Mengintip Program Studi Serta Hal Teknis Kuliah di UPI

  • 2 min read
  • Aug 01, 2021
UPI

Siapa sih yang tidak ingin kuliah di Universitas Negeri yang merupakan favorit lulusan SLTA? Maka tidak heran, mereka kerap giat belajar guna bisa menjadi bagian dari kampus yang sudah diidamkan cukup lama. Meski demikian, tidak ada salahnya juga untuk mengetahui terlebih dahulu universitas negeri khususnya yang ada di Bandung. Mengapa? Kita tahu, bahwa kota ini menawarkan banyak hal menarik khususnya di bidang pendidikan. Salah satunya adalah Universitas Negeri yang menghasilkan banyak lulusan terbaik dengan kualitas yang sangat mumpuni.

Di era internet sekarang ini cukup mudah mendapatkan informasi apa saja tanpa harus repot. Begitu juga halnya bagi Anda yang mencari data atau informasi mengenai kampus negeri yang ada di Bandung. Salah satunya adalah Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI yang berlokasi di Jalan Setiabudhi No.229 Bandung. Sama halnya dengan kampus negeri lainnya, maka jalur masuk yang digunakan pun cukup beragam. Salah satunya adalah SNMPTN dimana lulusan SLTA tidak harus mengikuti beberapa test namun cukup menggunakan nilai akademis selama masa sekolah.

Ada banyak program studi yang ditawarkan seperti jurusan Pedagogik Prodi PGSD. Mungkin, bagi kebanyakan orang jurusan ini masih asing di telinga. Padahal, mata kuliah yang ditawarkan ternyata sangatlah dibutuhkan yaitu bagaimana mendidik anak dengan benar. Ada dua program studi di jurusan Pedagogik, yaitu PGSD dan PGPAU. PGSD ini sendiri adalah singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar sementara itu, PGPAUD berkaitan dengan PAUD atau guru TK.

Kampus negeri ini sendiri diminati oleh lulusan SLTA yang tidak hanya dari Bandung dan sekitarnya saja. Akan tetapi, mereka yang dari luar kota pun turut ambil bagian. Nah, berikut ini beberapa tips sederhana bagi mereka yang memang ingin kuliah di UPI.

Mencari tahu lingkungan baru

Salah satu tips adalah mencari informasi sebanyak mungkin lewat mesin pencari atau mereka yang pernah tinggal disana mengenai lingkungan yang ada di sekitar UPI. Misalnya saja soal tempat tinggal atau kost mulai dari tipe hingga budget yang ditawarkan. Termasuk, sumber fasilitas lainnya dimana hal ini memang sebaiknya dilakukan sejak dini agar Anda tidak kelabakan nantinya.

Mempersiapkan segala sesuatu dengan teliti

Bagi mereka yang sudah diterima biasanya diharuskan untuk melakukan serangkaian administrasi. Untuk itu, pastikan Anda sudah mengetahui syarat dan ketentuan serta menyiapkannya dengan lengkap. Tujuannya jelas, agar Anda tidak bolak balik yang memakan waktu dan biaya pastinya. UPI sendiri menawarkan pengisian dokumen dengan cara online. Mulai dari pendaftaran, pengumuman hingga pembayaran.

Menyiapkan budget yang diperlukan

Untuk yang satu ini haruslah diperhitungkan dengan tepat seperti biaya kost, makan dan kebutuhan lainnya. Oh ya, ada banyak jenis kost yang ada dekat UPI dengan variasi harga dan tipe. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan dana pastinya.

Pemilihan kost ini sendiri bisa kok disesuaikan dengan lokasi dimana Anda kuliah nantinya. Misalnya saja Anda mengambil jurusan Teknik, Tabus, dan Pokoknya FPTK. Maka Geger Kalong Girang adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Ada banyak fasilitas transportasi serta dekat dengan jalan utama. Sementara itu, pilihan lainnya adalah Geger Kalong Tengah dimana pada umumnya mahasiswa yang mengambil jurusan tata boga, pariwisata, MRL adalah peminatnya.

Demikianlah sekilas tentang Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI termasuk biaya atau hal apa saja yang harus dipersiapkan. Namun, untuk informasi lebih lanjutnya bisa mengunjungi situs Babandungan.