Selektif Pilih Jasa Kirim Barang

  • 3 min read
  • Jan 23, 2021
Jasa Kirim Barang

Jasa kirim barang berkembang di berbagai Negara, sejalan dengan budaya online shopping. Indonesia adalah salah satu Negara yang belum lelah dengan fase belanja dan berjualan online. Maka dari itu jika Anda pelaku usaha hendaknya cermat memilih jasa kirim barang, dan jika Anda pembeli jangan terkecoh dengan jasa paket abal-abal.

Gejolak jual-beli online yang terjadi di Indonesia menguntungkan pedagang maupun pembeli. Rantai produksi terputus, sehingga memungkinkan orang-orang membeli barang dengan harga murah langsung dari produsen. Jika Anda penjual, mungkin akan dengan mudah terhubung dengan pembeli dari berbagai wilayah tidak terkecuali di luar negri.

Nah barang yang Anda beli adalah sesuatu yang dipertukarkan dari hasil kerja keras. Bagaimana jadinya jika Anda sudah puasa selama berhari-hari demi mendapatkan sepatu impian, tetapi ketika berhasil terbeli barang tidak kunjung datang karena jasa paket yang nakal. Atau jika Anda penjual, apakah Anda rela ganti rugi akibat kerusakan yang ditimbulkan staf jasa kirim barang yang tidak bertanggung jawab? Berikut panduan selektif memilih jasa kirim barang, untuk mengamankan barang belanjaan.

1. Cari tahu testimoni orang yang pernah belanja online antar negara

Jika teman, kerabat, atau keluarga Anda pernah berbelanja online, maka jangan ragu untuk menanyakan jasa paket yang ia gunakan saat membeli. Catat nama merk atau perusahaannya, dan cari tahu sepak terjangnya dalam pelayanan shipping. Ingat, prusahaan shipping memiliki banyak karyawan yang karakteristiknya berbeda-beda. Misalnya jika customer service sangat ramah bukan berarti kurir yang bertugas mengantarkan barang mampu menjaga barang dengan baik. Bahkan kurir di setiap tempat berbeda-beda. Penting bagi Anda untuk mencari tahu di social media atau internet tentang testimoni pelanggan. Carilah penjual online yang sudah kawakan, karena kemungkinan besar mereka sering mengirim barang dan menerima barang dari berbagai daerah.

2. Memiliki Asuransi

Asuransi adalah bentuk pertanggungjawaban perusahaan jasa kirim barang kepada pelanggan. Artinya jika nanti di seuatu tempat barang Anda tidak sampai ke alamat tujuan, Anda bisa mengklaim agar jasa paket menggantinya. Pengirim wajib menyimpan bukti pembayaran agar ketika mengklaim asuransi, staf yang bertugas bisa memproses komplain dari pelanggan.

3. Transparan dan menjamin tracking barang 

Tidak sedikit kurir lapangan yang meminta pembayaran, dengan klaim COD. Ada pula jasa paket yang tidak melapokan dropping barang, sehingga penerima sering cemas dengan barang yang dititipkan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda memilih jasa pengiriman barang yang menyediakan fitur tracking. Paket terlacak dengan baik dan benar, sehingga Anda mudah mendapatkan informasi seputar barang yang terkirim.

4. Pilih jasa kirim barang terbaik

Selain layanan yang telah disebutkan di atas, alangkah baiknya jika jasa pengiriman barang tidak memungut biaya terlalu tinggi seperti halnya kilo.id. Harga yang ditetapkan kilo.id sangat bersahabat bagi pembeli maupun penjual, semakin berat barang yang ingin dikirimkan semakin murah harga yang ditentukan.

Kilo.id adalah jasa perantara paket yang akan membantu Anda mengirimkan barang dari alamat pengirim ke alamat penerima. Kilo.id juga bisa memberikan kelengkapan dokumen seperti surat keterangan jaminan barang legal. Kami bekerja sama dengan jasa paket internasional dan nantinya mereka yang akan mengantarkan paket Anda ke alamat tujuan. Hal ini memudahkan penerima dan pengirim agar tidak mencari jasa paket penyambung ketika barang sudah sampai di Bandara.

Caranya:

  1. Cukup hubungi cust service via aplikasi whats app ke link ini. Kemudian staf yang bertugas akan memperkirakan harga ongkos kirim. Pada tahap ini estimasi harga dapat berubah, karena dimensi barang juga menjadi pertimbangan.
  2. Lakukan pembayaran. Berbagai metode pembayaran bisa Anda pilih sesuai ketentuan yang berlaku. Jika pembayaran berhasil Anda berhak mendapatkan bukti pembayaran.
  3. Staff dari kilo.id akan mengurus dokumen yang diperlukan saat pengiriman barang.
  4. Staff yang bertugas menjemput barang dari alamat pengirim.
  5. Berat dan volume barang akan diukur untuk memastikan harga yang akurat. Pada tahap ini diharapkan pengirim barang menyediakan extra money agar proses pengiriman tidak terhambat.
  6. Jika biaya pengiriman dan dokumen sudah lengkap, paket siap dikirim. Selama pengiriman paket, penerima dan pengirim berhak melacak letak barang selama perjalanan. Hanya dengan mengetik https://kilo.id/site/tracking-shipment kemudian input nomor shipping pada kolom yang tersedia, memilih kurir, dan klik tombol ‘track’. Riwayat pengiriman akan terlihat secara otomatis pada layar.