Tertarik dengan Desain Rumah yang Menyatu dengan Alam? Yuk Ikuti Tips Berikut ini!

  • 2 min read
  • Aug 16, 2021
Desain Rumah yang Menyatu dengan Alam

Dengan berkembangnya dunia desain yang kian hari semakin pesat, tak heran apabila saat ini desain rumah semakin beragam. Bahkan, bukan hanya rumah minimalis modern saja yang menarik perhatian, namun kini rumah menyatu dengan alam juga banyak dilirik pemilik rumah atau jasa desain rumah yang mengharapkan nuansa alam. Tentunya dengan nuansa alam tersebut mampu memberikan kenyamanan bagi para penghuni rumah.

Tips Membuat Rumah Menyatu dengan Alam

Untuk mewujudkan rumah idaman yang menyatu dengan alam memang diperlukan banyak pertimbangan. Bukan hanya mengutamakan segi desainnya saja, namun juga kenyamanan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Untuk anda yang ingin mencoba menghadirkan nuansa rumah yang menyatu dengan alam, berikut beberapa tips dari jasa desain rumah yang bisa anda ikuti :

  • Memakai furniture dari kayu

Kesan alami dan artistik akan nampak dari rumah yang memakai kayu sebagai material furniturnya. Oleh sebab itu, untuk menghadirkan nuansa rumah yang menyatu dengan alam, maka anda dapat mencoba memakai furniture yang terbuat dari bahan kayu.

Tentukan ruangan mana yang ingin anda dekorasi untuk memberikan nuansa alam yang menyatu. Memakai kursi dan meja berbahan kayu akan menjadikan ruangan di rumah anda terkesan menyatu dengan alam, apalagi jika anda memadukannya dengan warna cat dinding berwarna natural.

  • Pemakaian kaca

Untuk menciptakan rumah yang menyatu dengan alam, maka anda dapat memasang dinding ruangan dari kaca. Dengan dinding kaca ini, maka akan memudahkan para penghuni rumah untuk menyaksikan pemandangan alam yang ada di sekitar rumah. Tentunya, ini akan memberikan ketenangan tersendiri sehingga membuat penghuni merasa rileks dan betah berada di rumah.

  • Elemen tumbuhan

Nuansa alami akan hadir dengan semakin kental apabila anda menambahkan vegetasi/ tanaman di beberapa bagian rumah. Anda dapat memilih beberapa jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak asupan sinar matahari agar tanaman tersebut dapat anda letakkan di dalam ruangan rumah maupun di teras yang cukup teduh.

Tanaman yang tidak memerlukan cukup banyak sinar matahari sebagai pertumbuhannya tentunya akan tumbuh subur meski di dalam ruangan, dan ini sangat bermanfaat untuk memberikan kesejukan dan suasana asri di rumah alam anda.

  • Menambahkan lukisan ataupun bunga hias

Supaya hunian rumah anda menjadi lebih menyatu dengan alam, anda dapat menambahkan lukisan dengan tema alam. Jumlah lukisan yang harus anda tambahkan tidak harus banyak, sebab jika terlalu berlebihan justru akan terlihat kurang menarik dan memenuhi dinding anda.

Kesan alami bisa menjadi lebih kuat apabila anda juga menambahkan berbagai bunga hias. Tumbuhan yang ditaruh di dalam ruangan terkadang masih terasa kurang memberikan kesan alami. Maka dari itu, usahakan anda juga menambahkan aneka bunga hias yang menyejukkan mata. Bunga hias ini dapat anda letakkan di beberapa tempat misalnya di meja makan, ruang tamu dan ruang keluarga.

  • Pemakaian material alam dan air

Material bangunan bisa berupa bata ekspos atau dinding batu alamĀ  disertai elemen air yang mampu menimbulkan kesan menyatu dengan alam sekitar.

  • Menata ruang sesuai iklim tropis

Tanah Air kita terletak di jaluk garis katulistiwa, jadi dikatakan beriklim tropis dengan sinar matahari yang optimal. Ada baiknya kita membangun rumah yang mampu mengakomodir sirkulasi udara dan pencahayaan yang alami.

Nah, itulah beberapa tips membuat rumah menyatu dengan alam bagi anda yang suka dengan nuansa alami. Dengan rumah bernuansa alam tentunya kita akan semakin betah di rumah karena rumah sangat sejuk dan menentramkan. Bagi anda yang mendambakan desain rumah bernuansa alam bisa segera menghubungi jasa desain rumah terpercaya sekarang juga!