Mau Memulai Bisnis Dropship? Begini Tips Ampuhnya

  • 2 min read
  • Sep 03, 2021
Bisnis dropship

Bisnis dropship mulai begitu populer di kalangan anak muda atau pengusaha muda di era sekarang. Mereka berlomba-lomba untuk memulai terjun di bisnis ini karena tidak perlu dengan dana yang besar. Dikatakan demikian karena kamu tidak perlu membeli barang-barang yang ada dan diantar ke rumah. Dengan itu, kamu tidak akan menumpuk barang dagangan tersebut di rumah tetapi langsung ke pembeli.

Tetapi dalam memulai bisnis ini tidaklah mudah dan tentu butuh tips-tipsnya. Tujuan dari tips ini tidak lain adalah bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Rasanya percuma berbisnis jika keuntungan yang diterima tergolong kecil sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Riset Produk

Sebelum memulai usaha dropship hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset produk. Untuk riset satu ini harus benar-benar akurat karena kesalahan dalam memilih produk akan berakibat bisnis yang kamu jalankan tidak mendapatkan keuntungan. Untuk riset produk ini tentu bisa kamu lakukan di berbagai marketplace yang ada dan juga memiliki minat yang tinggi dari masyarakat.

Dalam riset produk ini tentunya harus berdasarkan fakta dan data seperti yang lagi ngetrend di dunia bisnis. Dari sekian produk yang ada yang paling laris biasanya hal-hal yang berhubungan dengan fashion wanita. Hal ini tidak lain karena wanita tidak pernah berhenti dan selalu punya minat untuk bergonta-ganti fashion.

Target Pasar

Untuk target pasar yang ingin kamu lakukan juga sangat perlu untuk dilakukan. Jika target pasar ini salah maka produk yang kamu jual tidak akan laku di pasaran. Untuk target ini bisa berupa jenis kelamin, usia atau minat tertentu pada suatu bidang.

Misalnya saja kamu ingin menarget berbagai produk wanita di usia muda dan juga sudah menikah. Dengan seperti ini tentu bisa menjadi sasaran karena wanita yang sudah menikah cenderung akan lebih banyak membeli daripada wanita yang jomblo. Selain itu, untuk minat kamu bisa target bagi mereka yang suka pada tas-tas bermerek.

Suplier

Selain dari sisi produk, kamu juga harus teliti dalam memilih supliert yang ada di marketplace. Ada banyak sekali suplier yang ada di berbagai marketplace yang bisa kamu pilih dengan produk andalannya. Dalam hal ini tentu kamu harus selektif dan pilihlah suplier dengan rating yang bagus pada toko yang ada di marketplace tersebut.

Kamu bisa melihat kinerja atau produk yang dijual oleh suplier tersebut dari bintang yang ada di beberapa marketplace. Memilih suplier yang memiliki rating ini tentu sangat penting agar produk tersebut bisa dikirim dengan cepat serta kualitas produknya juga sangat bagus. Jika dua ini terpenuhi maka pembeli akan senang dan melakukan repeat order.

Membuat Situs

Setelah semuanya dilakukan dengan sempurna maka kamu bisa langsung membuat situs. Tujuan dari pembuatan situs tersebut tentu untuk pemasaran secara online di internet. Memilih menggunakan situs agar bisnis kamu terlihat profesional dan memiliki reputasi yang tinggi dari calon pembeli.

Untuk membuatnya tentu tidak boleh sembarangan dimana produk yang dijual harus ditampilkan secara jelas terkait gambar dan berbagai keterangannya. Selain itu, kamu juga harus membuat tampilan situs tersebut menarik dan cepat ketika di akses.

Jadi seperti itulah beberapa hal terkait usaha atau bisnis dropship ini yang bisa kamu jalankan kapan saja. Inti dari bisnis ini tentu pada pemilihan produk dan proses pemasarannya yang benar akan membuat kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Untuk melengkapi ini semua, kamu bisa membaca berbagai bisnis atau kategori lainnya di baaca.id.