Kaum Millennial Wajib Kenal dengan Remittance

  • 4 min read
  • Sep 28, 2021
Kaum Millennial Wajib Kenal dengan Remittance

Banyak sekali kepentingan-kepentingan, seperti bisnis, pendidikan, jual-beli, atau kepentingan lain yang mengharuskan Anda menggunakan layanan keuangan. Tidak jarang pula kepentingan tersebut membuat Anda harus berurusan dengan cara transfer ke luar negeri. Layanan tersebut bernama remittance.

Maraknya transaksi online tidak hanya dibutuhkan oleh kalangan dewasa yang sudah berkiprah di dunia bisnis bertahun-tahun lamanya. Akan tetapi transaksi online kini juga digandrungi oleh kaum milenial yang akan memulai bisnisnya. Transaksi luar negeri mengenal istilah remittance, apa itu?

Remittance merupakan layanan dalam dunia perbankan yang digunakan untuk mengirimkan uang dalam bentuk mata uang asing baik dari maupun ke luar negeri. Transaksi tersebut biasanya dapat dilakukan oleh bank maupun non bank.

Proses remittance Indonesia tentu sangat berbeda dengan transfer uang biasanya. Perbedaan tersebut juga meliputi waktu yang dibutuhkan untuk transfer juga lebih lama. Hal ini bisa terjadi karena sistem perbankan untuk setiap negeri memang berbeda-beda.

Indonesia sendiri menganut sistem perbankan yang disebut SWIFT (Society For Worldwide Financial Telecommunication). Sedangkan perbankan d luar negeri menganut sistem IBAN atau International Bank Account Number.

Terdapat dua jenis di dalam remittance. Yang pertama adalah transfer uang ke luar negeri, dan yang kedua adalah transfer uang dari luar negeri. Berikut penjelasannya:

  1. Transfer uang ke luar negeri merupakan transfer yang dilakukan dari dalam negeri dengan alamat tujuan bank di luar negeri. Mata uang rupiah yang dikirimkan dari dalam negeri akan diterima oleh penerima telah dalam bentuk mata uang asing.
  2. Transfer uang dari luar negeri merupakan transfer yang dilakukan dari luar negeri dengan alamat tujuan bank di dalam negeri. Sebagai contoh remittance ini , yaitu ada orang yang bekerja di luar negeri dan ingin mengirimkan uang ke Indonesia untuk keluarganya.

Komponen-komponen dalam RemittanceĀ 

Remittance mengenal terdapat beberapa komponen yang harus diketahui dan dipahami oleh semua orang yang ingin transfer baik ke dalam maupun ke luar negeri. Berikut ini adalah komponen-komponen tersebut:

1. Komponen Penerima atau Beneficiary

Komponen ini merupakan istilah untuk penerima uang yang dikirimkan oleh pengirim melalui transaksi uang ke luar negeri.

2. Komponen Beneficiary Bank

Komponen ini merupakan istilah untuk bank tujuan yang menerima uang dari luar negeri.

3. Komponen Remitting Bank

Komponen ini merupakan istilah untuk bank yang menyediakan layanan transfer uang ke luar negeri yang telah dipilih oleh pengirim.

4. Komponen Correspondent Bank

Komponen ini merupakan istilah untuk bank yang menjadi perantara antara remitting bank dan beneficiary bank.

Cara Kerja Layanan Remittance

Berikut ini cara kerja dari layanan remittance yang perlu Anda tahu:

  1. Pengirim mendatangi kantor bank yang terdapat layanan remittance
  2. Meminta sekaligus mengisi formulir untuk pengiriman uang. Pastikan data yang diisi telah benar, baik tentang jumlah, identitas pengirim dan penerima, hingga bank tujuan penerima.
  3. Setelah formulir telah diisi dengan baik dan benar, maka bank akan memproses pengiriman tersebut dalam bentuk valuta asing melalui debit dari tabungan valas pengirim. Hal tersebut terjadi bila pengirim merupakan nasabah dari bank tersebut.

Apabila pengirim bukan nasabah dari bank tersebut maka jumlah uang yang akan dikirim dikonversikan ke dalam bentuk valuta asing terlebih dahulu.

  1. Uang akan dikirim oleh pihak bank ke bank koresponden selaku penghubung atau perantara dengan bank tujuan.
  2. Bank tujuan akan menerima kiriman uang tersebut yang akan diteruskan ke pihak penerima sesuai dengan identitas yang telah dituliskan oleh pengirim.

Bagi Anda yang ingin transfer uang ke luar negeri kini semakin dimudahkan dengan aplikasi digibank by DBS. Aplikasi transfer uang ke luar negeri ini dapat diakses 24/7 sehingga Anda dapat transfer uang kapan saja dan di mana saja.

Bagi Anda yang ingin menghemat waktu dan tak repot saat transfer uang ke luar negeri, digital banking dari digibank by DBS ini tentu akan memudahkan. Digital banking dari digibank by DBS ini sendiri akan memudahkan Anda dalam mengatasi aktivitas keuangan seperti menabung, transfer, pinjaman, kartu kredit hingga investasi.

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya transfer uang ke luar negeri, hanya digibank by DBS yang memberikan gratis biaya transfer lebih dari 20 negara tujuan yang menggunakan mata uang CAD (Kanada), GBP (Inggris), USD (Amerika Serikat), SGD (Singapura), AUD (Australia), EUR (Eurozone), dan HKD (Hongkong).

Selain itu, Anda juga dapat mengirim uang di luar negara dengan mata uang tersebut dengan biaya transfer yang normal pada umumnya. digibank by DBS menawarkan FX rate yang terkini dan juara. Nilai tukar yang ditawarkan juga akan meringankan Anda.

digibank juga memiliki layanan same day yang berlaku bila Anda mengirimkan uang melalui aplikasi ini selama dana dikirim sebelum batas waktu mata uang. Hal ini terjadi karena setiap mata uang memiliki batas waktu yang berbeda-beda. Pastikan Anda memperhatikan waktu pada mata uang yang akan diproses.

Keuntungan Menggunakan Layanan Remittance digibank by DBS

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi digibank by DBS. Apabila Anda seorang pebisnis yang harus membayar pekerja freelance yang ada di luar negeri, Anda akan sangat dimudahkan dengan layanan digibank, karena hemat waktu serta biaya. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan aplikasi digibank:

1. Akses Kapan Saja dan di Mana Saja

Kemudahan akses ini akan membantu Anda yang akan transfer uang ke luar negeri tanpa harus datang ke cabang. Hanya menggunakan smartphone, Anda bisa melakukan transfer uang ke luar negeri.

2. Gratis Biaya Transfer Lebih dari 20 Negara

Seperti yang telah dijelaskan di atas, digibank menyediakan gratis transfer untuk beberapa mata uang asing. Diantaranya CAD, GBP, USD, SGD, AUD, EUR, dan HKD.

3. Layanan FX Rate Terkini dan Juara

Rate yang ditawarkan oleh digibank sangat kompetitif dan meringankan Anda yang akan transfer uang ke luar negeri.

4. Pengiriman Cepat dan Tepat

Pengiriman uang ke luar negeri yang biasanya membutuhkan waktu lama, kini dapat diproses hanya dalam waktu satu hari saja. Hal tersebut bisa Anda rasakan apabila Anda tidak melewati batas waktu yang ditentukan.

Ingin kirim uang ke luar negeri anti ribet? Pengiriman cepat dan hemat? Segera unduh aplikasi digibank by DBS di Playstore atau di App Store. Dengan digibank by DBS, remittance mudah, cepat, aman, dan tepat. Produk yang digibank by DBS tawarkan juga sangat lengkap sehingga bisa dikatakan memiliki sajian lengkap investasi ala rumah Padang.