3 Bangunan Makam yang Berada Di Batavia Jaman Dahulu

  • 2 min read
  • Feb 09, 2021
makam kapitan cina batavia

Tempat pemakaman yang berada di Jakarta ini merupakan makam yang ada sudah lama sejak jaman penjajahan. Karena dulunya di Indonesia sebelum jaman kemerdekaan merupakan wilayah jajahan dari Belanda, Jerman, Jepang, dll.

Adanya pasukan dari luar yang datang menjajah Indonesia ini tidak semuanya berhasil mengalahkan pasukan Indonesia. Adanya orang-orang dari bangsa penjajah yang gugur dimakamkan juga di Indonesia karena jenazahnya tidak dibawa pulang ke negeri asalnya.

Seperti disini apabila Anda ingin mengetahui perihal bangunan makam batavia yang terdapat di Indonesia, maka dapat menyimak penjelasan berikut ini.

3 Makam Batavia Di Jakarta

Pemakaman tua tersebar di seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali dari orang-orang yang menjajah Indonesia.

Bangsa yang menjajah Indonesia umumnya menjajah di wilayah pualu Jawa. Maka dari itu, makam-makam kuno peninggalan jaman penjajahan banyak tersebar di daerah jawa.

Walaupun sekarang sudah ada banyak makam mewah dengan nuansa modern seperti di beberapa tempat pemakaman swasta seperti Al Azhar, San Diego Hills, dll namun makam-makam kuno peninggalan penjajahan juga masih ada.

Tidak ada salahnya Anda untuk menyimak penjelasan beberapa makam batavia yang berada di Indonesia.

1. Makam Kapitan Cina Pertama Batavia

makam kapitan cina batavia

Makam batavia pertama yang akan dibahas adalah makam kapitan cina pertama di Batavia.

Tempat makam ini berada di Jakarta Pusat yang lokasinya berdekatan dengan mallĀ  Mangga Dua. Akses menuju makam ini berupa lorong sempit yang kemudian terhubung ke makam Kapitan Cina ini.

Sekarang ini semenjak ada yang mengelola, makam ini menjadi lebih terawat dari sebelumnya. Makam ini memang berada di lokasi pemukiman warga kemudian telah diperluas juga dari ukuran sebelumnya.

Dengan berada di lokasi pemukiman tidak mengurangi peziarah yang datang ke makam ini. Hingga sampai sekarang masih terlihat beberapa peziarah yang datang ke makam ini.

2. Museum Taman Prasasti

musium taman prasasti

Penjelasan tentang makam selanjutnya yang berada di Jakarta adalah Museum Taman Prasasti. Tempat ini berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat yang merupakan makam peninggalan dari tokoh-tokoh VOC saat kejayaan Batavia.

Museum ini biasanya menjadi lokasi untuk melakukan edukasi sejarah kepada anak-anak sekolah. Pengetahuan tentang sejarah kepada anak-anak sekolah memang penting dilakukan saat masih berada di sekolah dasar.

Edukasi sejarah tersebut masuk dalam materi anak-anak sekolah terutama yang berhubungan dengan sejarah dalam pelajaran pengetahuan sosial. Makam ini termasuk dalam pembahasan mengenai beberapa makam batavia yang terdapat di Jakarta.

3. Makam Khouw Kim An

Makam Khouw Kim An

Pembahasan tentang makam batavia selanjutnya yaitu makam Khouw Kim An. Makam ini berada di TPU Petamburan, Jakarta Pusat yang merupakan makam dari pria berdarah Tionghoa.

Pria keturunan Tionghoa itu merupakan mayor terakhir di Batavia yang dimakamkan di TPU Petamburan bersanding dengan makam istrinya. Mayor terakhir ini menjadi keturunan terakhir oleh petinggi-petinggi dari Belanda yang dulunya menjadi pimpinan tentara Belanda yang melawan pasukan Indonesia.