5 Strategi Personalisasi Konten dan Bagaimana Anda Dapat Mulai Menggunakannya Hari Ini

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Strategi Personalisasi Konten

Sebagian besar saat ini perusahaan online telah mempunyai konten sama untuk menarik audience. Hal tersebut banyak terjadi walaupun Anda tahu bahwa tiap audience memiliki selera unik dan juga alasan yang masing-masing untuk membeli produk atau jasa secara online.

Karena itu dibutuhkan strategi khusus untuk menarik banyak pelanggan. Anda dapat terapkan beberapa cara dibawah ini untuk mendongkrak personalisasi konten dan serta meningkatkan penjualan.

  • Tentukan Tujuan Konten Anda

Mengapa Anda ingin membuat content? Apa tujuannya? Apa pula yang membuat Anda tertarik membuat konten? 

Ketahui tujuan yang ingin Anda capai sebelum memulai perencanaan, agar dapat membantu Anda menentukan hal-hal seperti apa yang sesuai untuk dimasukan dalam strategi content Anda.

  • Sapalah Audience Dengan konten Dinamis

Berdasarkan data sebanyak 74 persen konsumen online akan bosan dengan konten yang di baca atau di lihatnya. Di sini Anda dapat memanfaatkan  peluang untuk membuat konten yang dinamis berdasarkan data konsumen tersegmentasi. 

Lewat cara ini, Anda  akan memiliki keleluasaan untuk menyapa konsumen tersegmentasi berdasarkan pada bagaimana karakter mereka mendatangi toko online Anda.

  • Personalisasi Produk atau Jasa yang Anda Gunakan Melalui Kuesioner Sebelum Customer Melakukan Pembelian

Anda dapat melakukan Personalisasi produk atau jasa dengan cara memberikan kuesioner terhadap calon pelanggan sebelum pelanggan melakukan checkout. 

Upaya ini akan membuat Anda lebih memahami apa yang diinginkan  pelanggan, sehingga Anda dapat memberi pengalaman belanja yang berkesan bagi pelanggan Anda..

Setelah Anda mengetahui keinginan customer  misalnya preferensi pribadi, maka Anda bisa menciptakan strategi yang sesuai data tersebut. Disamping itu pula, Anda juga dapat memberikan pengalaman mengesankan, sehingga akan mendorong pelanggan melakukan pembelian.  

  • Berikan Pilihan Produk atau Jasa Dalam Memenuhi Kebutuhan Khusus Pelanggan Anda

Dengan adanya pengalaman personalisasi, yaitu dengan cara memberikan kebutuhan pelanggan, maka mereka juga akan percaya dan untuk melakukan pembelian pun jadi meningkat. 

Mereka akan merasa nyaman saat membeli barang atau jasa yang mereka pilih. Hal tersebut tentu karena apa yang Anda lakukan untuk membina hubungan baik dan profesional secara personal dengan pelanggan, termasuk menyediakan produk yang dibutuhkan. 

Jadi, mereka tidak lagi memiliki keraguan dalam membeli produk-produk yang Anda butuhkan. 

  • Melakukan Riset Konten

Kebanyakan pelaku bisnis memulai personalisasi konten dengan membuat konten blog. Tetapi sebetulnya Anda juga dapat membuat konten lain yang dapat membantu bisnis Anda maju dan berkembang. 

Selain itu bila Anda memposting konten pada blog setiap minggu. Anda bisa membuat ebook yang dapat menggabungkan berbagai konten blog Anda yang memiliki topik yang sama untuk menjadikannya suatu panduan yang lengkap. 

Bila Anda telah menerbitkan banyak konten, sebaiknya Anda melakukan evaluasi dan review terhadap konten-konten yang telah Anda buat. Dan lihat hasilnya, apakah mereka bisa membantu conversion rate Anda? 

Nah, bila Anda masih bingung dengan pembuatan konten untuk mengembangkan bisnis Anda, pilih saja jasa  saungwriter.com,  jasa pembuatan konten berkualitas dan profesional, yang bisa membantu Anda mendongkrak dan meningkatkan bisnis Anda.