian Bawah Kulkas Tidak Sesuai

Jika misalnya Anda menemukan masalah kulkas 2 pintu yang bagian bawah tidak dingin, coba Anda lihat dulu pengaturan suhu-nya apakah sudah sesuai atau belum.

Jika misalnya belum sesuai, sebaiknya Anda atur ke suhu yang paling rendah, agar bagian bawah kulkas bisa dingin secara merata. Dan jika nanti Anda rasa itu terlalu dingin, baru bisa Anda coba naikan lagi pengaturan suhu-nya.

Pengaturan ini biasanya dalam bentuk knop yang bisa Anda putar, umumnya jika Anda putar ke kanan artinya untuk mendinginkan dan jika diputar sebaliknya maka dingin-nya pun akan berkurang.

3. Sirkulasi Angin untuk ke Bagian Bawah Kulkas Tertutup Spon

Seperti yang kita ketahui, bagian bawah kulkas bisa dingin ini sebenarnya karena adanya sirkulasi suhu dingin dari bagian atas kulkas ( freezer ). Jadi bisa dibilang pusat pendinginan-nya ada di bagian atas.

4. Sering Membuka dan Menutup Kulkas

Untuk dapat dingin secara maksimal, umumnya kulkas perlu bekerja selama 6-9 jam. Itu pun jika kita tidak membuka atau menutup pintu kulkas.

Jika kita sering membuka atau menutup kulkas tentu suhu dingin yang ada di dalam pun akan terbuang keluar, sehingga butuh waktu lebih lama lagi agar kukas bisa dingin.

Dalam hal ini, bijaklah dalam menggunakan lemari es dengan tidak terlalu sering membuka dan menutup pintu lemari pendingin Anda, terutama kulkas yang bagian bawah.