Kota yang menjadi ibu kota Provinsi Sumatra Utara ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan menjadi kota terbesar di luar Pulau Jawa. Medan yang merupakan kota besar tidak memungkiri banyaknya pendatang ke kota ini.

Medan yang menjadi pusat sentral ekonomi, pendidikan juga pariwisata ini memungkinkan untuk jual rumah di Medan banyak diminati. Selain itu persediaan lahan yang semakin menipis di setiap tahun menjadikan jual rumah di Medan terus meningkat.

Terdapat satu daerah yang selalu menjadi favorit pendatang maupun warga setempat, tempat itu terletak di Kecamatan Medan Johor yang di setiap tahun memiliki harga rumah dan tanah yang melambung tinggi. Fenomena tersebut tentu saja membuat pebisnis juga seseorang yang memiliki rumah di Kecamatan Johor banyak mencari peluang dengan menjual rumah.

Nah sebelum kamu mau jual rumah di Medan yang akan mendapatkan keuntungan, ada baiknya kamu memperhatikan tips-tips berikut ini.

  1. Memperhatikan NJOP

Sebelum jual rumah di Medan, Kecamatan Johor ada baiknya kamu memperhatikan NJOP. NJOP atau kepanjangan dari Nilai Jual Objek Pajak merupakan patokan untuk menentukan harga properti dan harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi.

Faktor yang paling berpengaruh terhadap NJOP salah staunya adalah lokasi dan fisik tanah. Lokasi menentukan letak tanah dan lingkungan sekitar. Sedangkan fisik adalah hal yang berkaitan dengan luas, kondisi, lebar depan, belakang dan hal yang melekat pada bidang tanah.

NJOP menjadi penting karena dapat dijadikan sebagai dasar pajak PBB yang biasanya dibayarkan setiap tahunnya ke kantor perpajakan. Bagi kamu yang mau jual rumah di Medan, sangat penting untuk memperhatikan NJOP karena terdapat keterangan mengenai objek bangunan yang dihitung berdasarkan luas per meter persegi dandasar PBB dari objek bangunan itu sendiri.

Jika kamu masih kebingungan dengan apa itu NJOP, bisa melihat detailnya di sini, ya!

  1. Melakukan Renovasi

Melakukan Renovasi

Tips yang kedua sebelum kamu jual rumah di Medan adalah dengan melakukan renovasi. Memperhatikan kondisi rumah secara menyeluruh adalah hal yang harus kamu perhatikan sebelum jual rumah di Medan. Pasalnya kondisi rumah yang kurang menyenangkan seperti cat yang berjamur dan sudah luntur, tedapat bocor atau  halam rumah yang berantakan.

Dengan memperhatikan kondisi rumah yang sekiranya memiliki banyak hal kekurangan yang tidak enak di pandang dan masih bisa dilakukan perbaikan, lebih baik kamu melakukan renovasi. Dengan melakukan renovasi, gambaran tempat tinggalmu akan terlihat lebih nyaman dan bersih. Tentu saja ini membuat pembeli akan menyukai rumah kamu.

Karena telah melakukan perbaikan, kamu pun bisa memperhitungkan biaya yang dikeluarkan dan memberikan harga yang tepat untuk rumahmu.

  1. Menentukan Harga

Menentukan harga memang menjadi satu hal yang cukup gampang-gampang susah sekaligus rumit. Namun dalam menentukan harga rumah pun kamu tidak bisa asal-asalan loh. Dengan menentukan harga berarti kamu harus menghitung kelebihan dan kekurangan rumah secara menyeluruh.

Hal tersebut tentu saja melingkupi lahan, lingkungan, kondisi rumah. Salah satu tips dan trik jitu dalam menentukan harga adalah dengan membandingkan kisaran harga dengan daerah sekitar dan kondisi bangunan. Selain itu kamu harus menetapkan harga penawaran yang sejak awal sudah menggiurkan yang tentunya tidak terlalu tinggi dari target jual.

Nah jual rumah di Medan tepatnya Johor adalah salah satu bagian palong menguntukan untukmu. Pasalnya daerah Johor adalah salah satu dari 21 kecamatan yang memiliki berbagai destinasi wisata sehingga menjadi daerah yang cukup ramai dikunjungi wisatawan.

  1. Melengkapi surat-surat

Tips yang keempat sebelum kamu jual rumah di Medan adalah dengan melengkapi surat-surat. Dengan merenovasi rumah, memberikan tawaran harga yang maksimal, kamu juga bisa melengkapi surat-surat sebelum jual rumah di Medan lho. Dengan menjual rumah, berarti kita akan memberikan semua isi juga dokumen yang kita miliki.

Melengkapi surat-surat tersebut meliputi NJOP, PBB, IMB, AJB dan BTHTB. Tentunya dengan menyiapkan surat-surat jika perlu dipindai sewaktu-waktu oleh calon pembeli, kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Selain itu hal tersebut juga dapat menguntungkanmu karena pembeli tidak akan menaruh keraguan terhadapmu.

  1. Mencari agen properti

Salah satu langkah yang perlu diketahui sebelum jual rumah di Medan adalah dengan mencari dan memilih agen properti yang bisa membantumu untuk menjual rumah. Alangkah baiknya jika kamu menemui agen properti secara langsung untuk berkonsultasi sekaligus mengetahui kondisi rumahmu.

Selain itu kamu juga bisa melihat cara para agen properti untuk menawarkan rumah kepada kliennya juga dengan pandai melakukan negosiasi harga dengan calon pembeli. Tapi kamu juga perlu untuk terus melakukan follow up kepada calon pembeli bersama agen properti.

  1. Iklan Rumah

Iklan Rumah

Selain mencari agen properti ada baiknya jika kamu bisa mengiklankan jual rumah di Medan di berbagai media cetak maupun online. Kamu bisa melakukannya dengan memilih foto untuk bangunan rumahmu dengan engel yang pas juga menampilkan foto terbaik yang mewakili 100% kondisi bangunan dan rumah.

Akan lebih lengkap jika kamu pun ikut menyertakan foto lingkungan rumahmu agar tambah menarik minat pembeli. Selain itu kamu memerlukan pemilihan kata yang baik dan menarik. Kamu bisa menjelaskan kondisi rumah dengan efektif.

Nah itulah beberapa tips dan informasi jual rumah di Medan, Johor. Semoga informasi tersebut bisa membantumu untuk jual rumah di Medan ya. Untuk detail lengkap jual rumah di Medan, kamu pun bisa melihat laman www.99.co/id/.