Menanggulangi Jika Kode Meteran Listrik Menunjukkan Daya Tinggi

  • 3 min read
  • Mar 03, 2021
Kode Meteran Listrik

Kode meteran listrik menunjukkan daya pemakaian tertinggi. Tanda bahwa Anda harus cermat menggunakan barang elektronik atau kebutuhan listrik lainnya. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh sebelum terjadi konslet atau kerusakan lebih lanjut, Anda hanya perlu cermat dan teliti menerapkannya.

Pemadam kebakaran mencatat bahwa kabel yang rusak atau rusak dan peralatan listrik terkait menyebabkan 69 persen kebakaran listrik, diikuti oleh lampu, perlengkapan lampu, kabel, steker, transformator, dan catu daya lainnya. Saat mencari potensi bahaya kebakaran di rumah Anda, selalu pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional.

Sebenarnya kebakaran akibat listrik dapat dicegah dengan mengikuti beberapa tips keamanan sederhana. Di bawah ini adalah 5 tindakan pencegahan keamanan listrik rumah tangga yang harus diketahui dan diikuti setiap pemilik rumah. Selalu ingat untuk bertanya kepada profesional jika Anda tidak yakin tentang keamanan stopkontak atau peralatan listrik.

  1. Periksa apakah Anda menggunakan watt yang pada semua perlengkapan dan peralatan elektronik

Menggunakan bohlam yang tepat bisa mencegah masalah listrik, jadi periksa semua lampu, perlengkapan, dan peralatan untuk memastikan Anda menggunakan watt yang benar. Jika fiting lampu tidak mencantumkan watt, gunakan bohlam 60 watt atau kurang. Untuk perlengkapan plafon tanpa tanda, pilih bohlam 25 watt.

  1. Hati-hati dengan alat yang memiliki daya besar

Kelistrikan yang berlebihan adalah penyebab umum masalah baru. Periksa semua outlet untuk memastikan bahwa barang elektronik Anda baik-baik saja. Misalnya tetap dingin saat disentuh, memiliki pelindung, dan berfungsi dengan baik. Menurut PLN, Anda dapat mengikuti tip keamanan outlet listrik ini:

  • Jangan gunakan kabel ekstensi atau konverter multi-outlet untuk peralatan rumah tangga. Hanya sambungkan satu alat penghasil panas ke stopkontak pada satu waktu.
  • Kelistrikan yang panas harus diperiksa oleh teknisi listrik yang berkualifikasi.
  • Ingatlah bahwa soket ekstensi hanya menambah stopkontak — tidak mengubah jumlah daya yang diterima stopkontak.
  • Steker pintar dapat digunakan untuk memantau beban daya stopkontak dan bahkan mematikan peralatan jika stopkontak mulai terlalu panas.
  1. Ganti atau perbaiki kabel listrik yang rusak agar rumah Anda tetap aman.

Kabel daya yang rusak merupakan biang masalah dari rumah yang terbakar, dan dapat menyebabkan sengatan listrik bagi penghuninya. Semua kabel daya dan kabel ekstensi harus diperiksa secara teratur apakah ada tanda-tanda kabel yang nyaris putus? Kemudian harus diperbaiki atau diganti sesuai kebutuhan. Kabel daya tidak boleh dijepit di tempatnya atau berada di bawah permadani dan furnitur. Kabel di bawah permadani dapat menyebabkan bahaya tersandung dan dapat menjadi terlalu panas, sementara furnitur dapat menghancurkan isolasi kabel dan merusak kabel.

Penggunaan kabel ekstensi secara teratur dapat berarti bahwa Anda tidak memiliki cukup saluran keluar untuk memenuhi kebutuhan Anda. Minta teknisi listrik berkualifikasi yang memahami aturan keselamatan listrik memasang outlet tambahan di ruangan tempat Anda sering menggunakan kabel ekstensi. Saat membeli kabel daya, pertimbangkan beban listrik yang dibawa. Kabel dengan beban 16 AWG dapat menangani hingga 1.375 watt. Untuk beban yang lebih berat, gunakan kabel 14 atau 12 AWG.

  1. Jaga kabel bekas dan kabel yang tidak terpakai tetap rapi dan aman untuk mencegah kerusakan.

Aturan keamanan kelistrikan tidak hanya berlaku untuk kabel daya saat sedang digunakan — kabel juga harus disimpan dengan aman untuk mencegah kerusakan. Jauhkan kabel yang disimpan jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan (yang mungkin mengunyah atau bermain dengan kabel). Cobalah untuk menghindari kabel melingkar erat di sekitar benda; karena dapat meregangkan kabel atau menyebabkan panas berlebih. Jangan pernah meletakkan kabel di atas permukaan yang panas untuk mencegah kerusakan pada isolasi dan kabel kabel.

  1. Cabut semua peralatan yang tidak digunakan untuk mengurangi risiko.

Salah satu tip keselamatan kelistrikan yang paling sederhana adalah mencabut arus listrik barang elektronik yang tidak digunakan. Hal ini tidak hanya menghemat daya dengan mengurangi jumlah energi yang dikonsumsi perangkat bahkan saat tidak digunakan secara aktif, namun juga mencabut peralatan yang tidak digunakan juga melindunginya dari panas berlebih atau lonjakan daya.

  1. Jauhkan alat elektronik dan stop kontak dari air untuk mencegah konslet

Air dan listrik tidak bercampur dengan baik. Untuk mengikuti aturan keselamatan listrik, jaga agar peralatan listrik tetap kering dan jauh dari air mencegah kerusakan peralatan dan dapat melindungi dari cedera diri dan sengatan listrik. Saat bekerja dengan peralatan listrik, penting untuk memiliki tangan yang kering. Menjauhkan peralatan listrik dari pot tanaman, akuarium, bak cuci, pancuran, dan bak mandi menurunkan risiko air dan listrik bersentuhan. Itulah informasi seputar Kode Meteran Listrik semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.