Jenis dan Kelas untuk Pipa SNI PVC

  • 1 min read
  • May 07, 2020
Pipa SNI PVC

Dalam membangun suatu rumah atau bangunan tentu saja tidak bisa terlepas dari yang namanya saluran air. Hal ini karena air sendiri menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi bagi setiap manusia apalagi di rumah. Nah saluran air ini biasanya menggunakan pipa pvc yang merupakan jenis pipa yang paling mudah digunakan dan juga dijual dengan harga yang murah. Pipa SNI untuk jenis pipa pvc ini ternyata memiliki jenis-jenisnya dan kelasnya lho. Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis dan kelas pipa SNI pvc yang mungkin belum Anda ketahui.

Jenis dan Kelas untuk Jenis Pipa SNI PVC

Pipa SNI PVC ini diatur dalam standar SNI nomor 06-0084-2002/ISO 4422. Setidaknya ada beberapa jenis dan kelas pipa SNI seperti yang sudah saya tuliskan dibawah ini.

1. Pipa Kelas S-6.3

yang pertama ada di Pipa kelas S-6.3 di mana pipa dengan standar nasional Indonesia memiliki ukuran 1/2 inci hingga 16 inci. pada pipa yang memiliki ukuran 1/2 inci hingga 2 inci ini didesain khusus untuk menahan tekanan air dari dalam hingga 16 bar. sementara untuk pipa ukuran 2,5 inci lebih ini dirancang untuk bisa menahan tekanan air hingga 20bar.

2. Pipa Kelas S-8

selanjutnya ada pipa kelas s-8 yang merupakan tipe SNI dengan ukuran 3/4 inci hingga 20 inci. untuk pipa yang memiliki ukuran 3/4 inci hingga 2 inch ini dirancang untuk bisa menahan tekanan air dalam hingga 12,5 bar. Sedangkan untuk pipa yang memiliki ukuran 2,5 inci ke atas dirancang untuk bisa menahan tekanan air hingga 16 bar.

3. Pipa S-10

Berikutnya ada juga pipa kelas s-10 yang merupakan pipa SNI dengan ukuran 1 inci hingga 24 inci. Untuk pipa yang memiliki ukuran 1 inci hingga 2 inch ini dirancang untuk bisa menahan tekanan air dalam hingga 10 bar. Sedangkan untuk pipa yang memiliki ukuran 2,5 inci ke atas dirancang untuk bisa menahan tekanan air hingga 12, 5bar.

Nah itulah beberapa jenis pipa SNI yang beredar di pasaran. Semoga bermanfaat.