Ingin Punya Rumah Sendiri? Ikuti 3 Tips Ini!

  • Bataviase
  • Jul 02, 2021
punya rumah sendiri

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Bagi yang belum mampu membeli, mengontrak bisa dijadikan solusi. Namun, tentu setiap orang ingin punya rumah sendiri. Meskipun, jumlah gaji yang diterima serta kebutuhan lainnya, terkadang menjadi kendala untuk bisa segera mewujudkannya.

Sebenarnya, meskipun gaji Anda tidak besar masih ada kesempatan untuk bisa memiliki hunian sendiri. Untuk membuktikannya, Anda bisa mencoba beberapa tips punya rumah di bawah ini.

Tips Punya Rumah Sendiri Meski Gaji Kecil

Harga rumah yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, tentu membuat sebagian orang masih belum bisa mebelinya dalam waktu dekat dan memilih untuk mengontrak. Namun, jika tidak segera direncanakan sedari dini maka mimpi untuk punya rumah sendiri akan semakin sulit terealisasi.

Tips-tips berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan dana untuk membeli rumah. Meskipun gaji Anda setiap bulannya tidak terlalu besar, tetap bisa mulai merencanakan anggaran dana pembelian rumah dari sekarang.

  1. Tabungan Khusus

Terdengar klise memang, tetapi menabung adalah salah satu cara mewujudkan impian punya rumah sendiri. Dengan catatan, harus menerapkan nominal tetap bagi tabungan yang ditujukan untuk pembelian rumah ini. Selain nominalnya ditentukan, konsistensi menabung juga harus diberlakukan.

Anda harus menjadikan ini sebagai tabungan wajib. Apakah per minggu, bulan atau hari. Maka target nominal yang dikumpulkan bisa diwujudkan sesuai perencanaan. Meski belum bisa membeli rumah secara cash setidaknya cukup untuk membeli tanah atau sebagai DP.

  1. Investasi

Jika penghasilan tetap per bulan dirasa hanya bisa menyisihkan sedikit saja uang lebih untuk tabungan, maka Anda harus menyokongnya dengan berinvestasi. Jangan salah, investasi tidak selalu memerlukan modal besar. Kini dengan 100 ribu, Anda sudah bisa berinvestasi reksadana yang minim risiko dan cukup menguntungkan.

Selain reksadana, Anda bisa juga menjadikan tabungan Anda sebagai deposito. Namun tabungan khusus rumah harus tetap dijalankan. Jadi ada dua sumber yang bisa dijadikan anggaran dana untuk membeli hunian. Dari investasi juga tabungan yang sudah direncanakan.

  1. Tentukan Pilihan Sesuai Kemampuan

Selanjutnya, untuk bisa punya rumah sendiri, Anda harus menentukan pilihan. Anda harus memutuskan dengan bijak dan penuh pertimbangan. Tiap orang pasti ingin punya rumah mewah, tetapi semua harus disesuaikan dengan kemampuan juga kondisi.

Jika memilih untuk membeli secara KPR, pilih yang bunganya rendah dengan tipe sederhana, angsuran sesuai kemampuan, serta tenor yang tidak terlalu lama. Sehingga hasil investasi dan tabungan tidak habis untuk DP saja. Setidaknya tersisa untuk angsuran 3 bulan pertama dan mempersiapkan keperluan sebelum Anda tempati.

Membeli tanah juga bisa menjadi solusi. Harga tanah jelas lebih murah dibandingkan rumah. Uang tabungan dan investasi bisa Anda gunakan untuk melakukan pembangunan secara bertahap. Bangun sesuai kebutuhan keluarga Anda, jangan sampai over budget dan harus ada sisa.

Hal terpenting, hunian bisa segera ditempati dengan kondisi layak huni. Soal renovasi bisa Anda lakukan sambil berjalan kedepannya nanti. Setidaknya jika terjadi sesuatu dengan kondisi finansial Anda, rumah yang Anda tempati sudah milik sendiri.

Jika tiga tips di atas sudah Anda terapkan, tetapi untuk KPR termurah atau menuntaskan pembangunan rumah dana hasil tabungan juga investasi masih tidak mencukupi, ada satu solusi lagi. Anda bisa mengajukan pinjaman di pinjaman online terbaik Tunaiku. Plafon yang ditawarkan hingga 20 juta, dengan tenor sampai 20 bulan.

Bunga yang dikenakan cukup rendah, sehingga tidak akan memberatkan Anda kedepannya. Hal terpentingnya, Tunaiku merupakan pinjaman online terbaik yang resmi di bawah pengawasan OJK, sehingga terjamin keamanannya. Syarat juga prosesnya sangat mudah dan cepat, bisa menjadi solusi terbaik kebutuhan Anda yang mendesak.

Ajukan pinjaman di pinjaman online terbaik Tunaiku sekarang juga. Agar bisa segera punya rumah sendiri sesuai impian Anda. Hanya dengan E-KTP saja, setelah lolos verifikasi oleh sistem, maka dalam hitungan menit, dana akan segera cair ke rekening Anda.