5 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Wanita Muslimah

  • 2 min read
  • Mar 24, 2021
5 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Wanita Muslimah

Puasa sunah yang istimewa karena Nabi Muhammad sering melakukannya adalah puasa Senin Kamis. Berniat puasa Senin Kamis saja sudah termasuk ibadah, apalagi jika rutin dikerjakan tentunya akan mendatangkan kebaikan serta pahala.

Nabi Muhammad SAW memilih dua hari itu yaitu Senin dan Kamis untuk beribadah puasa, karena Senin merupakan hari kelahiran beliau. Sedangkan untuk hari Kamis sendiri jawabannya seperti kutipan hadist Syekh Abu Zakariya Al-Anshori dalam karyanya Fathul Wahhab.

Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan dihadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan disaat aku sedang berpuasa.” (HR Turmudzi dan selainnya).

Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang menjalankan puasa sunah Senin Kamis, termasuk bagi wanita muslimah yang selalu displin mengerjakan puasa Senin Kamis. Ada banyak manfaat puasa Senin Kamis bagi wanita muslimah, diantaranya yaitu :

  1. Bukti Cinta Kepada Allah dan Rasul-Nya

Salah satu fadhilah serta keutamaan mengerjakan puasa puasa sunah seperti salah satunya puasa Senin Kamis diyakini sebagai bukti cinta seseorang kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Sehingga tidak heran jika banyak umat muslim, termasuk kaum wanita yang menjalankan puasa, tidak hanya puasa wajib, namun juga puasa sunah.

Orang yang cinta kepada Allah SWT dan juga Rasul-Nya tentu akan melakukan apa saja yang diperintahkan dan menjauhi apa yang menjadi larangan-Nya. Begitu pun dengan puasa. Puasa adalah manifestasi cinta seorang hamba kepada Tuhannya.

  1. Bisa Menurunkan Berat Badan

Puasa bisa menjadi cara aman untuk menurunkan berat badan karena sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa puasa lebih memungkinkan tubuh untuk membakar sel sel lemak secara lebih efektif dibandingkan dengan hanya sekedar diet biasa.

Puasa juga memungkinkan tubuh bisa memanfaatkan lemak sebagai sumber energi utama, bukan gula. Kini, banyak atlet yang melakukan puasa sebagai cara untuk mencapai persentase lemak tubuh yang rendah untuk berkompetisi.

  1. Berkontribusi Pada Pencerahan Diri

Berpuasa sudah membantu banyak orang merasa lebih terhubung dengan kehidupan selama latihan membaca, meditasi, yoga, seni bela diri, dan lainnya. Tanpa makanan dalam sistem pencernaan, ini menciptakan ruang untuk lebih banyak energi didalam tubuh. Pencernaan merupakan salah satu penyerap energi yang paling banyak sistem didalam tubuh.

Berpuasa untuk pencerahan diri memungkinkan seseorang untuk merasa lebih baik, entah secara sadar ataupun fisik. Dengan tubuh yang lebih ringan serta pikiran yang lebih jernih, tentunya menjadikan wanita muslimah lebih sadar serta bersyukur atas hal hal disekitarnya.

  1. Membantu Membersihkan Kulit Dan Mencegah Jerawat

Ternyata puasa juga bisa membantu membersihkan kulit, karena saat tubuh sementara dibebaskan dari pencernaan, puasa bisa memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain. Biasanya jerawat serta kondisi kulit lainnya seperti eksim akan lebih cepat hilang saat seseorang berpuasa.

Selain itu, puasa juga merupakan reaksi biologis alami yang memicu kesembuhan. Saat terluka, hewan di alam liar tidak makan hingga lukanya sembuh. Tanpa adanya makanan untuk dicerna, tubuh juga bisa lebih memfokuskan energinya pada penyembuhan serta pemulihan.

  1. Dapat Memperpanjang Umur

Percaya atau tidak, semakin sedikit orang makan, maka akan semakin lama orang tersebut bisa bertahan hidup. Penelitian sudah menunjukkan bagaimana masa hidup orang dalam budaya tertentu meningkat karena diet yang mereka lakukan.

Namun, tidak perlu tinggal diantara komunitas asing untuk bisa mendapatkan manfaat berpuasa. Salah satu efek utama penuaan merupakan metabolisme yang lebih lambat. Semakin muda tubuh, maka akan semakin cepat dan efisien metabolismenya. Semakin sedikit Anda makan, maka akan semakin juga tol yang dibutuhkan sistem percernaan Anda.