Jurusan Teknik Pengelasan Di Indonesia yang Perlu Diketahui

  • 2 min read
  • May 03, 2021
Jurusan teknik pengelasan di Indonesia

Jurusan teknik pengelasan di Indonesia tidaklah sedikit tapi memang jarang yang memiliki minat dalam bidang pengelasan. Karena masih banyak yang berpikiran pengelasan hanyalah pekerjaan yang mudah tanpa barus sekolah. Tahukah Anda profesi yang memilikiĀ  teknik dasar dan yang tidak tentulah berbeda.

Anda bisa memiliki kemaluan mengelas tanpa sekolah tapi Anda belum tentu bisa diterima di perusahaan yang membutuhkan tukang las. Sebenarnya tukang las itu banyak dibutuhkan oleh industri dan perusahaan. Karena setiap bangunan dan sistem produksi haruslah tersambung.

Nah, solusi untuk menyambungkan menggunakan teknik las. Sekarang memang masih sedikit industri yang memperhatikan para pekerja dalam bidang permesinan. Seperti Halnya pada industri mobil dan sepeda elektrik. Semua yang berhubungan dengan permesinan membutuhkan juru las.

Dimanahkah jurusan teknik pengelasan di Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk menimba ilmu? Untuk mengetahui jawabannya Anda bisa membaca pada paragraf selanjutnya.

Mengenal Teknik Pengelasan

Sebelum Anda melangkah lebih jauh lagi tentang pengelasan, sebelumnya apakah Anda sudah mengetahui definisinya? Teknik pengelasan yaitu teknik yang digunakan dalam bidang pengelasan yang mempelajari tentang pengelasan berbagai bahan. Selain itu Anda juga harus mengetahui berbagai macam logam yang bisa dilas.

Jadi sebelum beralih ke teknik pengelasan yang lebih lanjut lagi Anda harus benar-benar memahami bagaimana teknik dasar dari pengelasan. Jika Anda sudah bisa mengetahui dasarnya maka selanjutnya akan memudahkan Anda.

Selanjutnya akan dijelaskan SMK mana saja yang telah membuka jurusan teknik pengelasan. Berikut ini beberapa contoh SMK Jurusan teknik pengelasan di Indonesia

  1. SMKN 1 JAKARTA
  2. SMKS STRADA JAKARTA
  3. SMKS TAMAN SISWA 2
  4. SMKS MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA
  5. SMKN 34 JAKARTA
  6. SMK PGRI 11 JAKARTA
  7. SMKN 55 JAKARTA
  8. SMK PERGURUAN CIKINI JAKARTA
  9. SMKN 4 JAKARTA

Masih banyak lagi sekolah kejuruan yang membuka bidang pengelasan. Anda bisa mencari tahu dari tetangga keluarga maupun sosial media lainnya. Sangatlah mudah menemukan sekolah kejuruan karena adanya internet. Jadi manfaatkanlah teknologi yang sedang berkembang untuk hal yang positif.

Jika Anda mencari studi yang memiliki akreditasinya A dalam bidang pengelasan yaitu Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Perkuliahan tersebut akan membawa Anda magang untuk mengemas produk yang besar dalam skala industri. Jadi Anda bisa mendapatkan kemampuan yang profesional.

Jika Anda sudah lulusan jurusan teknik pengelasan sebaiknya Anda juga harus memiliki sertifikat pengelasan. Kenapa? Agar setela lulus atau belum lulus bisa mencari pekerjaan dengan mudah. Adanya sertifikat itulah yang memutihkan bahwa Anda layak untuk diterima di perusahaan yang bersangkutan.

Untuk mendapatkan sertifikat juga bukanlah suatu hal yang mudah Anda harus mau beberapa tes yang dikeluarkan oleh badan sertifikasi nasional dalam bidang profesi. Terdapat banyak macan tes yang harus Anda kerjakan dengan baik agar sertifikat yang dihasilkan juga bermanfaat.

Jika Anda mencari jurusan teknik kegelapan maka Anda bisa mencari kata kunci yang berhubungan dengan teknik pengelasan. Misalnya saja teknik industri, teknik mesin dan teknik perkapalan. Seperti halnya politeknik perkapalan yang membuka jurusan pengelasan.

Prospek kerja dalam bidang pengelasan atau lulusan pengelasan sebenarnya banyak. Tinggal Anda pandai dalam memilih dan memilah pekerjaan yang akan dilakukan. Pengelasan sangat penting dalam bidang industri jadi sudah pastinya setiap industri memiliki tukang las. Agar bisa masuk di perusahaan yang diidamkan Anda perlu tambahan sertifikat.

Untuk Pendidikan dibidang pengelasan tidak hanya di tempuh melalui jalur sekolah, namun Anda juga dapat belajar tentang pengelasan di tempat pelatihan pengelasan. Salah satu yang kompeten dibidang pengelasan adalah PT Allpro, perusahaan yang bergerak dibidang pengelasan ini mempunyai peralatan dan trainer yang sudah expert serta tersertifikasi Nasional dan Internasional.

Jurusan teknik pengelasan di Indonesia tergolong masuk dalam bidang permainan dan perkapalan. Karena keduanya saling terikat dan tersambung. Jadi tidak langsung terlihat jurusan gelas tapi di dalam teknik perkapalan, industri dan mesin terdapat teknik pengelasan.