9 Manfaat dan Khasiat Mengkonsumsi Asinan Sayur

  • 2 min read
  • May 06, 2021
Asinan Sayur

Asinan sayur adalah salah satu makanan khas tradisional yang memiliki banyak sekali jenis serta citarasa tergantung dari daerah produksinya. Asinan sayur ini disetiap daerah sangat populer dan banyak penggemarnya karena cita rasanya yang bercampur aduk antara manis, pedas, dan asam.

Selain itu, dengan mengonsumsi asinan sayur ini bisa didapatkannya berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Asinan sayur ini memang menjadi hidangan sehat yang kaya akan antioksidan dan antimikroba yang kuat. Namun, antimikroba sendiri berasal dari cuka dan cabai yang dicampur dalam asinan sayur ini.

Jika kamu ingin tahu apa saja manfaat dan khasiat mengkonsumsi asinan sayur. Berikut dibawah ini ulasannya :

  1. Mencegah Resiko Hipertensi

Manfaat mengkonsumsi asinan sayur yang pertama adalah bisa membantu mencegah resiko hipertensi. Jika kamu banyak mengkonsumsi asinan sayur diyakini mampu mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi atau dikenal dengan hipertensi.

  1. Mencegah Kanker

Asinan sayur mengandung senyawa mineral dan vitamin yang bisa membantu tubuh untuk menghentikan sel kanker. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat pada beberapa jenis sayuran bisa benar benar membantu melindungi tubuh dari penyakit serius, salah satunya kanker.

  1. Obat Awet Muda Alami

Kandungan senyawa likopen yang terdapat dalam asinan sayur bisa menjadi obat awet muda yang alami serta aman dikonsumsi. Selain itu, vitamin yang berperan sebagai antioksidan bisa membantu mencegah penuaan dini yang terjadi karena radikal bebas didalam tubuh.

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu penyakit tulang yang memiliki sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, serta mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang bisa menyebabkan kerapuhan tulang. Karena itu, mengkonsumsi asinan sayur ini sangat tepat sekali, karena kandungan yang ada didalam makanan ini memiliki senyawa antioksidan yang mampu membantu mencegah osteoporosis.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat ini terdapat lebih banyak infeksi virus serta bakteri yang bisa mengancam kesehatan tubuh kamu. Karena itu, perlu disiasati dengan mengkonsumsi sayuran. Salah satunya adalah dari asinan sayur ini. Hal tersebut dikarenakan dengan asupan vitamin dan mineral yang cukup, tubuh tentu saja bisa jadi lebih kebal terhadap berbagai serangan dari lingkungan luar.

  1. Mencegah Radikal Bebas

Jika kamu terserang radikal bebas, maka kamu harus segera mengatasinya. Sebab, jika dibiarkan begitu saja bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan dan juga kecantikan. Salah satu cara untuk menangkal radikal bebas ini adalah dengan mengonsumsi asinan sayur yang satu ini.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan kalium biasanya bisa ditemukan pada sayuran berwarna kuning. Kandungan kalium ini bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dan mengeluarkan karbondioksida dari aliran darah. Tidak hanya itu, kalium juga mampu memicu kerja simpul saraf dan otot, untuk menstabilkan cairan tubuh, serta melancarkan penyebaran oksigen ke otak.

  1. Menyehatkan Mata

Pada asinan sayur yang berwarna ungu terdapat kandungan zat antosianin yang memiliki kemampuan untuk membantu menjernihkan penglihatan dimalam hari. Selain itu, kandungan Vitamin A pada beberapa sayuran yang diasinkan seperti wortel sudah sangat terkenal dengan kemampuannya yang bisa menyehatkan mata dan mempertajam penglihatan kamu.

Kolesterol adalah salah satu penyakit yang jahat sehingga membuat kaki terasa sangat sakit. Jika kamu mengalami hal tersebut, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asinan sayur ini, sebab kandungan yang ada di dalam makanan ini telah dipercaya memiliki peranan penting untuk menurunkan kolesterol dalam darah.