7 Manfaat Menggunakan Email Hosting yang Bisa Anda Rasakan

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Email Hosting

Apakah Anda pernah menerima email dengan alamat berbeda, seperti [email protected]? Kalau ya, apakah Anda tahu namanya? Alamat email dengan nama website di belakangnya seperti itu bernama layanan email hosting. Berbeda dengan alamat email biasa yang belakangnya @gmail, di mana email hosting ini memiliki manfaat yang baik untuk membangun bisnis Anda.

Untuk menggunakan email hosting, Anda perlu mengeluarkan biaya layanan untuk membeli domain di toko online. Dimana domain tersebut akan didaftarkan pada layanan email hosting. Meskipun bayar, Anda bisa mendapatkan manfaat yang banyak yang tidak bisa didapatkan dari penggunaan email biasa.

Manfaat Menggunakan Email Hosting

Email hosting merupakan layanan yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan domain email tersendiri yang terpisah dari server web hosting. Oleh sebab itu performa akun email ini terjaga dengan baik. Ada beberapa manfaat email hosting yang bisa Anda rasakan, beberapa di antaranya sebagai berikut:

  1. Kredibilitas Anda Meningkat

Untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda, Anda bisa menggunakan email hosting. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Verisign, sebanyak 65% konsumen setuju bahwa perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi menggunakan email dengan nama domain yang terlihat lebih kredibel. Hal ini yang membuat kebanyakan konsumen tidak percaya perusahaan yang menggunakan alamat email gratis. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memasukkan alamat email gratis ke bagian daftar spam.

  1. Branding Bisnis

Untuk mencapai keberhasilan branding bisnis, Anda bisa mengirim email promosi dengan alamat yang jelas dan memiliki nama perusahaan di belakangnya. Jika Anda menggunakan email gratis, maka ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu penerima tidak menganggap email tersebut ada dan kedua email tersebut dibuka namun tidak dipercaya. Alhasil Anda gagal memperkenalkan bisnis kepada calon pelanggan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menggunakan email hosting dengan membeli domainnya di toko online.

  1. Mendapatkan Fasilitas Backup Email

Dalam bisnis, Anda membutuhkan fitur backup untuk menyimpan email-email penting seperti pertukaran berbagai informasi, penawaran maupun transaksi berbentuk email. Meskipun email gratis memiliki fitur tersebut, namun biasanya terbatas. Namun dengan layanan email hosting, Anda dapat membackup dan restore semua akun email yang banyak.

  1. Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Biasanya layanan Email gratis hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit, Hal ini tentu menjadi masalah bagi Anda yang membangun bisnis, di mana Anda tidak bisa menyimpan email yang keluar masuk ke dalam akun perusahaan. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan layanan Email hosting yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar.

  1. Bebas Iklan

Jika Anda terganggu dengan iklan, maka layanan Email hosting terbaik dapat mengatasinya. Dengan begitu, Anda dan tim tetap bisa produktivitas tanpa terganggu dengan promosi yang tidak penting. Iklan juga menandakan bahwa penyedia layanan Email gratis bisa melihat isi inbox Anda. Pastinya anda tidak ingin Informasi pribadi bocor ke pihak lain. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan email hosting untuk menjaga privasi perusahaan. Selain itu, email hosting juga dilengkapi perlindungan dari phishing, Malware dan spam

  1. Fleksibilitas

Manfaat menggunakan email dan selanjutnya yaitu fleksibilitas dalam pengaturan akun. Meskipun Anda bisa membuat akun email gratis sebanyak mungkin, namun cara tersebut tidak efektif untuk mengelola karyawan karena akun email gratis tidak fleksibel.

Itulah 7 manfaat menggunakan layanan Email hosting yang bisa Anda dapatkan. Dimana semua akun email karyawan bisa dikelola dalam satu tempat, dan penamaannya pun lebih simpel, yakni menggunakan masing-masing staf maupun departemen.