Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

  • 2 min read
  • Jan 23, 2021
Tips Merawat Rambut

Hijab merupakan salah satu perintah agama dan menjadi kewajiban bagi kaum muslimah. Fungsi hijab tidak hanya menutup aurat (bagi wanita) semata demi menjaga kehormatan saja, tetapi kini telah menjadi tahap dari tren berbusana dengan beberapa macam gaya.

Namun, tantangan memakai hijab khususnya bagi pemula merupakan merasa gerah dan merasa rambut lepek. Maka, perawatan rambut bagi wanita berhijab dengan yg tidak berhijab tentunya ada perbedaan sedikit. Wanita berhijab memperlukan teknik perawatan rambut khusus supaya rambut bersih sekaligus sehat.

Inilah beberapa trik praktis memelihara rambut bagi kalian yg berhijab, menurut Dermatolog dr Lilik Norawati dan pakar kecantikan Sonny Sutandar:

1. Pilih Bahan Hijab yang Adem

Menurut dr Lilik, rambut wanita yg memakai hijab terbukti cenderung mengalami masalah, semacam kerontokan, ketombe, alias gatal-gatal.

Namun, persoalan itu bisa dihindari dengan beberapa cara, yakni memilih bahan hijab yg adem dan sanggup menyerap keringat. Contoh: bahan katun alias jersey.

2. Jangan Pakai Hijab Dikala Rambut Basah

Salah satu kesalahan bagi wanita berhijab merupakan memakai hijab dikala keadaan rambut basah seusai keramas, dengan argumen tergesah-gesah akan beraktivitas alias argumen lainnya.

Ini yg membikin rambut maka apek, terperangkap, maka menyebabkan rambut rapuh dan rontok. Sabarlah untuk menantikan kering, sebelum memakai hijab.

3. Jangan Gunakan Karet Terlalu Kencang

Penggunaan karet rambut terlalu kencang juga bisa menyebabkan rambut patah dan rapuh, maka menyebabkan kerontokan lebih parah. Carilah aksesori rambut yg bisa masih menjaga kerapian rambut yg lebih aman.

4. Ketahui Tipe Rambut

Inilah faktor mendasar yg penting dipahami, tidak hanya bagi yg berhijab tetapi juga yg tidak memakai hijab.

Dengan memahami tipe rambut apakah normal, kering, alias berminyak akan membikin kalian lebih fokus melakukan perawatan sesuai tipe rambut.

5. Pakai Masker Rambut

Perawatan memakai masker rambut dan kondisioner juga penting untuk menjaga keindahan rambut dan membuatnya masih sehat. Sesuaikan dengan tipe rambut anda.

Jangan lupa untuk sesekali melakukan pemijatan di tahap kepala dengan lembut untuk melancarkan aliran darah.

6. Sisir Rambut Dengan Perlahan

Upayakan pula kalian menyisir rambut dengan cara perlahan mulai dari ujung rambut bukan dari pangkal rambut. Salah dalam menyisir bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Sisir yg dipakai juga wajib tumpul dan terbuat dari bahan plastik. Jangan gunakan sisir terbuat dari bahan kayu sebab bisa merusak kutikula rambut.

Bagi yg berhijab pasti akan lebih praktis, sebab kalian hanya menyisir pada dikala akan memakai alias melepas hijab.

 Itulah beberapa bahasan bagaimana cara merawat rambut bagi muslimah yang berhijab, artikel ini dibuat oleh Ibukasti.com.