Tanya Dokter Wajah Seputar Cara Mengatasi Kulit Bruntusan

  • 2 min read
  • Feb 18, 2020
Dokter Wajah

Perubahan cuaca yang terlalu ekstrim seperti sekarang ini, seperti diantaranya adalah pada siang hari panas, namun ketika malam hari suhu akan langsung turun drastis sangat dingin memang rentan menyebabkan masalah pada kulit wajah, seperti diantaranya adalah bruntusan. Bruntusan sendiri sebenarnya adalah kondisi dimana permukaan kulit menjadi kasar dan tidak rata, sehingga sangat mengganggu penampilan pastinya. Bahkan terkadang juga gatal yang disertai dengan bintik-bintik kecil yang menonjol di permukaan kulit. Tanya dokter wajah bagaimana cara mengatasinya.

Jika seandainya bruntusan ini hanya muncul satu atau dua saja di wajah tentunya hal yang sangat normal terjadi dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika seandainya bruntusan ini tumbuh di berbagai tempat atau sebagian besar wajah tentunya bisa menghilangkan rasa percaya diri bukan, apalagi bagi yang senang menggunakan makeup pastinya hal tersebut sangat menganggu, membuat makeup Anda menjadi kurang sempurna. Untuk ini harus segera diatasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bruntusan pada kulit wajah ini sebenarnya, berikut ini diantaranya:

  1. Rutinlah dalam membersihkan wajah Anda, kondisi kulit yang kotor pastinya akan memicu berbagai macam bakteri untuk hinggap disana dan menjadi penyebab bruntusan. Untuk itu salah satu solusi mengatasinya memang dengan rutin mencuci muka atau membersihkan wajah dari kotoran maupun debu. Pastikan juga memilih produk pembersih muka yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Sehingga tidak akan memicu terjadinya masalah yang lainnya.
  2. Selalu membersihkan peralatan makeup Anda, sedangkan bagi wanita yang senang mengenakan makeup, mulai sekarang harus diberikan peralatan makeup yang setiap hari Anda pakai, karena jika seandainya alat makeup tersebut kotor sudah pasti juga akan menjadi tempat bersarangnya bakteri maupun jamur, sehingga menjadi penyebab bruntusan, lebih parah lagi juga beresiko menyebabkan munculnya jerawat di kulit wajah Anda.
  3. Gunakan pelembab wajah, guna mempercepat menghilangkan bruntusan tersebut, maka nantinya Anda juga bisa mengenakan produk pelembab yang sesuai kebutuhan, fungsinya tak hanya untuk melembabkan saja, melainkan juga mengatasi masalah kulit yang tengah Anda alami. Tentunya akan jauh lebih baik jika seandainya Anda menggunakan rangkaian produk perawatan secara lengkap.
  4. Lakukan eksfoliasi pada kulit Anda, kegiatan eksfoliasi kulit wajah ini lakukan maksimal 2 kali dalam seminggu, manfaatnya banyak tak hanya untuk bruntusan saja, melainkan juga untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah sehingga membuatnya jadi lebih cerah dan bersih. Namun pastikan untuk menggunakan produk eksfoliasi yang scrubnya lembut, sehingga tidak akan memicu terjadinya iritasi. Hati-hati bagi Anda yang memiliki kondisi kulit sensitif, karena terkadang bisa memperparah kondisi tersebut.
  5. Menggunakan sunscreen, bagi Anda yang banyak melakukan kegiatan di luar ruangan, maka jangan pernah lupa untuk memakai sunscreen, karena nyatanya jenis produk perawatan wajah yang satu ini manfaatnya sangat banyak. Diantaranya adalah untuk melindungi dari paparan sinar UV yang mungkin saja akan memperparah kondisi bruntusan ataupun merusak kulit wajah Anda.

Coba terapkan sendiri 5 langkah di atas untuk mengatasi bruntusan di kulit wajah secara alami, Anda juga bisa tanya dokter wajah terkait dengan masalah kulit lainnya yang dialami, sekarang konsultasi bisa dilakukan secara jauh lebih mudah online. Nantinya Anda bisa download aplikasi Halodoc untuk menunjang hal tersebut, konsultasi dengan banyak dokter ahli disini.