Mengenal Konsep Dasar Mengenai TCP/IP

  • 2 min read
  • Jan 22, 2021
Mengenal Konsep Dasar Mengenai TCP IP

Dalam era digital saat ini, sudah banyak teknologi-teknologi baru bermunculan salah satunya seperti Sinyal 5G Super Cepat yang akan tersebar diindonesia. Didalam sebuah jaringan internet yang perlu kalian ketahui adalah adanya protocol (peraturan).

Dalam ilmu komputer, hal yang paling mendasar untuk mengajar sebaliknya daripada perangkat keras dan PC perangkat lunak menyangkut jaringan. Jaringan berarti seperti koneksi yang terjadi antara komputer dan yang lainnya.

Jaringan yang dapat dibuat antara komputer ada banyak. Salah satunya adalah TCP/IP. Jaringan ini mungkin merupakan jaringan komputer yang banyak digunakan di dunia karena memiliki berbagai keunggulan.

Memahami TCP/IP

TCP / IP adalah seperangkat protokol yang dirancang untuk melakukan fungsi komunikasi data pada Extended Network (WAN). TCP / IP mencakup satu set protokol yang bertanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dari komunikasi data.

TCP / IP memiliki perpanjangan dari protokol kontrol transmisi / protokol Internet. Definisi TCP / IP tidak dapat dipisahkan dari fakta bahwa ada dua jenis protokol yang digunakan pada jaringan ini, yaitu protokol TCP dan protokol IP.

Beberapa Layanan TCP/IP

  1. Pengiriman file (transfer file). File Transfer Protocol (FTP) memungkinkan pengguna untuk mengirim atau menerima file dari komputer jaringan.
  2. Koneksi jarak jauh. Protokol Terminal Jaringan (Telnet). Memungkinkan pengguna untuk terhubung ke komputer di jaringan.
  3. Mail. Digunakan untuk mengimplementasikan sistem olahpesan. Protokol yang digunakan:
  • SMTP (Simple Mail Transport Protocol) untuk mengirim email
  • Protokol kantor pos dan IMAP (kontrol akses pesan internet) untuk menerima email
  • MIME (ekstensi surat internet serbaguna) untuk mengirim data selain teks
  1. Sistem File Jaringan (NFS). Layanan akses file jarak memungkinkan klien untuk mengakses file di komputer jaringan jarak jauh, bahkan jika file disimpan secara lokal.
  2. Eksekusi jarak jauh. Mengizinkan pengguna menjalankan program dari komputer lain.
  3. Nama server. Nama basis data alamat yang digunakan di Internet.
  4. IRC (Internet Relay Cat). Berikan layanan diskusi
  5. Streaming (layanan audio dan video). Jenis layanan yang langsung berurusan dengan data yang diterima tanpa menunggu data pemrosesan dikirim.

Cara bekerja protokol TCP/IP

TCP terhubung ke koneksi, yang berarti bahwa kedua komputer yang berpartisipasi dalam pertukaran data harus memiliki hubungan terlebih dahulu sebelum pertukaran data berlangsung (dalam hal ini, email). TCP bertanggung jawab untuk meyakinkan bahwa e-mail akan berada di tujuan, memeriksa kesalahan dan mengirim kesalahan pada lapisan atas hanya jika TCP tidak berhasil menghubungkan. Jika isi email terlalu besar untuk datagram, TCP akan membagikannya dalam beberapa datagram.

IP bertanggung jawab setelah hubungan hubungan. Pekerjaannya adalah untuk merutekan paket data jaringan. Kekayaan intelektual hanya dalam pelayanan untuk menjadi surat TCP dan mencari cara terbaik dalam pengiriman datagram. IP “tidak bertanggung jawab” jika data tidak sepenuhnya utuh, tetapi IP akan mengirim pesan kesalahan melalui protokol ICMP (protokol pesan kontrol Internet), dan kembali ke sumber data.

Karena IP hanya mengirim data tanpa mengetahui urutan data mana yang kemudian akan diselenggarakan, menyebabkan modifikasi IP yang mudah dimodifikasi di area sumber dan tujuan datagram.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi para pembacanya. Baca Juga: Cara Mengembalikan File Video Dan Foto Yang Terhapus Di Galeri Hp Android.