Kegunaan dari Obat Azithromycin dari Toko SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 03, 2021
Obat Azithromycin

Apakah kamu tahu mengenai apa itu obat azithromycin?

Obat Azithromycin yakni sebagai antibiotik yang dapat mengobati berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Lalu obat ini juga sering digunakan untuk mengobati infeksi pada paru-paru, di hidung dan tenggorokan, bagian sendi dan tulang, area kulit, obat darah, alat kelamin, dan juga infeksi pada organ-organ dalam lain sebagainya. Pada beberapa kasus, obat ini juga bisa digunakan untuk mencegah endokarditis yakni infeksi katup jantung yakni pada orang-orang yang berisiko tinggi dapat terkena infeksi tersebut karena efek samping dari prosedur pengobatan gigi tertentu yang dijalaninya.

Kemudian obat antibiotik ini tidak akan berpengaruh pada infeksi virus misalnya demam dan influenza. Karena Dengan mengonsumsi antibiotik yang tidak diperlukan juga dapat berisiko semakin rentannya tubuh kamu terhadap infeksi yang berakibat pada kebalnya atau imun terhadap pengobatan antibiotik pada hari-hari selanjutnya atau di kemudian hari. Maka gunakan obat ini harus sesuai dengan instruksi dokter.

Apakah kamu tahu bagaimana aturan pakai obat azithromycin?

Untuk aturan pakai penggunaan obat ini maka gunakan azithromycin sesuai dengan resep dokter. Harus ikuti semua petunjuk pemakaian yang telah tertera pada label kemasan ataupun resep. Kemudian tidak boleh gunakan obat ini terlalu banyak, kemudian sedikit, ataupun lebih lama dari yang disarankan intinya harus pas sesuai resep dokter.

Kemudian apabila dokter meresepkan obat ini pada bentuk kapsul, kamu bisa minum setidaknya 1 jam sebelum makan ataupun pada 2 jam setelah makan. Bila dokter meresepkan obat ini dengan bentuk tablet atau cairan, maka dapat mengonsumsinya dengan ataupun tanpa makan.

Kemudian bagaimana cara penyimpanan dari obat azithromycin?

Obat azithromycin juga merupakan salah satu obat yang sebaiknya dapat disimpan pada suhu ruangan yang tidak lembab dan tidak boleh terkena langsung oleh sinar matahari. Kemudian jangan disimpan di kamar mandi juga ya apa lagi dibekukan jika ada merek lain dari obat ini yang mungkin punya aturan penyimpanan yang berbeda. Kamu juga bisa perhatikan instruksi penyimpanan yang ada pada kemasan produk ataupun tanyakan pada apoteker.

Kemudian jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan juga  hewan peliharaan. Apalagi menyiram obat-obatan ke dalam toilet ataupun ke saluran pembuangan kecuali jika diinstruksikan. Kamu juga bisa buang produk ini jika masa berlakunya sudah habis atau tidak diperlukan lagi. Kamu juga bisa konsultasikan kepada apoteker ataupun perusahaan pembuangan limbah lokal tentang cara aman dalam membuang produk obat-obatan.

Selanjutnya soal bagaimana dosis obat azithromycin ini untuk orang dewasa?

Dalam mengatasi infeksi bakteri tapi kecuali infeksi kelamin, yakni pada orang dewasa, dengan dosis azithromycin yakni 500 mg dapat di konsumsi satu kali sehari di hari pertama. Kemudian di hari kedua hingga lima maka dosis juga diturunkan menjadi 250 mg dalam satu kali sehari. Dan dosis ini juga bisa diberikan lewat injeksi ataupun oral yang bisa diminum langsung.

Nah secara umum, dosis dari obat azithromycin pada setiap orang itu berbeda-beda hal ini juga bergantung pada usia, terus tingkat keparahan penyakit, dan respon tubuh terhadap obat, dan juga kondisi pasien secara menyeluruh. Mungkin juga ada beberapa dosis azithromycin yang tidak saya sebutkan di atas. Apabila kamu ragu, maka baiknya konsultasikanlah ke dokter untuk informasi lebih lanjut. Untuk membeli obat ini dan berkonsultasi kamu juga bisa lihat di SehatQ dan membelinya di Toko SehatQ.