Bagaimana pun gaya interior hunian seseorang, Furniture dari kayu tetapi pilihan yang utama. Akan tetapi, harga papan kayu jati yang melunjak membuat para konsumen mulai beralih ke kayu trembesi.

Kayu jati ini sudah menjadi jenis kaya yang sangat terkenal karena daya tahan yang luar biasa, namun persendian kayu jati sekarang ini sudah tidak sebanding dengan tingginya permintaan dari pembeli. Dan kayu trembesi ini disebut sebagai alternatif kayu pilihan yang tidak kalah berkualitasnya.

Sebelum pindah ke kayu trembesi, seharusnya lebih mengenal lebih dalam tentang jenis kayu trembesi, terutama pada kelebihan dan juga cara perawatannya agar bisa tahan lama.

Apa Itu Kayu Trembesi?

Kayu trembesi merupakan kayu dari pohon yang bernama bergenus Albizia. Kayu jenis ini cukup mudah ditemui di Indonesia, tepatnya di kawasan Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Pohonnya sendiri dapat tumbuh dalam waktu cepat, tidak seperti pohon jati. Dengan ini, pembeli tidak perlu berebut untuk mendapatkan kayu trembesi dalam bentuk papan kayu ataupun balok.

Untungnya lagi, pohon kayu trembesi ini dapat tumbuh hingga ketinggian empat meter. Para pengrajin kayu tentu menyukainya karena akan mempermudah mereka untuk membuat kerajinan kayu yang berukuran besar atau panjang.

Karakteristik Kayu

Dari tampilannya, kayu trembesi mempunyai bagian tengah yang berwarna gelap seperti cokelat tua dengan sedikit garis hitam. Sementara itu, warna putih gading tampak pada pinggir kayu. Perbedaan warna yang kontras ini membuat orang mudah melihat batasnya.

Dapat dilihat dari beratnya, kayu trembesi sudah setara dengan kayu akasia dan kayu jati. Rata-rata beratnya mencapai 0,6 kg per meter kubik, sehingga ia sudah masuk dalam golongan kayu berat.

Dan yang harus kalian ketahui adalah dari tingkat keawetannya, kayu trembesi berada di kelas IV. Dari kekuatannya, ia berada di kelas III. Secara umum, tingkat kepadatannya ada di kelas menengah dan di bawah kayu jati. Dengan ini, kayu trembesi tetap layak dilirik sebagai pengganti kayu jati.

Kelebihan Kayu Trembesi

Kelebihan kayu trembesi ini selain tumbuh dengan sangat cepat, kayu trembesi yang di ambil dari pohon bisa tumbuh dengan ukuran diameter mencapai 1,5 m. Dengan ukuran tersebut, kalian dapat membuat furnitur berukuran besar seperti meja makan tanpa perlu menyambung dua papan kayu terlebih dahulu.

Penggunaan kayu trembesi juga dapat menonjolkan kesan yang tangguh. Tidak ada komponen kayu ini yang mempunyai ketebalan di bawah 3 cm. Rata-rata ketebalan untuk daun meja atau lemari pun sekitar 4 hingga 15 cm. Ketebalan ini tidak akan kalian temukan pada furnitur dari kayu jati.

Kayu trembesi ini tidak hanya dapat menghasilkan akhir yang bagus pada masa tumbuhnya pohon kayu trembesi ini dapat menyerap polusi udara. Dengan demikian pencemaran udara dapat diminimalisir.

Trik Perawatan

Meski ada kekurangan, kalian tetap dapat melakukan usaha agar keawetan kayu trembesi dapat bertahan lama. Salah satunya dengan cara memberikan obat anti rayap dan jamur pada kayu sebelum diolah menjadi furnitur. Setelah sudah di buat menjadi furnitur, rajin-rajin membersihkan dari debu dengan menggunakan kain atau lap.

Itulah informasi tentang Apa Itu Kaya Trembesi? Kelebihan dan Cara Perawatannya dan kalian juga bisa order meja trembesi terbaik dan berkualitas di Divajati.com . Demikian semoga bermanfaat buat semuanya.